Bukit Panjung, Spot Menikmati Senja Yang Menantang

, , 7 comments

Akhirnya bisa liat Senjaaa lagi :)

Lama juga ga lihat senja karna cuaca di Jogja sore belakangan ini mendung gelap, bahkan malah hujan. Kali ini liat senjanya juga dari spot baru, namanya bukit panjung. Pasti beberapa teman-teman sudah pernah kesini atau bahkan sering. Bukit Panjung ini letaknya di Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul, Yogyakarta. Bukit ini letaknya tepat di sebelah timur pantai Pok Tunggal. Pertama kali saya ke pantai Pok Tunggal, untuk naik ke atas bukit ini belum ada akses baik, kita harus melalui jalan memutar dan yang pasti lebih jauh dan melelahkan. Sekarang untuk mendukung sektor perkembangan wisata pantai pok tunggal, warga setempat  yang juga merupakan pengelola pantai ini telah membuat jalan menuju bukit panjung sehingga jadi lebih singkat dan dekat.

Dari kota Jogja, kita bisa menempuh perjalanan sekitar dua jam menuju pantai Pok Tunggal. Akses jalan dari kota jogja sudah jalan aspal, namun kita harus tetap hati-hati karena jalan berkelok-kelok dan saat hendak sampai di tepi pantai, kita harus melewati jalan berbatu tapi setelah sampai pantai Pok Tunggal kita bisa melihat pemandangan pantai yang indah, rasanya lelah melewati jalan berbatu pasti terbayar hehe. Saya kali ini tidak membahas pantai Pok Tunggal, jika teman-teman mau baca tulisan sebelumnya tentang pantai ini monggo klik ini ya.

jembatan bambunya nih
Untuk bisa ke bukit Panjung dari Pok Tunggal, kita bisa berjalan ke arah bukit sebelah timur, dibawa bukit tersebut akan ada jalan setapak menuju kesana. Jalan setapaknya cukup menantang loh, kita akan melewati jalan menanjak disisi tebing yang bekas ditambang. Masih ada lagi dan di sinilah hal yang menantang kita akan melewati melewati jembatan bambu untuk mencapai atas bukitnya. Namun jangan khawatir asal kita ga lompat-lompat di jembatan bambunya, jembatan bambunya tidak akan roboh hehe.

menikmati pemandangan :)
Sesampainya diatas bukit akan ada kotak sumbangan seiklasnya untuk pengembangan bukit panjung ini. silakan bagi yang ingin menyumbang seiklasnya untung pengembangan bukit ini. Dari sini pemandangannya ajib loh, kita bisa menikmati pemandangan pantai pok tunggal dari atas, Pegunungan Karst Gunungkidul tepi laut juga Samudra Indonesia yang sangat luas. Bukit Panjung ini sudah ada beberapa gubuk, ditumbuhi banyak pohon pandan dan akasia membentuk sebagai tempat teduh yang alami. Pengunjung yang lelah bisa langsung istirahat di gubuk yang ada atau mengelar tiker duduk lesehan dibawah pohon-pohon yang ada. Namun sayangnya belum ada penjaja makanan/minuman disini sehingga kita perlu membawa makanan-minuman dari bawah. Disini  belum adanya tempat sampah, untuk itu pengunjung diharapkan bisa menjaga kebersihan bukit ini. Setelah beristirahat dibawah pohon dan menikmati, langit mulai memancarkan warna-warna oranye tandanya akan senja, saya bergegas melihat arah barat dan menikmati senja yang ada di depan mata. Semoga pembaca sekalian tertarik mengunjungi bukit ini :D


7 komentar:

  1. Wah, yang jalan bambu tepi tebing itu ngeri ya... ndak terbayang kalau pas dilewating tiba-tiba patah.... brrrr

    BalasHapus
  2. Tidur di bukit ini nyaman sekali yak. Kurang bawa bekal jadi deh piknik hehehe. Cuma yang jadi agak masalah yang pada pacaran agak over ituh uhhhh :(

    BalasHapus
  3. sun's rays-nya bagus >.<
    Mas yg itu aturan pake iso dll-nya berapa?

    BalasHapus
  4. jembatan bambunya kayaknya asyik buat dilewatin, cukup menantang adrenalin :D

    BalasHapus
  5. Bagus... Yang ada bunder-bundernya itu unik banget.

    BalasHapus
  6. Pantai dan bukit yang memiliki view pemandangan yang indah.

    Salam wisata

    BalasHapus
  7. dulu pas kesini belum ada ban2 pagarnya :'3

    BalasHapus