Tari Barong, Bali

, , No Comments
Barong Ket
Indonesia memang kaya akan budaya. 
Tidak diragukan lagi, Bali yang kita kenal sebagai salah satu daerah destinasi favorit di Indonesia memang mempunyai kekayaan budayanya, keagungan tradisi masyarakatnya serta keindahan alamnya sehingga membuatnya menjadi salah satu pilihan destinasi favorit di Nusantara.
Barong (kebaikan), Rangda (kejahatan)
Kali ini saya mencoba menulis tentang tari Barong yang menurut saya merupakan salah satu ikon kesenian Bali. Menurut sumber yang saya baca Tari Barong mengambarkan pertarungan yang sengit antara kebaikan melawan kejahatan. Wujud kebaikan dilakonkan oleh Barong, yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat, sementara wujud kejahatan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya.
Rangda (kejahatan)
Ada beberapa jenis Tari Barong yang biasa ditampilkan di Pulau Bali, di antaranya Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Gajah, Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, serta Barong-barongan. Namun, jenis yang sering ditampilkan setiap kali pertunjukan ataupun event  yaitu Barong Ket (Ketet). Kostum Barong Ket umumnya menggambarkan perpaduan antara singa, harimau, dan lembu. Di badannya dihiasi dengan ornamen dari kulit, potongan-potongan kaca cermin, dan juga dilengkapi bulu-bulu dari serat daun pandan. Barong ini dimainkan oleh dua penari (juru saluk/juru bapang): satu penari mengambil posisi di depan memainkan gerak kepala dan kaki depan Barong, sementara penari kedua berada di belakang memainkan kaki belakang dan ekor Barong.

0 kesan dari teman:

Poskan Komentar