Kamis, 31 Maret 2022

Rest Area Utama Raya, Situbondo - Rest Area Fasilitas Lengkap Dengan Pemandangan Pantai

Panorama Rest Area Utama Raya

Tol Trans Jawa sudah sampai Kabupaten Probolinggo tepatnya daerah Leces. Mungkin beberapa tahun lagi tol bisa mencapai Banyuwangi. Di dalam ruas Tol terdapat banyak Rest Area yang menarik sebut saja Rest Area Brebes yang dibangun diatas Bekas Pabrik Gula Banjaratma juga Rest Area Pendopo di Salatiga juga menarik untuk didatangi. Ada juga Rest Area di luar tol Trans Jawa yang menarik untuk didatangi yaitu Rest Area Utama Raya di daerah Situbondo.

Rest Area Utama Raya terletak di Jalan Krajan, Kecamatan Banyuglugur,  Kabupaten Situbondo , Jawa Timur. Patokannya jika kalian dari arah Probolinggo letaknya berada 1-2km dari Wisata Pantai Duta, dan PLTU Paiton sebelah kiri jalan. Jika kalian dari Arah Situbondo letaknya 2-3km setelah melewati Wisata Pantai Pasir Putih sebelah kanan Jalan. Rest Area Utama Raya ini mudah sekali dikenali karena satu-satunya SPBU di utara jalan yang bangunan sekitarnya agak megah dan ada papan Baliho promisi dan petunjuk jalannya.

persewaan sepeda di Rest Area Utama Raya 

Rest Area Utama Raya ini sudah terkenal sejak dahulu, apalagi yang sering kali bepergian ke Banyuwangi atau ke Bali lewat jalur Pantura Situbondo pasti tau tentang keberadaan rest area Utama Raya Ini. Walau bukan di dalam ruas jalan tol, Rest Area Utama Raya ini lengkap fasilitasnya mulai dari SPBU Pertamina untuk mengisi bahan bakar kendaraan, tempat parkir luas, banyak pilihan makanan minuman, toilet umum dan toilet VIP yang punya fasilitas shower air panas. Jika kalian capek dan hendak istirahat kalian bisa menginap di hotel atau jika beramai-ramai bisa menyewa Cottage atau Villa.

Hotel Cottage Villa di Rest Area Utama Raya.

Saya takjub sekali sama perkembangan Rest Area ini yang tertata rapi dan sekarang memiliki Hotel dan Cottage yang disewakan terutama untuk pengendara yang melakukan perjalanan jauh. Harganya beragam tergantung tipe mana yang kita sewa. Harga permalam untuk sewa tipe kamar Rp. 275.000 namun jika kalian menyewa villa/cottage harga permalamnya berkisar antara Rp. 600.000 hingga Rp.  1.650.000. Harga tergantung jumlah kamar dan tipe cottage. Jika tertarik ingin Booking Hotel dan Cottage di Rest Area Utama Raya bisa menghubungi 081231511602 (WA) atau 082232352700 (telepon). 

salah satu cottage di Rest Area Utama Raya

Saya malah tambah terkejut saat berkeliling melihat bangunan hotel dan cottagenya. Rasanya seperti perumahan elite dengan kualitas bangunan yang baik dan megah. Perkarangan di depan rumahnya pun rapi, ditumbuhi pohon dan tanaman sehingga nuansa sejuknya terasa. Rsanya kalau saja ada KPR Perumahan tepi pantai begini, udah kuambil deh satu. hahaha mimpi dulu boleh kan.

Di dalam area Hotel dan Cottage terdapat persewaan sepeda yang jumlahnya cukup banyak baik jumlah dan jenis sepedanya. Harga sewa sepedanya pun beragam mulai dari harga 25.000-75.000 per 2 jam untuk tamu umum, jika kalian menginap di hotel dan cottage Utama Raya tarif perharinya 50.000-100.000. Lumayan jadi bisa menikmati suasana hotel dan cottage Utama Raya sekaligus suasana Pantai Utama Raya.

Pantai Utama Raya


Untuk pengunjung umum, untuk masuk ke Pantai Utama Raya ini tiket masuknya hanya Rp. 5.000 saja dan kita bisa berjalan kaki sejauh sekitar 300 meter dari loket masuk. Kalau malas jalan, bisa juga menyewa kendaraan khusus seharga Rp. 5.000/orang. Nanti kalian sekaligus diajak berkeliling area Hotel dan Cottage Utama Raya dan tujuan akhirnya adalah Pantai.

suasana resto pantai utama raya

Ternyata di tepian pantai ada resto makanan sama seperti di bagian depan rest area Utama Raya dan harganya pun sama. Namun untuk masuk ke Pantai ini kita tidak bisa membawa makanan-minuman dari luar dan harus memesan makanan dan minuman dari restoran utama raya ini. Tidak perlu khawatir harganya pun menurut saya masih terjangkau. Rasanya  istirahat disini sambal memandangi pemandangan laut ini nikmat sekali, rasanya capek dari perjalanan jauh perlahan-lahan menghilang.


Kebetulan saya sampai di Rest Area Utama Raya sore hari sekitar jam 4 sore, namun karena hari Sabtu jadi suasana pantainya cukup ramai baik dari warga setempat, orang yang menginap di cottage maupun orang yang beristirahat menggunakan Rest Area Utama Raya. 

Pesan segelas teh hangat, tentunya dengan indomie telur emang paling enak disantap dipinggir pantai. Memilih hidangan tersebut karena nanti niatnya mau makan lagi di Istana Lele di daerah Asembagus. Ombaknya sedang tenang terlihat banyak perahu bulan sabit slerek khas madura juga perahu jukung yang lalu lalang sedang mencari ikan.  Langitnya memang sedang berawan di arah barat sehingga senja sore ini tidak terlalu bagus karena mataharinya tertutup oleh awan.

suasana senja di pantai utama raya dan PLTU Paiton dari kejauhan

Dari pantai Utama Raya, jika kita melihat kearah barat, terlihat PLTU Paiton yang beroperasi 24 jam nonstop. PLTU Paiton ini jantung listriknya Jawa Bali jika suplai listrik dari PLTU Paiton berhenti, Aktivitas Jawa-Bali pasti kacau tanpa listrik. Berbeda dengan sisi sebelah baratnya, sebelah timur Paiton malah di dominasi oleh tanaman jenis Mangrove, saya lihat sekilas, jenis mangrove terluar berupa dari jenis Rhizopora Sp. Yang mempunyai akar Jangkar dimana akar tersebut memperkuat mangrove tumbuh di daerah pasang surut air laut.


Sambil melihat senja yang malu-malu di Pantai Utama Raya rasanya rasa pegal duduk dan bosan mulai hilang dan kami melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi. Walau nanti ada Tol Probolinggo-Banyuwangi sudah jadi, Rest Area Utama Raya bakal tetap jadi rest area yang menyenangkan untuk beristirahat sejenak baik yang hendak menuju Banyuwangi-Bali atau ke Surabaya atau kota-kota lainnya di arah barat.

Tertarik beristirahat di Resa Area Utama Raya, Situbondo kan?

1 komentar:

  1. Kayaknya ntar ada juga penyewaan skuter di tempat seperti ini, mas hehehehe. Soale lagi ramai. Apalagi di sini jalannya memungkinkan.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search