Berpetualang ke Pantai Ngetun yang Tersembunyi

, , 16 comments


Akhirnya kesampaian juga ke Pantai Ngetun, salah satu dari sekian banyak pantai yang tersembunyi di Gunungkidul. Di sebut tersembunyi memang karena tidak (belum) dibuka untuk wisata dan akses jalannya yang agak sulit. Tapi tetap saja rasa penasaran pasti ingin membawa kita menuju pantai tersebut. Pantai ini terletak di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul

Kemarin sebenarnya saya dan teman saya, si Agung hanya ingin bertanya-tanya jalan menuju ke pantai tersebut, tak disangka-sangka warga yang kami tanyai menawarkan untuk mangantar kami sampai jalan desa.  Tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada kami berangkat dari arah pantai Siung menuju pantai Ngetun dengan menyelusuri jalur pantai selatan  gunungdul ke arah barat (arah Indrayanti/Pulang Syawal). nanti akan melewati SD Gesing dan kira-kira 1-2km akan ada Mesjid di kanan jalan, setelah itu lanjutkan perjalanan sedikit lagi ke arah barat akan ada jalan masuk dari cor blok di kiri jalan. Ikuti jalan tersebut untuk menuju pantai Ngetun. Jika kebingungan di sana jangan malu bertanya pada warga sekitar ya :)

Menuju Pantai ini Sebenernya mudah, cuma akses jalannya yang sulit. Awal masuk kita cukup tenang karena jalannya masih dari cor blok yang merupakan jalan desa. Setelah melewati desa, jalan yang awal mulanya cor blog berganti jalan tanah berbatu-batu kadang naik bukit, kadang turun bukit melintasi kebun-kebun warga setempat.  Mulai jalanan tanah berbatu ini kita kudu ekstra hati-hati apalagi saat turunan. Setelah menempuh kira-kira 20 menit jalan tanah berbatu akhirnya pemandangan pantai dari jauh terlihat, semangat menyala lagi. Disini turunan mulai agak curam untungnya beberapa turunan curam sudah di cor blok oleh warga sekitar. Setelah perjuangan keras akhirnya sampai juga di pesisir pantai Ngetun.

Pantai Ngetun di bawah sana
Lorong pohon-pohon menjelang masuk ke tepi pantai ibarat seperti gapura selamat datang, menyejukan. Pantai Ngetun ternyata mempunyai pasir yang halus dan beberapa spot terdapat cangkang-cangkang yang terdampar terbawa ombak. Pantai ini diapit dua bukit tinggi dan di atas kedua bukit tersebut biasanya warga sekitar menggunakannya tempat untuk memancing lobster. Di sisi-sisi pantai ini terdapat banyak pohon rindang sehingga bisa kita gunakan untuk berteduh beristirahat, menyantap bekal yang kita bawa. Setelah sekian lama menikmati suasana pantai akhirnya kami memutuskan untuk pulang.

Kerindangan Pohon di sisi-sisi Pantai  Ngetun :)


nb. yuk jaga kebersihan dan keasrian pantai ini sehingga selalu nyaman di kunjungi siapapun J

16 komentar:

  1. suatu hari pengen kesana :D

    BalasHapus
  2. @anno..paling bsesok2 wis kesampean :D

    BalasHapus
  3. bagus ya mas alan... huhuh
    jadi pingin leyeh2 di bawah pohonnya. :)

    BalasHapus
  4. uhuuy..keren ih!! \o/

    BW jg ya ke http://www.zainashifa.com/2012/12/adventure-is-out-there-wediombo-pantai.html

    BalasHapus
  5. Gunung Kidul memang istimewa, layak jadi tujuan wisata

    BalasHapus
  6. Kmaren ane udah ksana, sumpah bagus bener, blom kejamah sama turis2, paling cuma buat mancing sama warga, so pantainya masih "perawan" banget gan

    BalasHapus
  7. Temat ini jalanya bisa dilalui kendaraan besa seperi:mobil,bus,dll engga,... ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm klo bus ga bisa mas eko hehe..jalannya juga g bagus buat bus masuk kesana :)
      klo mobil biasa masih bisa

      Hapus
  8. Bulan Januari 2015 kmaren aku kesini Mas, jalanan yang belum dicor sampe sekarang masih alami alias masih jalan berbatu dan sdikit licin di spot2 tertentu ktika hujan turun.
    tapi ke alamian Pantai nya sungguh membuat jiwa ini terbuai...So beautiful pokoknya.
    Cuman sayang nya gak sdikit pengunjung yang meninggalkan Souvenir sampah plastik di pantai ini :(
    (disitu terkadang saya merasa sedih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hufttt sampah lagi sampah lagi ya, padahal klo mereka bawa pulang sampah plastiknya juga g berat2in bawaan

      Hapus
  9. Sekarang sudah ada tempat parkir dan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Cuma akses jalan masih dalam pembuatan.

    BalasHapus
  10. Transportasi umum dari malioboro ke pantai ngetun ada gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada mba tiffany,, harus nyewa kendaraan hehe :)

      Hapus
  11. Kalau bawa mobil pribadi parkirnya jauh ga dari pantainya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaa, turun deket pantainya :)

      Hapus