Minggu, 09 Januari 2022

Piknik Ke Pantai Gumuk Kantong, Muncar, Banyuwangi

Penampakan Pantai Gumuk Kantong Muncar

Pantai Gumuk Kantong belakangan ini popular dikunjungi oleh wisatawan lokal, baik wisatawan sekitar muncar dan Banyuwangi maupun wisatawan luar Banyuwangi yang kebetulan rumahnya di Banyuwangi atau sedang berlibur di Banyuwangi. Pantai Gumuk Kantong ini menjadi ramai karena beberapa inovasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis Gumuk Kantong) seperti Rumah Apung Gumuk Kantong sebagai tempat untuk wisata minat khusus memancing di tengah laut. Selain itu pohon-pohon cemara laut yang tumbuh di sekitar pantai membuat pantai Gumuk Kantong teduh dan tidak panas.

Rute Menuju Pantai Gumuk Kantong.

Pantai Gumuk Kantong ini terletak di Desa Sumbersewu Kecamatan Muncar Banyuwangi. Rute ke Pantai Gumuk Kantong dari Banyuwangi kota cukup mudah. Berangkat dari Banyuwangi kota ambil arah ke Rogojampi melewati Perempatan Gladag, melewat desa Wonosobo hingga sampai di pertigaan lampu lalu lintas Srono, ambil ke arah Muncar (belok kiri), ikuti jalan hingga ke perempatan lampu lalu lintas Tembok, ambil lurus ke arah Pelabuhan Muncar. Nanti belok ke kiri setelah Bank ATM BRI ke-3 di kiri jalan atau pertigaan Indomaret sebelum pasar Muncar. Ikuti jalan tersebut sampai mentok pertigaan yang ada plang petunjuk jalan pantai Gumuk Kantong. Ikuti plang tersebut hingga sampai ke Pantainya. Kalian hanya membayar tiket masuk Gumuk Kantong perorang 5.000 saja.

gapura masuk pantai gumuk kantong

Kesan pertama masuk kesana adalah sama seperti saya berkunjung di Pantai Satelit Muncar.

“wah di Muncar ada pantai sesejuk dan adem begini”

Muncar menurut saya salah satu tempat yang panasnya luar biasa, belum lagi polusi bau dari asap pabrik sarden yang kurang sedap jika tercium. Namun di Pantai Gumuk Kantong ini kesan saya tentang Muncar tadi berubah karena pantainya teduh karena banyak pepohonan dan kondisinya cukup bersih.

penjual makanan dan minuman di pantai gumuk kantong

Di bawah teduhan pohon cemara, terdapat beberapa warung penjaja makanan dan minuman yang menawarkan banyak pilihan. Saya melihat ada Kelapa Muda, berbagai merek kopi saset, minuman dingin Pelepas dahaga hingga makanan seperti Mie Kuah/Goreng, Nasi lauk ikan, snack jajanan dan lain-lainnya. Harganya terjangkau seperti minuman es milo yang saya pesan seharga 5.000 sama harganya seperti beli di Pantai Cacalan.

Sejarah Pantai Gumuk Kantong

gumuk atau bukit yang ada di dekat pantai gumuk kantong

Dinamakan Pantai Gumuk Kantong dikarenakan adanya sebuah Gumuk/Bukit/Gundukan di sekitar pantai, tepatnya gumuk tersebut ada di tengah komplek Tambak Udang. Gumuk tersebut ditumbuhi banyak pohon terutama yang jelas terlihat adalah pohon-pohon jati. Walau gumuknya berada di tengah tambak-tambak udang, pengelola tidak merusak bukit gumuk tersebut karena di gumuk tersebut terdapat Bungker. Bungker ini merupakan peninggalan era perang dunia ke-2 yang menjadi satu kesatuan benteng pertahanan yang sama dengan Bungker dan Meriam di Sembulungan. Benteng pertahanan ini menahan pasukan kapal musuh yang ingin menyerang dan masuk ke wilayah Muncar.

teduh banget ya pantai gumuk kantong ini

Pantai Gumuk Kantong cocok menjadi tempat wisata keluarga di Banyuwangi. Terlihat banyak yang datang Bersama keluarganya. Mereka duduk di tempat duduk yang disediakan secara bebas sambal mengemil makanan dan minuman yang mereka pesan. Terlihat juga anak-anak senang bermain Bersama ditepian pantai. Walau Pantai Gumuk Kantong yang memiliki berpasir hitam ini tempatnya cukup landai untuk bermain air di tepiannya, kita sebagai orang tua tetap wajib mengawasi anak-anaknya bermain.
perahu, rumah apung dan tanjung sembulungan yang terlihat dari jauh

Fasilitas yang ada di Pantai Gumuk Kantong cukup lengkap dari Kamar Mandi untuk Bilas dan Toilet, parkir mobil dan motor yang memadai. Penjual makanan dan minuman pun lengkap dan harganya terjangkau. Walau ada yang membersihkan Kawasan wisata pantainya bukan berarti kita bebas membuang sampah sembarangan. Tong sampah sudah tersedia cukup banyak, jadi harusnya bisa buang sampah pada tempatnya ya :).

Yuk Piknik dan wisata ke Pantai Gumuk Kantong.

  

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search