Menikmati Senja Romantis di Candi Barong :)

, , 2 comments
Saat cuaca cerah, gunung merapi pun kelihatan

Jam 3 sore waktu setempat, cuaca cerah.
Sore itu saya coba berpikir untuk mencoba menikmati senja di candi Barong, sebuah candi yang terletak di perbukitan Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini letaknya sama seperti candi Ratu Boko yang berada di atas bukit, namun karena kurangnya dalam segi promosi candi ini kalah pamor. Menurut kabar warga sekitar jika cuaca bagus senja di candi ini tak kalah bagusnya dari candi Ratu Boko.

Untuk menuju kesana cukup mudah, jika menggunakan kendaraan pribadi anda bisa berangkat dari jogja menempuh jalan solo sampai menemui  lampu lalu lintas pertigaan pasar Prambanan. Dari sana akan terlihat Sesampainya di daerah Prambanan, anda akan menemui gapura perbatasan DIY dan Jawa Tengah. Di sebelah gapura (kanan jalan) ada jalan ke arah selatan. Jika menggunakan transjogja, anda bisa turun di halte pasar prambanan, setelah itu anda bisa menggunakan jasa ojek yang ada di pasar tersebut.

Sesampai disana anda akan disambut oleh ramahnya bapak penjaga disana, anda akan dipersilahkan mengisi buku tamu sebagai tanda telah mengunjungi candi tersebut. Saya pun mulai candi sambil menunggu matahari perlahan-lahan mulai turun di ufuk barat. Candi ini cukup unik karena terdapat halaman teras yang sepertinya digunakan untuk tempat beribadah/memuja. Menurut informasi yang saya dapat, penemuan candi ini bermula oleh orang Belanda saat adanya perluasan perkebunan tebu .Candi ini merupakan candi Hindu yang dibangun sekitar abad IX-X Masehi. Candi ini dibangun untuk pemujaan kepada Dewi Sri (dewi kesuburan bagi pertanian) untuk memohon kesuburan. Hal ini mungkin karena tanah di daerah bukit sekitar candi ini kurang subur dibanding dengan daerah bawah bukitnya.  Saat ini daerah sekitar candi di manfaatkan masyarakat sebagai ladang mereka yang ditumbuhi dengan berbagai tanaman keras (pohon) seperti jati, mahoni, sonokeling, gamal dan tanaman pakan ternak seperti rumput gajah.
wisatawan sedang menikmati suasana sore candi

Tak terasa jam menunjukan pukul 5 sore, matahari mulai rendah. Saya mencoba mengambil beberapa gambar dari sudut-sudut candi ini. Pada bagian atas candi ternyata telah ada beberapa wisatawan, pesepeda dan warga sekitar sedang berfoto-foto dan menikmati suasana sore candi ini. Jika kita pandangi arah perbukitan di arah selatan akan terlihat kabut-kabut yang mulai menyelimuti. lampu-lampu rumah satu-satu mulai menyala. Jika beruntung dari tingkat atas candi anda bisa melihat gagahnya gunung Merapi :)
muda-mudi sedang menikmati romantisnya senja ^^


yah candi Barong ini memang indah dan layak dikunjungi, apalagi saat matahari perlahan-lahan mulai tenggelam.

2 komentar:

  1. lama ga kemari..
    masih dalam suasana indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :3 lama ga bales komen ini..udah 4 tahun :p

      Hapus