Wisata Goa Jomblang-Grubug

, , 33 comments


Goa Jomblang-Grubug terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, 8 Km timur kota Wonosari atau sekitar 50 kilometer tenggara kota Jogja. Kedua goa ini merupakan goa yang bertipe perpaduan antara goa vertikal dan horizontal. Letak goa yang berada di tengah areal ladang kering berbatu dengan jalan yang cukup menantang dengan batu- batuan di sepanjang jalan menuju lokasi goa ini.

Inilah teman seperjalananku
Kali ini saya berkesempatan berkunjung ke goa ini atas ajakan teman dari kota Cepu yang mempunyai rencana berwisata ke goa Jomblang bersama teman-teman backpakernya. Perjalanan kali ini saya melakukan persiapan mental selama satu bulan karena belum pernah melakukan wisata seekstrem ini, menuruni tebing setinggi 60 meter untuk menikmati kedua goa ini. Perjalanan menuju kedua goa ini cukup mudah, anda hanya tinggal memacu kendaraan anda dari kota jogja menuju kota Wonosari melewati jalan wonosari. Sesampai di kota Wonosari, anda tinggal menyelusuri jalan tersebut tanpa belok-belok ke sampai bertemu dengan plang “wisata goa kali suci”. Ikuti jalur tersebut sampai bertemu plang bertuliskan goa Jomblang (jalan tanah berbatu). Setelah melintasi wilayah desa dan areal sawah sejauh kira-kira 2km, Akan terlihat Resort Goa Jomblang dengan taman yang tertata rapi.

Goa Jomblang
Untuk menuju dasar goa Jomblang kita harus menuruni tebing sekitar 60m dengan teknik SRT (SRT (single rope technic). Sesampainya di lokasi saya dan teman-teman melakukan persiapan peralatan seperti helm, sepatu, peralatan-peralatan SRT dan tentunya persiapan perlindungan kamera dari air yang jatuh dari dinding bantuan karst dan benturan (saya sendiri pakai kantong plastik,tapi tidak baik buat dicontoh hehe). Perasaan was-was, takut, pengen tau masih terus menghatui otakku sampai akhirnya giliranku turun. Ternyata saat turun rombongan kita tidak menggunakan teknik SRT melainkan dengan digerek seperti menimba karena keterbatasan kesediaan alat. Perlahan-lahan saya diturunkan oleh tim operator. Tantangan pertama adalah tetesan air yang jatuh dari atas tebing untungnya saya sudah melakukan persiapan perlindungan terhadap kamera (pakai kantong plastik, tp jangan di contoh kalau g kepepet ^^). Tantangan kedua ketika tas bawaan saya kesangkut di pohon yang tumbuh di sela-sela tebing goa tersebut.

Hutan Dasar Goa Jomblang
Saat turun saya selalu melihat kebawah menikmati salah satu keistimewaan goa ini yaitu keindahan  hutan yang berada di sekitar dasar goa ini. Kata pemandu, hutan ini dulunya ada di atas namun karena suatu hal, tanah beserta batuannya rubuh sehingga pohon yang waktu itu berada diatas batuan yang rubuh pun ikut terbawa jatuh dan tetap tumbuh hingga saat ini. Setelah teman-teman sampai kedasar goa, pemandu mulai mengisyaratkan kami untuk mengikutinya. Perjalanan kali ini kita memasuki,menelusuri lorong yang menghubungkan Gua Jomblang dengan gua vertikal lainnya yang bernama Grubug. Lorong ini cukup lebar dengan panjang sekitar 500 m. Menelusuri lorong ini tidaklah terlalu sulit, karena telah ada jalan setapak yang terbentuk dari bebatuan yang disusun memanjang. Namun, penjelajah tetap harus berhati-hati, karena suhu gua yang lembab menyebabkan jalan sepanjang lorong ini menjadi licin.

Subhanallah!!!
Hampir sampai di ujung lorong kami melihat keindahan cahaya yang luar biasa. Kami pun mempercepat langkah kami karena tidak sabar dengan cahaya yang luar biasa itu. Pemandangan cahaya matahari yang menerobos kegelapan abadi di dasar Gua Grubug akan begitu menakjubkan. Sinar ini menyentuh sejumlah stalaktit dan stalagmit yang terbentuk oleh tetesan air selama ribuan tahun. Dua buah stalagmit besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah dasar Gua Grubug. Untuk melihat cahaya ini anda  harus sudah mencapai dasar goa Grubug antara jam 10.00 sampai jam 13.00 WIB. Di sisi lain goa, terdapat aliran sungai yang berasal dari Kali Suci. Di musim kemarau, kita bisa bermain air disana karena arus sungai yang tidak terlalu besar ini atau bisa menyelusuri sungai tersebut dan kita akan menemukan air terjun bawah tanah. Namun, jika musim hujan tiba, aliran sungai ini akan semakin deras dan juga semakin dalam. Disarankan untuk tidak mencoba bermain di sungai tersebut karena takut terjadi hal yang tak diingikan


Dua Buah Stalagmit

berfoto bersama

Perlahan-lahan keindahan cahayanya mulai hilang, waktunya kami melakukan perjalanan pulang menuju dunia bawah langit kembali. Semoga menikmati keindahan cahaya luar biasa yang menerobos kegelapan perut bumi ini lagi suatu saat nanti.
mulai redup
Salam Wisata ya kawan, ayo kunjungi Goa Jomblang-Grubug J


Spesial Thx buat Tuhan Yang Maha Esa, mba era, mas udin, mba fitri, mba alet, mba indah, mas jontis, mas andri, mas thoriq, mas dani, bapak-bapak Operator dan lain2nya yang blm sempat disebutkan :)

33 komentar:

  1. untuk bisa masuk ke gua, biayanya berapa mas?

    BalasHapus
  2. @rumput ilalang..tergantung operatornya mas rumput ilalang.. ak sama rombongan kebetulan kemarin dpt yg 100rb..

    BalasHapus
  3. wah murah ya mas, katanya ada yang sampai 400 ribu

    BalasHapus
  4. mas rumput ilalang : oh ak pernah denger juga..yg 400rb itu plus nginep di resortnya kayaknya mas klo ga salah...motret waisak g mas?

    BalasHapus
  5. setiap operator apa tarifnya beda2 mas?kita cuma butuh masuk lokasinya aja kok?

    BalasHapus
  6. Mas.. Boleh minta cp utk operator yg mas paki tidak?

    BalasHapus
  7. @annisa: Operator-Resort Goa Jomblang Mas Cahyo : 0811-117010 atau Mas Pitik (Kurniawan Adhi Wibowo) : 0812-15771534.


    hery..setauku sih iya mas..

    BalasHapus
  8. salam kenal mas bro...udah prnh kmana aj
    kpan" lok ad acra adventure bleh gabung g

    BalasHapus
  9. jadi pengen..........

    BalasHapus
  10. Segera meluncur ke TKP

    BalasHapus
  11. bro andy
    boleh gabung kah?

    BalasHapus
  12. salam kenal juga mas aris.. boleh2 aja kok ^^

    mas andy,, :) have nice trip yo

    BalasHapus
  13. ada akun ato nomor yang bisa d hubungi gk mas alan?

    BalasHapus
  14. lan tgl 25 ke goa cokro mo ikutan gag?

    BalasHapus
  15. mas @aris ini mas https://www.facebook.com/catatansinobi tuh koment yg dibawahmu itu yg sering ngajak saya jalan2 ^^

    BalasHapus
  16. siapa yang mau ngajakin saya kesana???? saya juga pengen kesanaaa....=(

    BalasHapus
  17. Goa keren, pengen juga sih, tapi lumayan mahal ya ongkos operatornya :P
    Makin banyak pengunjungnya juga nih pasti habis masuk iklannya Jarum :D

    Anyway, salam kenal mas Alan :)

    BalasHapus
  18. salam kenal juga mas @tiyo :)

    BalasHapus
  19. wah jadi pengen ke goa jomblang juga mumpung deket :D
    biaya 100ribu itu untuk 10 orang mas? ttg alat2nya sudah disediakan oleh operator disana atau ada yg harus dibawa sendiri dr rumah? maturnuwun

    BalasHapus
  20. Nice adventure. goa jomblang emang keren. nggak bosen2 berkunjung ke
    goa yang satu ini. tempatnya tambah asyik habis di bangun.

    BalasHapus
  21. mas alan, itu kira2 harga nya skrg udah berubah apa belum ya?
    :)

    BalasHapus
  22. kapan kesini lagi kak...kabar2 kak :D

    BalasHapus
  23. Bro kan saya bukan anak gunung gitu, gangerti teknik ini itu, tapi kalo kesana bisa ga? Ada yg ngebimbingnya ga? Terus apa yg harus disiapkan? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut paket yang ditawarkan pengelolanya aja mas. bakal diajari, dibantu sampe turun sama o[peratornya kok

      Hapus
  24. Bro itu harganya sudah ada perubahan blm ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terakhir denger 450rb per orang mas

      Hapus
  25. Wah bagus banget goa kalisuci
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    BalasHapus
  26. Jd kira2 kalo dr jogja kesana start jalan dr jam berapa y utj waktu yg efektif?

    BalasHapus
  27. jalan maksimal dari kota jogja jam 7 pagi hehe menurutku

    BalasHapus
  28. Apakah jalan untuk sampai lokasi goa Jomblang sudah bisa untuk mobil bos?
    gunungkidul memang menyajikan wisata yang luar biasa, tidak hanya sektor pantainya namun juga masih banyak destinasi wisata lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mba..klo papasan mobil ketemu mobil agak susah, tp masih bisa :)

      Hapus
  29. Terimakasih telah mengulas goa jomblang. Untuk wisatawan yg akan caving di goa jomblang diharapkan untuk book terlebih dahulu karena batas kunjungan maksimum diterapkan perharinya.

    Salam Aan
    Www.goa-jomblang.com

    BalasHapus