Berbagi Tips Foto Serangga..

, , 4 comments



Saia mau berbagi tips buat ngambil foto-foto serangga seperti kupu-kupu ini:
  1. Sabar, sempet autis celingak-celinguk, nengok sana-nengok sini, komat-kamit "manis.manis disini ada tukang foto manis" :p (kayanya ini nih yang bikin kupu-kupu ga pada nginggap di bunga). Pada saat berburu/hunting makro serangga, usahakan berdiam diri sehingga segala tidak menarik perhatian serangga tsb. Apabila kita akan mendekati object, usahakan agar gerakan kita tidak membuat serangga tsb melarikan diri meninggalkan kita.
  2. Tepat, dengan kata lain berada ditempat yang tepat. Apabila memotret serangga yang menempel pada bunga, cari posisi yang tepat pada saat dia sedang menghisap madu atau pada saat dia keluar dari bunga adalah moment yang sangat bagus untuk diabadikan
  3. Tahan Nafas, Membuat posisi spt segitiga antara lengan dan siku yang ditempel kedada kita akan memperkokoh pegangan kamera, ditambah dengan menahan napas sesaat pada waktu menekan shutter kamera akan mengurangi kemungkinan kamera shake dan bisa menghindari hasil foto yang blur/shake.
  4. Hindari angin, Memotret makro pada saat angin bertiup adalah hal yang sia2, karena kita akan mendapatkan hasil yang blur, bisa juga disiasati dengan mengatur shutter speed yang cepat, tapi sebisa mungkin hindarilah memotret makro disaat angin sedang bertiup sehingga akan membuat goyangan pada objectnya.
  5. Sigap, (lihat gambar di bawah ini) klo ga sigap bisa-bisa di timpuk silalat.. ^u^

*** SELAMAT MENCOBA ***

4 komentar:

  1. IMHO foto2nya udah bagus bgt...
    tp lebih bagus lagi kalau mau ngajarin aku langsung:)

    BalasHapus
  2. nice note...
    sering2 share ya tentang fotografi soalnya aku juga tertarik, tapi minim sarana dan prasarana hehehe...

    BalasHapus
  3. oke chi, moga menikmati ya..

    :)

    BalasHapus