Jumat, 07 Mei 2021

Kafe Paglak Petung Banyuwangi - Kafe Nuansa Bali Di Tengah Persawahan Desa Segobang


Kali ini saya mencoba kafe baru Banyuwangi, di tengah persawahan daerah Segobang yang punya suasana sejuk khas desa. Kafe tersebut unik karena hampir setiap sudut bangunannya terbuat dari bambu dan kesan saat disana seperti mampir ke kafe-kafe di daerah Ubud Bali. Kafe ini bernama Paglak Petung.

Paglak Petung, nama unik dari dua suku kata yang berbeda. Paglak merupakan menara yang terbuat dari bamboo dengan tinggi biasanya 6-7 meter dimana diatas menara tersebut dimainkan music angklung khas Banyuwangi. Paglak ini sudah jarang dijumpai, biasanya dijumpai di daerah persawahan. Sambil mengolah sawah atau memanen padinya kadang para petani memainkan musik angklung di paglak tersebut. Sedangkan kata Petung adalah jenis bambu yang punya kualitas baik sehingga seringkali digunakan untuk material bangunan. Penamaan Paglak Petung mewakili bentuk bangunan dan arsitektur bangunan kafe yang berbentuk menara berlantai tiga dengan bahan dari bambu.

Rute Ke Paglak Petung

Paglak Petung terletak di Desa Segobang, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Lokasinya agak mblusuk di tengah area pedesaan Segobang. Rute ke Kafe Paglak Petung dari Banyuwangi kota adalah ambil jalan searah ke kawah ijen, melewati rel kereta sasak perot lalu patung barong – desa Olehsari – Pertigaan Tanjakan Jelun (sebelum Angkringan Piyu) ambil ke kiri ke arah desa Banjar- Pertigaan Desa Banjar ambil kekiri ke jalan menurun-ikuti jalan tersebut hingga bertemu pertigaan yang ada spanduk Paglak Petuk ikuti jalan tersebut dan kalian akan sampai di Kafe Paglak Petung yang berada di tengah sawah.

Menu di Kafe Paglak Petung

Pertama kali masuk ke Kafe Paglak Petung, nuansa dan vibesnya serasa main ke kafe-kafe di daerah Bali. Terlihat jelas material bangunannya hampir seluruhnya terbuat dari Bambu. Ada dua bangunan yaitu pantry dan bangunan menara berlantai tiga yang sepertinya terinspirasi dengan bangunan Paglak yang bisa kita temukan di sawah dekat Warung Kemarang.

Nasi Bakar Ikan Tongkol

Kafe Paglak Petung ini menyuguhkan makanan berat seperti makanan olahan ikan tombro seperti Tombro Goreng, Tombro Kuah Santan, Steam Tombro , Belut dan Ikan Wader.  Pilihan menu ini memanfaatkan hasil bumi sekitar desa Segobang yang masih mudah ditemukan Ikan Wader, Belut juga peternak ikan Tombro yang ada di Kampung Ikan Desa Kluncing.

Jika tidak suka Ikan juga ada menu olahan ayam seperti Ayam Goreng Potong, Ayam Mercon dan Uyah Asem. Uyah Asem ini merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang perlu kalian coba. Ada juga menu Nasi Bakar dimana isi nasi bakar tersebut berisi Ikan Tongkol dan Ayam.  Menu Nasi Bakar Kafe Paglak Petung ini banyak direkomendasikan oleh teman-teman.

Slice Cake

Teh Racikan Paglak Petung

Selain Nasi Bakar, kalian harus mencoba Slice Cake Rosyi’s Cakes yang merupakan buatan Ownernya. Slice Cake ini dapat rekomendasi yang tinggi. Namun Slice Cake ini tidak ready setiap hari hanya ada pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Lantai dua di Menara Paglak Petung

Biasanya kafe-kafe itu identik dengan Kopi, namun menurut saya di Kafe Paglak Petung ini sedikit berbeda karena menyuguhkan banyak varian Teh, mulai dari teh hitam, teh jahe, teh peppermint, dan teh racikan ownernya yang merupakan jenis white tea. Sehingga kafe Paglak Petung ini bisa menjadi tempat pilihan untuk teman-teman penikmat teh di Banyuwangi. Apalagi kalian bisa menikmati the di tengah area persawahan yan tenang.

Pemandangan di sekitar Kafe Paglak Petung

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Kafe Paglak Petung. Suasana persawahannya amat terasa, mulai bermunculan suara-suara serangga dan kadang juga ada suara kodok. Jika cuaca cerah kalian bisa menikmati pemandangan 4 Gunung yang terlihat yaitu Gunung Merapi (kawah Ijen), Ranti, Suket dan Raung sekaligus pemandangan senja.

Tertarik mampir ke Kafe Paglak Petung ini?

1 komentar:

  1. Wuihhhh asyik nih tempatnya bang, jadi pengen ke sana juga hehhee

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search