Air Terjun Setawing, Si Cantik Dari Kulonprogo

, , 13 comments

Air terjun Setawing, salah satu air terjun di Kulonprogo yang ikut meramaikan Dunia Piknik Air Terjun Jogja belakangan ini. Nama Setawing cukup berasal dari bahasa lokal  yaitu “Se” berarti Satu dan “Tawing” adalah Tebing. Penamaan tersebut memamg sesuai dengan keadaan air terjunnya yang berada di tebing ketinggian sekitar 18-20 meter.

Pasar Jonggrangan
Air terjun ini terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta, tepatnya di “belakang pasar Jonggrangan”. Untuk menuju kesini dari Kota Jogja cukup mudah hanya tinggal menuju arah barat saja hehe. Berangkat dari Tugu Jogja ambil arah ke barat menuju perempatan Ring Road Barat Demak Ijo, Jalan Godean, Pasar Godean, lalu melewati Jembatan Sungai Progo. Setelah melewati jembatan sungai progo akan bertemu perempatan lampu lalu lintas nanggulan, ambil arah barat menuju pegunungan menoreh Kulonprogo, ikuti jalan besar pegunungan tersebut hingga mentok di pertigaan lalu ambil kanan. Setelah itu anda akan memasuki wilayah Dusun dan Pasar Jonggrangan yang ada di kanan jalan. Di pasar tersebut terdapat petunjuk jalan yang akan menuntun kita menuju lokasi air terjun Setawing.


Untuk memasuki kawasan air terjun ini, kita hanya membayar uang parkir sebesar Rp. 2000,- (motor) dan uang sukarela serta memberi kritik dan saran untuk kemajuan pengembangan wisata alam air terjun Setawing. Dari lokasi parkir menuju air terjunnya berjarak sekitar 100 meter (kata papan petunjuknya :D) melewati jalan setapak cor-coran semen. Kondisi jalan cukup nyaman, teduh karena di samping kanan kirinya adalah hutan rakyat masyarakat setempat. Setelah 10 menit berjalan kaki, suara gemerincik air sudah mulai terdengar jelas, secara otomatis kami melihat ke arah sumber suara. Itu dia Air Terjun Setawing.

Air terjunnya cantik, batuan tebingnya merupakan batuan gamping berwarna kuning keemasan. Air terjun yang jatuh dengan lembutnya membuat air terjun ini makin cantik saja. Di sekitar air terjun dibuat taman berkonsep nuansa pedesaan. Terdapat bangku-bangku dari bambu dan diletakan pas sekali untuk duduk bersantai menikmati air terjun Setawing. Tak perlu takut kelaparan dan kehausan, disekitar air terjun terdapat penjaja makanan-minuman atau bisa juga membelinya warung disekitar Pasar Jonggrangan.

Waktu terbaik mengunjungi air terjun ini saat musim hujan dan peralihan musim hujan menuju kemarau. Jika sudah musim kemarau debit air terjun berkurang dan mungkin parahnya, tidak ada air yang mengalir. Dan untuk menjaga agar air terjun ini tetap cantik, mari kita sebagai pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan tindakan vandalisme.


Selamat mengunjungi air terjun Setawing ini :)

Masih banyak air terjun disekitar setawing, untuk lebih lanjutnya bisa baca artikel saya sebelumnya disini >> Jalur Wisata Air Terjun di Kecamatan Girimulyo


13 komentar:

  1. Kayaknya PR ku ke Girimulyo masih banyak den....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi
      sama..PRku juga masih Akeh di Girimulyo >_<

      Hapus
  2. mantap tuh.
    perjalanannya gak gampang,
    tapi hasilnya nggak mengecewakan sama sekali ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhu bisa lihat si air terjun cantik ini ^^

      Hapus
  3. sipeeee... keren viewnya...

    BalasHapus
  4. Mantab nih mas, wajib banget disambangin... thanks liputannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi bener wajib dikunjungi saat musim penghujan kayak gini :)

      Hapus
  5. Waa seger tenan liat air terjunnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi klau berenang ya mba ^^

      Hapus
  6. kulon progo tiap sore sekarang hujan deras loh mas... kalau mau foto lagi kece banget loh, debitnya pada gede ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha siap miss ris,, ayo kita agendakan :D

      Hapus
  7. Kulon progo sipp kalo mudik mampir kesini ;-)

    BalasHapus