Ssst Ada Teluk Rahasia di Gilimanuk, Bali :)

, , 8 comments

Penasaran juga, ada petunjuk kecil di depan pintu keluar bus terminal Gilimanuk bali bertuliskan Secret Bay dalam bahasa Indonesia sih katanya Teluk Rahasia. Sedikit Penasaran dan sambil menunggu matahari senja di selat Bali, saya menyempatkan diri untuk mampir ke Teluk Rahasia. Apa yang rahasia dari Teluk Rahasia, Gilimanuk tersebut? mari kita lihat lebih dalam lagi :D

Dari letaknya, teluk rahasia ini tidaklah rahasia karena terletak persis di sebrang pelabuhan Gilimanuk, hanya saja mungkin awal pembangunan Teluk Rahasia ini tidak terlalu mencolok sehingga wisatawan yang berkunjung ke Bali via darat tidak memperhatikan keberadaan  Teluk Rahasia ini. Dan sekarang keberadaannya cukup mencolok dengan Patung Dewa Khrisna yang berada di tengah Taman Teluk Rahasia ini. Selain itu adanya beberapa Gazebo atau Bale yang bisa digunakan gratis untuk siapa saja yang ingin menikmati keindahan pantai di Teluk Rahasia.

Patung Dewa
Gazebo/Bale pinggir pantai

Teluk Rahasia, yang nama sebenarnya adalah Teluk Gilimanuk ini memang mempunyai pemandangan yang menawan. Hutan Mangrove, Bukit Taman Nasional Bali Barat dan Gunung Pemuteran yang terlihat cukup indah dari kejauhan. Pantai juga cukup menarik karena mempunyai dermaga. Dermaga yang bisa digunakan untuk foto-foto tentunya :D. Untuk menuju kesini cukup mudah, cukup ke Pelabuhan Gilimanuk tinggal menuju arah Patung Dewa Khrisna yang terlihat besar, akan terlihat pesisir Teluk Rahasia alias Teluk Gilimanuk.

Pengunjung cukup banyak terutama dari anak-anak setempat. Awalnya sendang konsen memancingh di dermaga, namun karena ada satu anak yang berenang dan loncat dari dermaga, yang memancing akhirnya malah ikut berenang. Melihat saya membawa kamera, mereka meminta di foto loncat dari dermaga ke laut dengan gaya yang aneh-aneh :D. Ternyata Laut yang berada di ujung dermaga cukup dalam, kata anak-anak mungkin sekitar diatas 2 meter :D. Jadi yang ga bisa berenang tidak dianjurkan untuk ikutan loncat kelaut ya :)

liat deh sampahnya :(, banyak kan
Sayang seribu sayang, Teluk Rahasia ini sudah terkotori sampah, baik sampah dari pengunjung yang membuang sampah sembarangan ataupun sampah dari laut. Perjalanan dari Banyuwangi menyebrang ke Gilimanuk, saya sempat melihat ada kapal yang petugasnya sembarangan membuang sampahnya ke laut, tanpa berdosa pula. Mungkin itu salah satu penyumbang sampah laut di Teluk Rahasia ini. Keberadaan tempat sampah juga penting, sejauh yang saya lihat kemarin cukup kesulitan juga mencari tempat sampah karena jumlahnya masih sedikit dan warna tidak terlalu mencolok. Mungkin Pengembangan Teluk Rahasia ini bisa dimulai dari awal lagi dengan kegiatan bersih-bersih lalu disediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kebersihan dan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.


Waktu sudah menunjukan pukul Senja, saya bergegas naik ke Kapal Penyebrangan menuju Banyuwangi dan memotret senja di atas Kapal, karena pemandangan dari Bali menuju Banyuwangi cukup eksotis.  Besar harapan semoga Teluk Rahasia atau Teluk Gilimanuk bersih kembali dan terjaga kebersihannya :)
Senja saat menyebrang ke Banyuwangi

8 komentar:

  1. Udah dirahasiain aja masih bisa kotor ya kak...hehehe...
    Cuma punya waktu nunggu waktu nyebrang aja bisa jadi bahan posting...traveler sejati nan akang satu ini...joss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya,, kena rata2 sampah dari laut kak :)

      Hapus
  2. semoga semakin banak masyarkat yang sadar untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan terutama di tempat pariwisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga secepatnya banyak yg mulai sadar

      Hapus
  3. aaak, laut selalu indah jadi destinasi liburan ya :)

    BalasHapus
  4. wha lama bgt gak nyebrang lewat sini mas mantap dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi lewat udara juga keliatan kok dari atas :D

      Hapus
  5. Kereeennnn.. Jarang-jarang ada yang tahu tempat ini.

    BalasHapus