Pantai Bama, Destinasi Favorit di Taman Nasional Baluran

, , 12 comments

­Setelah cukup lama berpanas-panasan di padang rumput Savana Bekol, Baluran, kami memutuskan untuk mencari tempat untuk berteduh dan banyak angin berhembus, dan kami memilih ke Pantai Bama, sebuah pantai di dekat Savana Bekol.

Pantai Bama, salah satu destinasi wajib yang dikunjungi para wisatawan saat berkunjung ke TN. Baluran. Karena letaknya berdekatan, sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan biasanya sehabis mengunjungi Savana Bekol, wisatawan langsung menuju ke Pantai Bama. Banyak info salah beredar bahwa Pantai Bama dan TN. Baluran masuk dalam wilayah Banyuwangi karena berada di perbatasan Situbonda-Banyuwangi namun pada kenyataannya wilayah tersebut masuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo.

jalan dari Savana Bekol ke pantai Bama
Rute menuju Pantai Bama dari Banyuwangi pun cukup mudah, bisa menggunakan angkutan umum maupun membawa kendaraan pribadi atau sewa. Untuk angkutan umum bisa menaiki bis yang menuju Situbondo dari Terminal Bis Ketapang dan bilang saja turun di depan atau gapura masuk Taman Nasional Baluran, dan dari gerbang masuk Baluran mau tidak mau kita harus menyewa jasa ojek untuk sampai ke savanna bekol dan pantai Bama. Jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan, dari Kota Banyuwangi kita kearah Pelabuhan Ketapang, lalu dari ketapang jalan terus mengambil arah Kabupaten Situbondo dan sampai di perbatasan akan ada gapura masuk ke Taman Nasional Baluran. Masuk ke Taman Nasional Baluran dan ikuti petunjuk jalan yang ada untuk sampai ke Savana Bekol dan Pantai Bama. Dalam perjalanan di dalam TN Baluran cobalah liat kanan kiri jika beruntung kita bisa melihat satwa-satwa liar seperti elang, rusa, merak, kerbau liar dan lainnya.

Pantai Bama berpasir putih, ombak relatif tenang, di sekitar pantai banyak rerimbunan pohon yang membuat sejuk siapapun yang berteduh disana. Pantai ini menghadap ke arah timur dan seringkali menjadi tempat pilihan untuk menikmati matahari terbit dengan matahari yang seolah-olah muncul dari bawah laut. Banyak fasilitas yang disediakan pihak pengelola disini dari kantin, penginapan, kamar mandi dan tempat bilas, musholla dan camping ground.

Ngiyup di Hutan Mangrove
gardu Pandang, ujung dari Mangrove Trail

Sebelum menikmati panorama pantai Bama, kami penasaran dengan Mangrove Trail di sebelah selatan pantai Bama. Mangrove trail itu semacam jalan diatas permukaan (jembatan/dermaga) yang dibuat untuk melintasi hutan mangrove (bakau) sehingga kita tidak usah berbasah-basah untuk memasuki hutan mangrove. Memasuki mangrove trail kalian akan dibuat kagum dengan pohoon mangrove jenis Rhizopora sp. Yang mempunyai akar jenis Jangkar. Dibuat kagum karena pohon Rhizopora ini ukurannya cukup besar bahkan kita bisa menaiki akar-akar tersebut. Menyelusuri mangrove trail jenis pohonnya makin berubah dan sampai diujung mangrove trail berupa Gazebo/ Gardu Pandang untuk bersantai menikmati pemandangan laut selat Bali yang relatif tenang.

Setelah puas kami kembali lagi ke Pantai Bama, karena siang itu cukup panas kami memilih mengobrol dan berteduh di bawah pohon. Saat berada di Pantai Bama, kalian harus waspada terhadap monyet-monyet disini karena monyet disini cukup iseng dan sering kali mengambil barang bawaan pengunjung dengan membawanya ke atas pohon. Kadang mereka mengambil makanan, minuman, jika lengah saat kita foto menggunakan HP, monyet tersebut tiba-tiba mengambil HP kita dan ya sudahlah, berharap dijatuhkan kembali sama monyet tersebut.

Karena keisengan si monyet, pengunjung kadang harus menimpuk atau menakuti monyet dengan semacam kayu. Namun beberapa pengujung sepertinya ingin nampak serius mengusirnya dengan cara menimpuk atau memukul dengan kayu seharusnya tidak perlu memukulnya atau menimpuk monyet tersebut sampai kena, lebih baik ditakut-takuti agar dia tidak terlalu mendekat mengambil bawaan kita.
salah satu penginapan di pinggir pantai Bama
Untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda, cobalah menyewa penginapan atau berkemah di pantai Bama. Selain mendapatkan pengalaman tidur ditengah Hutan sebuah Taman Nasional, pagi harinya kalian bisa mendapatkan pemandangan senja yang luar biasa dari Pinggir Pantai Bama.

foto wajib di tulisan pantai Bama

12 komentar:

  1. loh saya baru tau di baluran ada pantainya juga. baluran masuk my travel bucket list nih! pas pisan baca ini hehehe di bandung gak ada pantainya euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ulu, biasanya pantai ini jadi pilihan tempat selanjutnya selesai ke padang Bekol. hihi bandung punya banyak air terjun bagus

      Hapus
  2. Aku ngak tahan ama monyet nya ganas2

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah kancutmu g diambil kan bang cumi :D

      Hapus
  3. di pantai bama kalo mau ngacamp bisa gak ...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, bisa,, ada camping groundnya setauku

      Hapus
  4. Balasan
    1. boleh,, ada lokasi camping groundnya disana

      Hapus
  5. Wah, nyasar ke blog ini pas searching. Tulisannya sangat informatif dan menarik!! Kalau boleh tanya, jarak dari Stasiun Banyuwangi Baru ke Terminal Ketapang itu jauh gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma jalan sedikit kok,, 200 meter nyebrang jalan:)

      Hapus
  6. untuk kepantainya harus masuk lewat gerbang TN.Baluran atau bagaimana? kalau ke pantai bama menggunakan kendaraan sewa berupa bus bisa lewat tidak kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, harus lewat pintu gerbang karna itu pintu loketnya juga.
      Bis bisa masuk kok mas :)

      Hapus