Jalan-Jalan ke Curug Silawe dan Sigong

, , 1 comment
Curug Silawe

Magelang merupakan satu daerah di provinsi Jawa Tengah yang letaknya dikelilingi banyak Pegunungan. Karena letaknya tersebu tempat ini mempunyai potensi-potensi wisata alam yang banyak salah satunya Air Terjun atau sering disebut juga Curug.

Akhir Maret kemarin saya beserta anno, yuli, putro berinisiatif untuk mengunjungi Curug Silawe. Curug  ini terletak di di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah atau berada di lereng Gunung Sumbing pda ketinggian sekitar 500 mdl. Nama Silawe ternyata mempunyai arti

Pemandangan di jalan desa Sutopati
Untuk menuju kesini aksesnya hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum untuk menuju kesana. Dari Jogja bisa kita melewati jalan Magelang menuju Perempatan pasar Borobudur jalan terus  sampai menemukan Tugu. Lewati tugu ke arah Purworejo tersebut sampai menemukan papan petunjuk jalan menuju arah curug Silawe (belok kanan) ikuti jalan tersebut sampai menuju desa Sutopati. Di perjalanan memasuki desa ini akan dihiasi dengan pemandangan bukit-bukit, terasering persawahan dan perkebunan masyarakat desa tersebut. jalan dari desa setengah jalan beraspal setengah lagi jalan berbatu dan menanjak. Sesampainya di pintu gerbang curug silawe kita hanya di tarik biaya 2000 rupiah perorang dan motor 1000 rupiah. Untuk parkir mobil disarankan untuk parkir di bawah (di pinggir jalan dusun kopeng atau halaman masjid) karena diatas parkiran mobil tak tersedia.

Curug Silawe
Dari tempat parkir motor kita sudah bisa mendengar suara gemuruh curug ini. rasa tidak sabar membuat kami buru-buru menulusuri jalan setapak, menuruni anak tangga sekitar 200 m dan sampailah kami di sebuah pemandangan yang amat dinantikan yaitu curug Silawe. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 50 meter. Silawe berasal dari kata “Lawe” (Bahasa Jawa) alias sarang laba2. Di bawah curug tersebut terdapat kolam yang tidak terlalu dalam sehingga pengunjung bisa berenang-renag berbain air disini.

Curug Sigong
Tebing curug Sigong
Potensi curug Silawe bukan hanya itu, di deket curug ini terdapat satu curug lagi yang bernama curug Sigong. Untuk menuju kesini kita cukup berjalan kaki melewati anak tangga yang telah disediakan (hati-hati anak tangganya licin). disini tidak seperti curug Silawe yang terdapat kolam dangkal untuk berenag dan bermain air, namun disini tertabat gazebo untuk berstirahat dan menikmati pemandangan sekitar. Yang unik dari curug ini adalah bentuk tebing batuannya yang berbentuk kotak-kotak seperti bekas lempengan bumi yang patah. Penamaan curug Sigong ini karena menurut warga sekitar disini sering terdengar suara mirip gong terutama pada malam hari.

Setelah lelah melihat-lihat dan mengabadikan beberapa gambar, waktunya bermain air dan memakan bekal yang kami bawa dari Jogja. Semoga kalian tertarik mengunjungi tempat ini ya :)

tim blusuknya narsis dulu

nb: tetap jaga kebersihan curug ini yak, dengan membuang sampah ditempat sampah yang telah disediakan pihak pengelolanya :)

1 komentar: