Waduk Lecari Dan Jajang Sebarong, Gambiran - Tempat Kuliner Banyuwangi Seru di Pinggir Waduk

15.26

Minggu kemarin, saya mencari bibit tanaman hias di daerah Jajag, Gambiran dan Yosomulyo sekalian paginya mampir sebentar ke wisata lokal Banyuwangi yang berusaha eksis kembali setelah sempat tak terurus. Namanya adalah Waduk Lecari, waduk kecil yang cukup lingkungannya cukup asri di tengah pedesaan.

Waduk Lecari terletak di Dusun Sumberejo, Desa Wringin Agung Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Dahulu Waduk ini diusulkan sebagai wisata agro perikanan dimana di tengah waduk terdapat keramba perternakan ikan nila. Namun berjalannya waktu, waduk tersebut tak terurus dan terlihat kumuh dan awal tahun 2020 atau sebelum pandemi Covid-19, waduk ini mulai berbenah untuk kembali eksis meramaikan destinasi wisata lokal di Banyuwangi.

Rute Menuju Waduk Lecari

Pertigaan SD N 1 Wringin Agung

Untuk ke Waduk Lecari ini dari Banyuwangi Kota atau Genteng cukup mudah. Jika kalian dari Kota Banyuwangi kalian bisa melewati rute Rogojampi-Srono-Benculuk- Lampu lalu lintas Jajag ambil lurus ke arah Gambiran sampai di pertigaan SD Negeri 1 Wringinagung ambil kiri masuk ke jalan bergapura Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Krasak. Ikuti jalan tersebut hingga Perempatan SD Negeri 3 Wringinagung lalu ambil kanan dan ikuti saja jalan sampai ketemu Petunjuk jalan Rumah Makan Jajang Sebarong ikuti petunjuk tersebut kalian akan sampai di Waduk Lecari. Rumah Makan Jajang Sebarong berada di pinggir Waduk Lecari.

Waduk Lecari terlihat cukup asri, sekelilingnya banyak sekali pepohonan, di daerah yang dibuka untuk wisata dominan ditumbuhi oleh jenis-jenis bambu, seperti bambu ori yang sangat tinggi mungkin bisa mencapai 25 meter (perkiraan saya saja). Keberadaan pohon-pohon tersebut membuat hawa di sekitar waduk lecari ini cukup sejuk bahkan pada saat siang hari.

Salah satu Menu di Jajang Sebarong, Nasi Sambel Wader

Waduk Lecari mulai menggeliat lagi karena ada rumah makan keluarga atau resto keluarga Jajang Sebarong yang punya konsep menarik yaitu menyediakan tempat makan dipinggir waduk Lecari berbentuk saung-saung atau gazebo santai. Selain itu juga ada meja kursi yang berada di teduhan rumpun bambu. Menu di Jajang Sebarong cukup banyak berupa Nasi Sambal dengan pilihan lauk yang beragam dengan harga mulai 8.000 sampai 17.000. Ada juga pilihan camilan snack seperti Gorengan, Kentang Goreng, Piscok Keju dan lainnya dengan kisaran harga 5.000-8.000 saja. Minumannya pun bisa dibilang murah dari 3.000 hingga 10.000.

Di waduk lecari juga ada wahana bermain seperti perahu bebek yang bisa di sewa seharga 15.000 untuk sepuasnya jika sedang sepi dan jika sedang ramai akan ada batas waktu sehingga bisa bergantian dengan pengunjung lainnya. Selain itu, ada kapal perahu jukung yang bisa mengantar pengunjung untuk berkeliling waduk, melihat sisi lain waduk sebelah hulu yang katanya ada keramba peternakan ikan yang dahulunya memenuhi tengah waduk ini. Untuk naik perahu jukung ini kalian hanya membayar sebesar 6.000 saja.

Piknik Keluarga ke Waduk Lecari

Di sebelah rumah makan Jajang Sebarong terdapat hutan bambu yang rimbun, disekitarnya sedang ada pembangunan namun saya belum tahu akan dikelola seperti apa nantinya area hutan bambu tersebut. Cuma saya membayangkan membuat pasar jajanan tradisional mingguan dengan konsep mirip pasar papringan di temanggung atau Pasar Wit-Witan yang ada di Alas Malang, Singojuruh.

Waduk Lecari dengan Rumah Makan Jajang Sebarong ini menurut saya sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin mencari tempat makan atau resto yang cocok untuk kumpul bersama keluarga. Sambil menunggu makanan selesai dimasak dan disajikan kalian bisa ngobrol-ngobrol menikmati suasana waduk atau berkeliling danau dengan menyewa perahu bebek atau menggunakan jasa perahu jukung.

Video Suasana Waduk Lecari.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/mdeXtDzHhZE" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>


You Might Also Like

1 kesan dari teman

  1. Berarti ada hikmahnya ya Lan ada pandemi, tempat wisata bisa dibenahi. Jadi ngiler aku lihat nasi ikan wader. Pedes itu ya? Murah banget mulai dari 8 ribuan. Kapan ya bisa ke Banyuwangi, moga pandemi segera berhenti.

    BalasHapus

Recent Posts

Like my Fanspage Facebook