Pantai Losari, Landmark Kota Makassar

, , 8 comments
suasana menjelang senja
Tidak ke Makassar , kalau tidak berkunjung ke Pantai Losari.

Pantai Losari, pantai ikon kota Makassar yang sudah menjadi agenda wajib para wisatawan jika berkunjung ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Di Pantai yang terletak di sebelah barat kota sering banyak dikunjungi pada waktu sore hari untuk sekedar menikmati senja yang terkenal indah maupun sekedar bersantai-santai menikmati waktu. Setelah senja berganti malam, keadaan pantai ini makin ramai dikunjungi terutama para muda-mudi yang memanfaatkannya sebagai tempat berkumpul.

Cukup mudah menuju pantai Losari, banyak Pete-pete (nama angkutan umum di Makassar) yang melewati pantai ini. Selain itu Becak atau Bentor (becak motor) maupun taksi siap mengantarkan kita menuju pantai ini. Jika ingin menghemat biaya transportasi, kita bisa memilih untuk naik Pete-Pete.

huruf2 raksasa dan mesjid terapung
Pantai Losari tidak memiliki pasir. Dari daratan kita langsung menjumpai laut yang dalam, sehingga disini pengunjung dilarang untuk bermain air dan berenang. Namun sebagai gantinya pantai Losari didesain unik dengan komposisi blok-blok batu yang enak dipandang. Tulisan tulisan raksasa bertulisakan pantai Losari, City of Makassar, dan lainnya menambah keunikan desain pantai ini. tidak hanya itu, di pantai ini terdapat Mesjid Terapung, Amirul Mukminin yang mempunyai arsitektur yang unik untuk kita lihat.

ikan bolu bakar
Tak perlu khawatir soal makanan, disini banyak pilihan-pilihan kuliner yang siap memanjakan perut kita. Yang terkenal di Pantai Losari ini yaitu Pisang Epe. Pisang Epe merupakan pisang mentah atau muda yang dibakar kemudian di epe atau di pipih, dan dicampur air gula merah. Makanan ini sangat nikmat dimakan saat masih hangat. Kini makanan Pisang Epe sudah banyak variasinya, ada yang dicampur dengan keju, coklat, maupun Durian. Di seberang jalan pantai Losari berdiri kios-kios yang menjual kuliner khas Makassar seperti Coto Makassar, ikan Bolu dan lain sebagainya.




Sayangnya keunikan pantai ini sedikit agak terganggu karena ketidaksadaran beberapa pengunjung membuang sampah sembarangan.  Juga saya pribadi sedikit terganggu dengan ada sebagian pengamen dan pengemis yang suka memaksa untuk diberi uang. Namun itu tidak menjadikan saya kapok untuk menikmati suasana pantai ini, terutama suasana senja yang terkenal akan keindahannya jika ada kesempatan lagi J

8 komentar:

  1. wow...main-main ke Makasar ni mas...keren...semoga pengunjung bisa sadar akan kebersihan agar kelestarian dan kecantikan pantai ini tetap terjaga...salam...

    BalasHapus
  2. kemarin udah dibangun anjungan Toraja ya disekitar pantai losari.. jd tambah kerend

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makin menarik aja disana y :D

      Hapus
  3. makassar memang terkenal dengan pantai losarinya yang sangat indah..kapan saya bisa merasakan keindahan pantai itu?

    BalasHapus
  4. sungguh indah pantai losari di makassar itu (y)

    kunjungi sekalian yaaa http://mobildatsunbandung.com/

    BalasHapus