Mau Lihat Hamparan Awan di Kebun Buah Mangunan, Ini Tipsnya :)

, , 46 comments

Pernah baca catatan lama nobi yang Judulnya “Menikmati Pagi Di Negeri Atas Awan Bantul”, pasti belum kan hehe. Negeri Atas Awan Bantul hanya nama lain dari Kebun Buah Mangunan yang letaknya di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Belakangan ini, tempat  ini mulai ramai dikunjungi  oleh wisatawan, umumnya wisatawan lokal. Gimana tidak ramai, Kebun Buah Mangunan ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Suasana perbukitan, lembah sungai, kelok sungai dan kabut-kabut bak seperti hamparan kasur yang menggoda hasrat anda untuk tidur di atasnya :D. Karena kehadiran kabut-kabut inilah Kebun Buah Mangunan disebut sebagai Negeri Atas Awannya Bantul dan keberadaannya dinanti oleh para wisatawan yang bela-belain berangkat pagi demi melihat, menikmati dan berfoto dengan latar pemandangan perbukitan mangunan beserta hamparan kabutnya.

Postingan kali ini tidak ingin membahas lagi tentang Kebun Buah Mangunan karena sudah pernah saya bahas postingan sebelumnya di sini. Kali ini saya cuma ingin berbagi tips atau cara untuk bisa bertemu hamparan kabut yang tidak selalu datang setiap hari itu.

Cuaca
Biasanya hamparan-hamparan kabut tersebut mudah ditemukan saat musim penghujan. Entah bagaimana menjelaskan secara teori, sehabis hujanderas semalam dan hujannya cepat reda kemungkinan kita bertemu hamparan kabutnya semakin besar. Namun jika hujannya awet atau lama redanya bertemu hamparan kabutnya semakin kecil.
Mengunjungi musim kemarau saya tidak pernah menemukan hamparan kabut, terkadang menemukan kabut dengan terpisah kecil-kecil bagai awan di langit. Terkadang hanya menemukan kabut tapi tipis, putih merata menutupi pemandangan perbukitan dan lembah sungai Oyo.
pas waktu musim hujan, kabutnya kadang begini, misah-misah
saat musim kemarau, sepi kabutnya :D

Waktu
untuk dapat menemukan hamparan kabut tersebut lebih baik datang PAGI HARI. Biasanya jam 6 pagi saya sudah sampai sana. Perjalanan dari kota Jogja kurang lebih sekitar 1-1,5 jam perjalanan jadi berangkat dari Jogja sekitar jam 5 pagi.

berangkat jam 6 lewat dari jogja dan sampai jam 7 lewat, juga masih menjumpai kabut ini :D
Rute
Rute ini hal penting. Percuma sudah bangun pagi, pas berangkat kesana tidak tahu jalan menuju kebun Buah Mangunan dan waktu di pagi hari malah habis mencari alamat Kebun Buah Mangunan. Rute menuju Kebun Buah Mangunan dari Kota Jogja ambil ke jalan Imogiri Timur ikuti jalan tersebut hingga sampai mentok pertigaan pasar Imogiri, ambil arah kiri. Mulai dari sini kita tinggal mengikuti papan petunjuk arah yang mengarahkan kita ke Kebun Buah Mangunan.

Bekal Makanan-Minuman
Ini penting, karena pagi hari warung di sekitar sana belum banyak yang buka sehingga bekal makanan-minuman perlu kita siapkan terlebih dahulu dari semalam. Dan jangan lupa, sampah makanan-minuman yang kita bawa harap di buang ketempat yang telah disediakan pengelola ya.

Doa
Setelah sukses bangun pagi, perbekalan siap, jangan lupa berangkat diiringi dengan Doa agar selamat sampai ke rumah lagi dan dapat melihat hamparan kabut tersebut :)


Semoga tips ini bisa membantu para pembaca menemukan Hamparan Kabut yang kalian cari. Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman dan cerita orang-orang yang telah mengunjungi Kebun Buah Mangunan. Tetap saja ada atau tidaknya Hamparan Kabut itu atas kehendak Tuhan YME. 

46 komentar:

  1. jangan pas weekend mas...rame banget. dan zonk-nya lagi tetap gak dapat kabut.hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi ini pas kesini ga pas weekend, rame juga loh,, sepertinya udah jd tempat populer ris :D

      Hapus
  2. tapi mas alan, kalo pas musim hujan dari jogjanya pagi juga kadang masih hujan terus gak bisa dapet sunrise + kabut yang mistis itu dong :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada temen yg hujan2 dr jogja pas sampe sini dapet kabut begitu,, faktor keberuntungan dan harus di coba juga sih :)

      Hapus
    2. hoo gitu mas. kalo mau ngincer sunrise yang berkabut gitu piye mas? hahaha.
      apa pas malemnya hujan? takutnya malah kalo hujan gak muncul sunrise-nya soalnya mendung

      Hapus
  3. terus kalo namanya kebun buah, buah nya buah apaan mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp,, jenisnya lumayan bnyak,, yang terkenal sih buah Durennya :D

      Hapus
  4. apakah ada spot buat lihat sunrise?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sunrisenya sih keliatan mas, tapi dari arah belakang kita,,bukan pas didepan pemandangan ini :)

      Hapus
  5. Huaaaa.. Indah banget pemandangannyaaaaa.. :D

    Kalok ke Jogja, kayaknya harus mampir nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp, semoga cepet dapet kesempatan ke Jogja lagi :)

      Hapus
  6. Bagus sekali mbak. kalo saya berarti harus nginep ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dari mana, klo dari luar Jogja, kayaknya kudu nginep :)

      Hapus
  7. ini pas musim ujan, tp malem nggak hujan trus kira2 kalo berangkat jam 6 dr jogja bisa dapet kabut gak ya?

    BalasHapus
  8. coba ke watu payung pada pagi hari mas, eksperiens nya beda dengan di mangunan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. watu payung yang daerah patuk itu.. siapp :D

      Hapus
  9. Mas. Mau tanya donk. Kalo akses naik motor dari Jogja jauh ga? Dsitu mas tulis 1jam s/d 1 stgh jam? Dan tmptnya itu setiap hari apa aja buka? Jam 8 pagi baru buka? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka setiap hari,, yang jaga tinggal disana jika mau liat sunrise pagar belum di buka .. pagarnya bisa di bunyikan hehe

      kurang ngerti jaraknya, ga jauh2 amat kok,, saya biasanya naik motor santai, 1 jam sampe sana :)

      Hapus
  10. Kalo sore sore kesana bagus juga ndak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus,, klo pas cuaca bagus sunsetnya bagus hehe

      Hapus
  11. Apakah rute nya aman klo kesana naik motor cewek" ?

    BalasHapus
  12. Wah keren.. patut dicoba..apa jalannya aman menggunakan kendaraan sedan menuju lokasi?

    BalasHapus
  13. Kalau sampai atas gtu harus jalan apa kendaraan bisa naik ya mas..planing liburan lebaran besok mau kesana, kudu sebenarnya..hehe!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai ke atas bisa, cuma klo mobil papasan mobil susah hehe..parkir di bawah juga bisa nnti cuma tinggal jalan dikit aja hehe

      Hapus
    2. Kalo pake matic aman ga gan ? Naik turun kan jalannya ?

      Hapus
    3. Bisa mas hehe, aman..yg pnting rem pakem

      Hapus
    4. Bisa mas hehe, aman..yg pnting rem pakem

      Hapus
  14. Waktu aku kesini pas panas berdebu, pokoke enggak banget deh #Kapok

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkkwk. banyak yg galau jadi butiran debu itu :D

      Hapus
  15. Tiap pagi mesti putih kabut gtu kan? Ga nyari awan sih asal bisa kelihatan putih udh bagus deh haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga mesti mas, klo udah musim kemarau kabutnya nyebar, kadang malah g ada hehe

      Hapus
  16. Mas apa benar rute tanjakan ke sana ekstrim2 apa mobil kuat untuk nanjak mas, atau ada parkiran mobil dibawah dan bisa diteruskan pake ojek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai pintu masuknya biasa aja kok, tanjakan turunannya..
      nanti bisa parkir di bawah aja, jalan kaki ke puncaknya cuma 15 menit.
      .
      klo naik kendaraan ke parkiran atas lewatin tanjakan agak sempit klo papasan mobil-mobil :)

      Hapus
  17. kak, kalo buat camping bisa? ada toilet dan fasilitas lainnya?
    suwun

    BalasHapus
  18. Mas...yakin gk klo weeknd rame mas??sya dri jakarta rencana mo mampir kesana mas...klo pas2an mobil jdi jalanya jauh yaa mas dri parkiran menuju lokasinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yappp,, yakin rame, jalan dikit aja mas paling 10 menit sampe kok dari parkiran hehe

      Hapus
  19. klo kesana hub travel pengalamAn. pengalaman sy pakai avril city tour enak. diberitahu jam jam dan lokasi. termasuk kbn buah ini. pokoknya mantab

    BalasHapus
  20. panorama yg sungguh mempesona

    BalasHapus
  21. masya Alloh pemandangan baguzz banget

    BalasHapus
  22. teriring rasa rindu yg amat dalam. untuk mangunan yang syahdu :D
    pengen sunrise-an disini

    BalasHapus
  23. Waah ternyatabagus bangett... mirip2 bromo hahaah

    BalasHapus
  24. Mas klo dari arah semarang pling dket lewat mna yaw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm lewat kota jogja-terminal giwangan - jalan imogiri timur sampai mentok pertigaan nemu petunjuk jalann kebun buah. tinggal ikutin aja petunjuknya

      Hapus