Eksplorasi Wisata Air Terjun Way Lalaan, Tanggamus

, , 8 comments

Way Lalaan 1
Setelah mendaki lereng Gunung Tanggamus, tempat yang dikunjungi team Tour D’Semaka selanjutnya adalah air Terjun Way Lalaan.

Jika kita bertanya tempat wisata di Kotaagung pada warga sekitar Kotaagung, jawaban mereka kebanyakan “Pantai Terbaya dan air terjun Way Lalaan. Selain air terjun ini terkenal oleh masyarakat setempat, aksesnya juga sangat mudah di jangkau dari pada air terjun lain yang ada di Tanggamus. Tempat wisata air terjun Way Lalaan terletak di pinggir jalan utama Bandar Lampung-Kotaagung.

Gerbang Masuk Wisata Way Lalaan
Rute menuju kesana cukup mudah, Jika dari Bandar Lampung, air terjun Way Lalaan terletak sebelum kita sampai ke Kotaagung, kita hanya tinggal membawa kendaraan melintasi jalan raya Bandar Lampung-Kotaagung, melewati Terminal Kemiling – Gedong Tataan – Gading – Pringsewu – Talang Padang – Gisting – Batu Kramat – Air Terjun Way Lalaan. Setelah melewati daerah Gisting, kita akan melewati daerah Batu Kramat yang ditandai jalan turunan dan berkelok-kelok. Melewati daerah ini saat cerah, kita bisa melihat indahnya pemandangan laut Teluk Semaka. Setelah melewati jalan ini akan ada papan petunjuk dan gerbang selamat datang Wisata Air Terjun Way Lalaan dengan desain ala Tanggamus.

Siapa sangka, lokasi wisata air terjun Way Lalaan ini mempunyai 2 (dua) air terjun loh. Masyarakat sekitar memberi nama Air Terjun Way Lalaan 1 yang terletak di sebelah atas dan Air Terjun Way Lalaan 2 yang terletak disebelah bawah. Banyak wisatawan  hanya mengunjungi Way Lalaan 1 karena keberadaan Way Lalaan 2 tidak diberitahukan oleh pihak pengelola, yaitu Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat. Kalau dilihat-lihat memang akses jalan menuju Way Lalaan 2 memang sulit, harus menuruni bukit yang saya bilang cukup terjal dan perjalanan pulang juga harus menaiki jalan yang terjal itu.

Way Lalaan 1
Air Terjun Way Lalaan 1 memiliki ketinggian sekitar 8-10 meter, dengan hiasan bentuk batu yang alami dan tanaman merambat di sekitar batu membuat air terjun tersebut makin tampak indah. Namun sayangnya wisatawan tidak boleh berenang terlalu ke tengah karena cukup dalam dan kadang terjadi pusaran air. Di lokasi ini terdapat taman yang bisa digunakan untuk bersantai-santai, mengelar tiker menyantap bekal. 
tracking ke Way Lalaan 2
way Lalaan 2 dari atas
Team Tour D’Semaka hanya sebentar menikmati Way Lalaan 1 karena hidangan utama yaitu Duren Tanggamus sudah menunggu diatas :D. Setelah menikmati Way Lalaan 1, kami menyebrangi sungai menuju rute selanjutnya yaitu Air Terjun Way Lalaan 2. Perjalanan cukup menegangkan karena kami diharuskan menuruni lereng yang cukup terjal, apalagi tanahnya licin karena paginya habis hujan. Setelah sampai dibawah, kesulitan menuruni lereng terbayar dengan indahnya Way Lalaan 2. Way Lalaan 2 ini berbeda dengan Way Lalaan 1 dari segi luas, maupun ketinggian air terjun. Tinggi air terjunnya perkiraan saya lebih dari 15 meter. Area untuk berenangnya pun sangat luas, namun hati-hati agak ketengah agak dalam. Ciri khas batuan unik yang ada di Way Lalaan 1 ternyata ada juga disini. Sesampainya di depan air terjun Way lalan 2, beberapa dari kami ada yang langsung menceburkan diri, ada yang mencari sudut foto yang bagus, ada pula yg mulai foto narsis. Cukup lama kami menikmati suasana Air Terjun Way Lalaan 2, kami pun bergegas naik ke atas kembali karena Hidangan Utamanya sudah siap di santap :D
Potret Pemandangan Way Lalaan 2
Si Andi kayaknya galau disini :D
Foto Keluarga Team Tour D'Semaka

Untuk mengunjungi Air Terjun Way Lalaan 2 ini, kita dianjurkan untuk diantar oleh pihak pengelola karena jalur tracknya agak sulit ditempuh. Menurut info yang saya dapat, jika beruntung kita bisa melihat kera atau monyet sedang berenang atau berendam di air terjun ini.

8 komentar:

  1. Aduh itu tangganya..Yuk balik lagi ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi ayuk mba, kemarinkan ga turun ya mba :D

      Hapus
  2. Eh serius ada kera/monyet yg lg berenang? waah..coba bisa lihat ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapp katanya warga setempatnya sih gitu hehe

      Hapus
  3. Josh mas Nobi mantap selalu dah

    BalasHapus
  4. kereeenn tampak alami banget :D

    BalasHapus
  5. air terjun yang cantik2 mas, ternyata banyak sekali objek wisata di lampung ya, tapi saya jarang mendengarnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu bener banget, kurang promosi,, yang dikenal cuma objek wisata itu-itu aja hehe

      Hapus