Kamis, 05 Februari 2015

Blusukan Jalur Wisata Air Terjun Di Girimulyo, Kulonprogo

Sesuai julukannya, Kulonprogo The Jewel of Java, salah satu Kabupaten di Yogyakarta ini mempunyai potensi-potensi wisata alam layaknya sebuah Jewel yang belum diasah. Kali ini saya akan menulis jalur wisata alam Girimulyo, Kulonprogo, dimana dalam satu jalur ini banyak potensi wisata alam yang menarik untuk di kunjungi.

Girimulyo letaknya tidak jauh dari Jogja, menurut Google map, letaknya hanya sekitar ±23 Km dari pusat kota atau sekitar 1 jam perjalanan. Topografinya hampir seluruhnya pegunungan, yang terkenal dengan pegunungan menoreh sehingga tidak aneh banyak potensi wisata alam yang tersembunyi seperti air terjun dan pemandangan alam pegunungan yang khas.

Berkesempatan tinggal beberapa lama di Jogja membuat saya berkesempatan mencoba jalur wisata alam Girimulyo ini. Berangkat dari pusat kota Jogja pagi hari, dengan niat dan semangat bisa mengunjungi semua potensi wisata. Sarapan sepiring nasi rames tempe tahu (nasinya nambah) dan segelas teh hangat sambil menunggu temen-temen team selonya kumpul hehe :). Jam 8 pagi, kami berangkat menuju Girimulyo

Rute Menuju Girimulyo

peta kasarnya nih, tulisannya harap maklum :p
Menuju Girimulyo disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan karena transportasi bus menuju kesana hanya sampai daerah Kenteng, Kulonprogo. Sebelum berangkat cek kendaraannya ya, medan di Girimulyo itu pegunungan menoreh jadi kendaraan kalian harus fit (kalian juga harus fit).  Rutenya cukup mudah kok, dari Perempatan Tugu Yogyakarta kita tinggal ambil arah jalan Godean atau ke arah Barat tinggal lurus terus aja sampai Girimulyo. Perempatan Tugu-Mirota Kampus Godean-Ringroad Barat-Pasar Godean-Jembatan Sungai Progo-Perempatan Kenteng-Pasar Kenteng-Nanggulan-Girimulyo (Pasar Jonggrangan).  Hati-hati ketika memasuki wilayah Nanggulan, jalan sudah mulai Naik, berkelok-kelok sampai ke Girimulyo. Hati-hati pemandangan pegunungannya yang indah membuat kita lengah. Jika mau menikmati pemandangan berhenti dan tepikan kendaraan di lokasi yang aman ya :).

Pemandangan di Nanggulan, setelah melewati pasar kenteng
Setelah tegang melewati jalan menanjak berkelok dan sampai Pasar Jonggrangan inilah, Jalur wisata Air Terjun di Girimulyo di Mulai. Mau tau air terjun apa saja yang ada di sepanjang jalur ini, disimak tulisan dibawah ini ya :)

1. Air Terjun Setawing

Lokasinya mudah ditemukan, ada papan petunjuk jalan berupa spanduk pasar Jonggrangan, air terjun ini letaknya persis dibawah pasar Jonggrangan. Dari lokasi parker kita tidak jalan begitu jauh hanya 10 menit saja. Ketinggian air terjun ini cukup tinggi, dengan dua tingkat air terjun. Disekitar air terjun ini didesain taman mini yang cantik senhingga mempernyaman pengunjung yang ingin menikmati air terjun ini, kita hanya membayar parkir kendaraan dan uang sukarela saja untuk kas pengelolaan air terjun Setawing

Foto dan info lengkapnya bisa lijhat artikel ini : Air Terjun Setawing, Kulonprogo

2. Air Terjun Grojongan Sewu

Dari depan pasar Jonggrangan, kita tinggal maju melewati pasar sekitar 100 meter akan ada pertigaan(ada plang petunjuk jalannya), ambil kanan untuk ke Gronjogan Sewu ini. ikuti jalan tersebut dan arah papan petunjuk jalan sekitar 20 menit kita akan sampai di dusun Beteng, desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Air terjun cukup cantik, saat saya mengunjungi kesini debit air sedang tinggi sehingga air terjun ini mengalir deras. Rimbunan pohon bamboo dan taman kecil  yang disusun cantik menambah kenyamanan pengunjung yang datang kesini.
Foto dan info lebih lengkapnya bisa mampir kesini : Air Terjun Grojogan Sewu

3. Air Terjun Sigembor

Dari Pasar Jonggrangan, ikuti petunjuk jalan menuju menuju Goa Kiskendo, Kokap atau Waduk Sermo. Setelah melewati Goa Kiskendo, ada pertigaan ambil yang menuju arah Kokap atau Waduk Sermo (belok kiri). Ikuti jalan tersebut sekitar 10 menit, ada jalan turunan panjang, setelah jalan mulai datar, pasti terdengar suara gemerincik air terjun di kanan jalan, jika melihat air terjun di kanan jalan tersebut, itulah air terjun Sigembor. Air terjun letaknya persis di pinggir jalan, tapi karena papan petunjuknya sudah rusak dan tersembunyi, sehingga wisatawan agak sulit ditemukannya. Dinding airterjun yang tertutup hijauan lumut, air yang jatuh perlahan dan tidak deras,  butiran air yang berterbangan terbawa angin membuat air terjun ini cukup indah untuk dinikmati

4. Grojogan Mudal

Melanjutkan perjalanan dari Air Terjun Sigembor, setelah melewati Dusun Banyuganti aka nada pertigaan dengan papan petunjuk ke Gronjogan Mudal, ambil kanan untuk ke air terjun Mudal (jika ke kiri ke arah air terjun Kembang Soka). Air terjun ini mulai dikelola oleh masyarakat setempat, sekitar air terjun baru dibuat akses jalan dan taman sehingga nntinya air terjun ini nampak indah. Air terjun ini punya beberapa tingkat, sehingga pengunjung bisa menikmatinya satu persatu. Air terjun ini lebarnya tidak cukup luas sehingga jika untuk main air disini agak kurang leluasa. Foto dan info lebih lengkap bisa klik ini :  Air Terjun Grojogan Mudal

5. Air Terjun Kembang Soka

Dari Gronjogan Mudal, ikuti jalan kembali menuju pertigaan, ambil lurus ke arah jembatan kecil (ke kiri kembali ke air terjun Sigembor). Sekitar 10 menit dari pertigaan tersebut, kanan jalan akan ada pintu masuk air terjun Kembang Soka. Air terjun Kembang Soka terletak di dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. air terjun ini kece loh, seperti mempunyai dua warna, putih dan hijau, batuan dasar sungainya kuning agak putih, dengan tebing di sebelah kanannya berwarna merah.

6. Air Terjun Kedung Pedut

Lanjut dari Kembang Soka, ada pertigaan jika ke kanan jalan menuju daerah Kokap, kita ambil jalan kekiri menuju air terjun Kedung Pedut. Jalan menuju aiar terjunnya paling jauh dari air terjun-air terjun sebelumnya, menyelusuri hutan masyarakat dan menuruni lereng bukit melewati jalan setapak yang sudah dibuat oleh warga setempat. Air Terjun ini juga air terjun dua warna loh, seperti Air Terjun Kembang Soka berwarna Putih dan Hijau dan dasar batuan di sungai dan air terjun ini berwarna kuning agak putih.

Perjalanan berakhir di Air Terjun Kedung Betut, mungkin saja dalam jalur wisata air terjun ini ada air terjun lagi yang masih tersembunyi. Yuk mulai kunjungi Air Terjun-Air Terjun di sepanjang jalur wisata ini. Dijaga kebersihan, sampahnya jangan dibuang sembarangan, kalau mau buang sampah tidak ditempat sampah yang disediakan mending bawa tong sampah sendiri hehe :)

Foto dan info lebih lengkap bisa klik Air Terjun Kedung Pedut

Di bantu share ya, bantu masyarakat setempat mendapatkan penghasilan tambahan, membantu teman-teman kalian juga buat yang lagi nyari tempat piknik alam :)