Kebun Teh Nglinggo, Kebun Teh Satu-Satunya di Yogyakarta

, , 8 comments

Setelah puas menikmati pemandangan di Gunung Kukusan, kami beranjak turun dan kembali menuju Perkebunan Teh Nglinggo, untuk menikmati secangkir-dua cangkir teh, sembari melihat-lihat pemandangan perkebunan teh dan panorama Pegunungan Menoreh Kulonprogo.

Sesuai namanya, Perkebunan Teh Nglinggo berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta dan letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang. Perkebunan Teh ini merupakan Kebun Percontohan dari PT. Pagilaran. PT. Pagilaran sendiri merupakan perusahaan Perkebunan Teh yang dikembangkan dan dikelola oleh Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. PT. Pagilaran ini perkebunannya berada di Provinsi Jawa Tengah dan salah satunya berada di Yogyakarta, tepatnya di Kulonprogo, Yogyakarta.

pertigaan pasar Plono
Untuk mengunjungi perkebunan teh satu-satunya di Jogja ini, kita hanya bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau penyewaan kendaraan saja. Kendaraannya pun harus di cek kesehatannya, karena nanti akan melewati jalan yang menanjak dan panjang, beberapa tanjakan ada yg mungkin 45˚ atau mungkin lebih. Rute menuju ke Kebun The Nglinggo dari Jogja cukup mudah, dari Tugu Jogja-Perempatan Bangjo Ringroad barat Demak Ijo ambil lurus ke arah barat - lewati Jalan Godean - Melewati Pasar Godean – Melewati jembatan Sungai Progo – setelah melewati sungai progo, sampai di perempatan bangjo pasar kenteng ambil ke kanan – ikuti jalan tersebut sampai perempatan bangjo dekso yang ada Tugu di tengah jalan, ambil arah kiri ke arah Samigaluh – Ikuti jalan tersebut melewati pinggir sungai dan jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok – di pertigaan pasar Totogan ambil kiri/lurus (jika ke kanan ke puncak suroloyo) – melewati SMPN 2 Samigaluh – Pertigaan pasar Plono ambil kanan mengikuti papan petunjuk ke Desa Wisata Nglinggo – dari sini tinggal ikutin jalan dan petunjuk kea rah desa Nglinggo dan kebun Tehnya , hati-hati karena jalan agak sempit, menanjak dan berkelok. Setelah melewati itu semua sampailah di kawasan wisata Kebun Teh Nglinggo.


Panorama indah, suasana damai dan menyejukan itulah yang saya rasakan ketika menginjakan kaki di sini, yah lagi pula perkebunan teh juga merupakan pemandangan yang langka di Jogja.  Walau tak seluas kebun teh di kawasan Puncak Bogor atau di Kebun Teh Kemuning, Karanganyar, kebun the ini mempunyai keistimewaan tersendiri, letaknya di kelilingi Gunung dan bukit. Gunung Kukusan dan Gunung Jarang misalnya, dari puncak gunung tersebut kita bisa menikmati pemandangan indah wilayah pegunungan menoreh sekitar perkebunan teh ini.

jalan setapak untuk masuk ke tengah2 kebun teh
Disini disediakan juga lahan kebun teh untuk ditelusuri, sekedar berjalan-jalan, berfoto ataupun mengamati pucuk-pucuk pohon Teh, hal itu bebas-bebas saja selama tidak merusak pohon teh, tidak merusak fasilitas yang ada serta tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa yang saya amati ada beberapa pasang muda-mudi yang berlarian, bermesraan di tengah-tengah kebun teh layaknya film India yang Happy Ending ^^.

Jika sudah puas menyelusuri sudut-sudut kebun Teh, mampirlah ke kedai atau warung kecil yang ada di sekitar perkebunan, selain kita bisa melepas lelah, kita bisa menyicipi teh asli Nglinggo Kulonprogo yang diracik oleh warga setempat. Secangkir teh panas ditemani camilan gula aren dan pemandangan perkebunan teh itu lebih dari cukup untuk sekedar melepas lelah, apalagi menyeruput tehnya bersama teman-temanmu :)

perjalanan di akhiri dengan menyeruput teh panas asli Kulunprogo beserta camilan gula aren :)

8 komentar:

  1. Teh panas dan gula aren benar benar perpaduan yang sempurna ya :D Apalagi kalau teh nya teh tawar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D yup setuju, mana gula arennya dikasih gratis lagi hehe

      Hapus
  2. Daun teh yang dalam gelas itu masih kasar ya. Itu lebih nikmat. Camilan gula aren hal yang baru bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp hehe, klo di daerah jawa tengah, minum teh kadang ada camilan gula jawanya (bisa gula aren bisa gula kelapa)

      Hapus
  3. Pengen banget kesini tapi belum kesampaian, cantik ya pemandangannya mbak,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu klo pagi cuaca cerah apalagi,, keliatan gunung sumbing-sindoro :)

      Hapus
  4. mbak bisa dibantu ...kami butuh gula aren asli samigaluh..untuk total dan ongkir kami yg tanggung,makasih bantuan nya [ 0856 9220 6055 ]

    BalasHapus
  5. Pengen kesana bajetnya brp ya ?

    BalasHapus