Nyok Keliling Ibukota Dengan Bus Tingkat Jakarta :)

, , 15 comments

Banyak Cara Menuju Roma, Banyak Cara Juga Untuk Menikmati Suasana kota Jakarta. Salah satunya dengan Keliling Ibukota dengan Bus Tingkat Jakarta

City Tour Jakarta Bus atau lebih banyak dikenal sebagai Bus Tingkat Jakarta yang sudah banyak dinanti oleh warga kota Jakarta dan sekitarnya untuk segera mencoba menaikinya. Bus Tingkat Jakarta ini merupakan salah satu pelayanan pemerintah DKI Jakarta dalam bidang transportasi dan pariwisata. Hari Senin, 24 Februari Bus ini akhirnya beoperasi dan dan siap membawa warga Jakarta dan turis-turis keliling Ibukota dan ke beberapa daerah wisata di Jakarta secara gratis. Bus ini juga mempunyai nama unik lainnya yaitu Mpok Siti. Kata Mpok karena para pegawai di dalam busnya baik supir sampai Guidenya seorang wanita dan kata Siti diambil dari nama bus ini City Tour Jakarta Bus.  

antrian ramai di halte
Setelah bermunculan berita Bus Tingkat Jakarta sudah dibuka untuk umum, saya langsung berangkat ke Bundaran HI, salah satu lokasi yang di lewati bus ini. Untuk menaiki bus ini kita tidak bisa sembarang tempat menunggunya. Bus ini hanya berhenti di Halte-halte yang berada dalam rute dan sejauh yang saya amati ada plang bertuliskan “City Tour”. Karena Jumlahnya bus tingkatnya terbatas, untuk saat ini hanya melayani Rute mulai dari Balai Kota, Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Merdeka Barat lalu berbelok ke Juanda, Merdeka Utara, ke Merdeka Barat lagi, Merdeka Selatan, dan kembali Balai Kota. Bus Tingkat ini mulai beroperasi mulai jam 8.30 dari Balaikota sampai jam 19.00 namun untuk hari Minggu dimulai jam  12.00 sampai 19.00 waktu setempat.

mba Rika, Guide saat saya menaiki Bus ini
Bus Tingkat Jakarta melaju pelan sekitar 10-20 km/jam sehingga kita bisa merasakan suasana berkeliling Ibukota dengan Bus Tingkat. Jika kita mengelilingi satu rute, kita akan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dan jika keadan jalan macet bisa sampai 1,5 Jam. Dalam perjalanan di Bus Tingkat kita tidak hanya diam saja melihat suasana yang dilewati bus ini. Guide akan menjelaskan hal-hal mengenai bus tingkat ini serta penjelasan tentang lokasi-lokasi wisata serta tempat yang bernilai sejarah ada disekitar rute bus ini seperti Monas, Gedung Bank Indonesia, bahkan patung perunggu menunjuk di jembatan Juanda yang akhirnya saya ketahui kalau itu patung Dewa Hermes, dewa perniagaan di mitos Yunani menunjuk ke arah salah satu pusat perbelanjaan yang ramai di kota Jakarta.

Melewati Bundaran HI
Tak terasa 1 Jam sudah mengelilingi Jakarta dengan Bus ini. Pengetahuan baru, pengalaman baru bahkan teman baru saya dapatkan dalam Bus Tingkat Jakarta ini. Untuk kedepannya saya rasa, bus ini perlu menyediakan brosur gratis yang menjelaskan objek wisata yang menjelaskan tentang lokasi wisata yang dilewati mungkin beserta Peta Wisata Kota Jakarta yang nantinya berguna bagi warga Jakarta maupun turis untuk lebih mengenal kota Jakarta ini.

Nyok Keliling Ibukota ^_^


NB : nantinya untuk naik bus ini kita diharuskan untuk mengambil tiketnya yang telah disediakan gratis di lokasi-lokasi tertentu di Jakarta. untuk 3 bulan kedepan ini, sistem tiket belum berlaku sehingga kita tinggal datang, antri dengan tertib di halte yang ada telah disediakan

15 komentar:

  1. wih, dia sudah duluan. Aaaaaaakh nyusul ah keliling Ibu Kota dengan bus tingkat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, ak udah kebelet dari bulan januari lalu soalnya mba :D

      Hapus
  2. Wah asyiiik nih kalo ntar kapan-kapan ke Jakarta (/ >o<)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tunggu kedatangannya chichi (/ >o<)/

      Hapus
  3. Wah udah nyobain ya?
    Penasaran nih. Jakarta udah ada, bandung on progress. Pariwisata kita makin berbenah
    :D

    BalasHapus
  4. Cocok nih jalan2 pake bis tingkat....ngilangin galau
    *jomblo gagah*

    BalasHapus
  5. mungkin maksudnya itu Gedung Bank Indonesia ya? secara Gedung bank mandiri itu adanya di dekat stasiun kota :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh iya bener,, kudu di ralat nih.. makasih ya :)

      Hapus
  6. bukannya pake karcis ya naikknya/? dan denger2 itu karcis jg ga sembarangan, hanya disediakan di hotel2 tertentu buat yang menginap di hotel tsb.. mohon share jg gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap nanti kalo sistem karcis atau tiketnya berlaku seperti itu,, tiketnya bisa diambil ditempat tertentu seperti hotel2 tertentu, bandara, (blm dpt info bnyak mengenai lokasi ngambil tiketnya)

      kata petugasnya dlam 3 bulan ini, masih belum menggunakan sistem tiket :)

      Hapus
  7. tumben cepet dateng bus nya, kebelet udah mau nyapres kayaknya Jokowi :))))))))

    BalasHapus
  8. lokasi halte yang di monas posisinya dimana ya pak bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebrang halte busway,, cari yg ada plang city tour kayak gambar di atas :)

      Hapus
  9. Wah mantap. Tar mau nyobain juga ah kebetulan rutenya deket
    Www.ihsandonesian.blogspot.com

    BalasHapus