Gunung Kukusan : Menikmati dan Meneropong 8 Gunung Di Jawa Tengah

, , 38 comments
View dari Puncak Kenteng
Sejenak teringat kisah yang kamu ceritakan tentang bangga, tentang kemegahan puncak-puncak yang pernah km kunjungi, Puncak Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran, Sumbing, Sindoro dan Prau. Disini di suatu bukit, kami melihatny ke-8 puncak sekaligus dan setelahnya akhirnya mulai paham, kenapa kamu selalu mengajak kami untuk muncak.

Kunjungan pertengahan bulan Mei ke suatu Gunung di Pegunungan Menoreh wilayah Magelang namun berbatasan persis dengan wilayah Kulonprogo. Gunung tersebut terkenal dengan nama Gunung Kukusan. Gunung tersebut  terletak di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah berbatasan langsung dengan Perkebunan Teh di Desa Nglinggo, Kulonprogo. Gunung Kukusan sebenarnya mempunyai dua puncak dimana yang salah satu puncaknya lebih tinggi bernama Puncak Kendeng dan Puncak Dempok , merupakan puncak lainnya yang lebih rendah. Puncak ini perlahan-lahan mulai diperbincangkan terutama oleh wisatawan lokal Jogja karena mempunyai pemandangan yang indah, apalagi letaknya berbatasan langsung dengan Perkebunan Teh satu-satunya di Jogja.

Ada dua rute menuju Gunung Kukusan, yaitu lewat Jogja dan lewat Magelang. Untuk lewat Magelang saya kurang tau detailnya karena belum mencobanya, namun menurut penuturan pengelola wisata Rute untuk menuju Gunung Kukusan dari Magelang kita bisa melewati Magelang – Borobudur – Kecamatan Salaman – setelah sampai Kecamatan Salaman tanya saja warga sekitar jalan menuju Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno.

pertigaan Pasar Plono
Untuk Rute ke Gunung Kukusan dari Jogja, dimulai dari Tugu Jogja – Ambil jalan ke arah barat menuju Perempatan Bangjo (lampu lalu lintas) Ringroad Barat Demak Ijo- Bangjo Ring Road Demak Ijo ambil ke barat -  Jalan Godean –Pasar Godean- Jembatan Sungai Progo – Perempatan Bangjo Kenteng (perempatan terlihat pegunungan menoreh) ambil Kanan – Perempatan Dekso (perempatan yang ada Tugu tengah jalan) ambil kiri – Ikuti jalan ke arah Samigaluh melewati sungai Tinalah di kiri jalan, kondisi jalan juga mulai berkelok naik dan turun – Pertigaan Pasar Totogan ambil ke kiri/lurus (jika ambil ke kanan itu menuju puncak Suroloyo) – SMP N 2 Samigaluh – Mentok Pertigaan Pasar Plono ambil ke Kanan. Setelah melewati Pasar Plono akan ada petunjuk jalan menuju kebun teh dan desa wisata Nglinggo ikuti saja petunjuk jalan tersebut sampai menemukan Loket tiket masuk dan area parkit wisata ke Kebun Teh. Dari Kebun Teh Nglinggo ke Gunung Kukusan kita harus berjalan kaki melewati jalan setapak tanah menerobos hutan selama 10-15 menit akan sampai di gerbang masuk untuk menaiki Gunung Kukusan.

Gunung Kukusan dengan Puncak Dempok (kiri) dan Puncak Kendeng (kanan)
kiri ke puncak Dempok, Kanan ke Puncak Kendeng
Memasuki kawasan Gunung Kukusan kita hanya perlu merogoh uang sebesar Rp.2000 saja. Terdapat dua buah jalan setapak yang keduanya menuju dua puncak yang ada di Gunung Kukusan. Jalan setapak kekiri menuju Puncak Dempok dan jalan setapak ke kanan menuju Puncak Kendeng, yang merupakan puncak paling tinggi. Penamaan Puncak Kendeng berasal dari nama seorang bayi yang dikuburkan di atas puncak. Bayi yang berasal dari Rahim kerabat Pangeran Diponegoro, dan nama bayinya adalah Pangeran Kendeng. Meninggal saat bayi ketika melintasi daerah sekitar Gunung Kukusan. Sampai saat ini Batu Besar di atas Puncak Kendeng dipercaya merupakan batu Nisan dari Pangeran Kendeng. Jika dari Puncak Kendeng ingin ke Puncak Dempok, anda bisa menguji andrenalin anda dengan menuruni langsung dengan jalan setapak kecil, berpasir, kanan kiri sebuah jurang. Jika ragu kita bisa kembali ke percabangan jalan setapak dibawah lalu ke jalan setapak satunya lagi.

Menuruni Puncak Kendeng Langsung, Hati-hati ya (foto by Vina )
Kedua Puncak ini mempunyai pemandangan yang luar biasa indahnya, bisa melihat indahnya pegunungan lembah dan sekitarnya bahkan jika beruntung dan cuaca sedang cerah-cerahnya kita bisa melihat 8 Gunung yang terkenal di Jawa Tengah yaitu Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro dan Prau/Prahu. Sayapun jadi membayangkan jika melihat 8 puncak-puncak gunung terkenal di Jawa Tengah saat suasana senja pasti sangat indah, dan menarik untuk dicoba lain waktu. Jika di tanya tempat ternyaman untuk menikmati Pemandangan tersebut adalah Puncak Dempok. Puncak Dempok terdapat 4 buah kursi bambu panjang, sekedar untuk bersantai memakan bekal yang kita bawa, atau sekedar duduk bersantai menikmati pemandangan yang terpampang Nyata didepan mata. Selain itu area pijakan datar di Puncak Dempok lebih banyak dari pada Puncak Kendeng yang hanya bisa di isi sekitar 5 orang saja.


View di Puncak Dempok
Mengunjungi Gunung Kukusan lebih baik pada pagi hari, selaion cuaca masih dingin dan sejuk, kemungkinan untuk dapat melihat 6 Gunung di Jawa Tengah makin besar. Tetaplah menjaga kesopanan dan menjaga kelakuan terutama tidak melakukan vandalisme (mencorat-coret batu, fasilitas dan lain-innya), menjaga kebersihan Gunung Kukusan dan menjaga diri tetap selamat sampai rumah kembali

daripada corat-coret medingan Selfie :D


Catatan kecil :
Beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu kondisi mobil dan pengendaranya karena jalan dari pertigaan pasar Plono menuju Kebun Teh, Nglinggo menanjak cukup terjal dan panjang dengan beberapa spot sisinya merupakan jurang. Kendaraan dan pengemudi harus fit terutama kendaraan matik harus di cek kondisi Remnya juga. Jalan juga agak sempit, jika mobil saling berpapasan, mobil-mobil harus berjalan pelan-pelan bahkan salah satu mobil harus mengalah berhenti agak ke tepi.

38 komentar:

  1. Menuruni Puncak Kendeng nya kelihatan agak berbahaya, harus hati - hati banget lah :D tapi kalau bisa dapet View di Puncak Dempok yang cantik kayak gitu ya nggak apa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp bener,,agak berbahaya, mungkin ke puncak dempok dari puncak kendeng kudu lewat jalan satunya yang ga ekstrim

      Hapus
  2. viewnya cakep... kira2 berapa lama kak pendakiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari parkiran sekitar 20 menit aja mas hehe :)

      Hapus
  3. gunung kukusan? hmm.
    jauh nggak tuh dari gunung sindoro? beberapa waktu lalu saya baru aja ada kegiatan sekolah.. mengambil tempat di dekat gunung sindoro

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh mas,, mungkin klo dari wonosobo ke magelangnya udah dua jam, magelang kesininya mungkin sejam hehe

      Hapus
  4. langsung update kih
    pengen ke puncak yg lain :-)

    BalasHapus
  5. Uwooo, magelang punya yang lebih keren dari Punthuk Setumbu! Harus banget mampir kesini nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe harus mas,, kudu mampir nikmatin teh Nglinggonya juga loh :)

      Hapus
  6. terjal amat jalan buat turun..
    tapi pemandangannya keren, nggak share foto lainnya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya turunannya sadis, tapi ada jalan lainnya kok yang mumutar dan lebih aman dari jalan yg tak foto itu :D

      Hapus
  7. viewnya cakep dan enaknya juga jalan pendakiannya sudah aad trapnya, jadi lebih mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuupp bener bgt mba,, udah nyaman jadinya :)

      Hapus
  8. keren banget pemandangannya sumpah o:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampir mas,, kayaknya sunrise disini juga bagus :)

      Hapus
  9. wah mantap banget ams lama gak sampe pasar plono ada mas anno juga mantap ams alan

    BalasHapus
  10. keren mas broo.... makasih infonya.
    InsyaAllah besok mau meluncur ke situ... salam kenal

    BalasHapus
  11. itu brarti mulainya muncak dari perkebunan teh nglingo kak ?

    BalasHapus
  12. kalau siang, viewnya masih bagus gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin gunung2nya udah g keliatan..hehe mngkin loh

      Hapus
  13. wiih, keren, lagi musim gunung2 imut kayak gini ya,

    BalasHapus
  14. Bisa buat ngecamp enggak ya?

    BalasHapus
  15. wkwkwkw kesasar di sini lagi hehehe.... mantap mas

    BalasHapus
  16. Bagus temptnya , setelah ke Kebun teh samigaluh . mampir sini bagus juga hhee

    BalasHapus
  17. Kalo dari Magelang bisa lewat Salaman-Beteng (Langgar Agung) trus setelah Pasar Beteng ada pertigaan menuju pertambangan marmer (ke kiri) kalo lurus terus bisa sampai Gunung Kukusan...

    BalasHapus
  18. berangkatnya kurang pagi mas :) salam kenal

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. bisa,, tapi sepertinya g bisa di puncaknya karna lokasinya ga luas..

      Hapus
  20. bisa diagendakan untuk kesini :D

    BalasHapus
  21. Puncak nya terdapat pohon nggak gan . Soal kalo mau neduh gitu

    BalasHapus