Wisata Goa Sodong, Banyuwangi - Pemandian Alam di Hutan Daerah Giri

09.22

Pemandian Alam Goa Sodong, Banyuwangi
Wilayah Barat Banyuwangi hampir seluruhnya adalah daerah pegunungan yang kondisi hutannya masih terjaga, sehingga tidak aneh jika banyak sumber air-sumber air di Banyuwangi. Kali ini saya mampir ke sumber air yang didalamnya punya sejarah keislaman. Lokasinya dekat Desa Kemiren sehingga setelah mencari sarapan di Pasar Jajanan Khas Osing pada hari Minggu pagi, saya melanjutkan untuk mampir ke Gowa Sodong atau lebih terkenal oleh warga setempat adalah WGS (Wisata Gowa Sodong).

Wisata Gowa Sodong atau Gua Sodong terletak di Dusun Pelinggihan, Desa Grogol Kecamatan Giri Banyuwangi. Gowa Sodong mulai dibuka untuk wisata Tahun 2018 lalu, namun saya baru punya kesempatan piknik akhir pekan disana kemarin minggu. Tidak menyangka tempatnya berada di pinggiran hutan dan jauh dari keramaian hingga disana hanya terdengar gemerincik air, suara burung dan suara-suara cerianya pengunjung yang sedang bermain air.


Rute menuju Goa Sodong dari Kota Banyuwangi.
Letaknya di Kecamatan Giri sehingga tempat ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Ada dua pilihan rute untuk menuju wisata Goa Sodong. Rute lewat Penataban dan rute melewati desa Kemiren. Rute Penataban kalian bisa melewati Jalan Brawijaya ke arah ketapang, sebelum sip hal ada pertigaan kecil ambil arah ke barat atau ke kiri (Jalan Akasia). Ikuti jalan tersebut menyebrangi rel kereta api hingga sampai pertigaan balai desa Grogol. Dari depan Balai Desa Grogol akan ada petunjuk jalan berupa spanduk Wisata Goa Sodong, kalian tinggal ikuti jalan saja. 
Gapura gang masuk ke Wisata Goa Sodong
Jika kalian memilih rute desa Kemiren, arahkan kendaraan ke Desa Kemiren, pertigaan sebelum Pesantogan Kemangi, belok ke kanan atau ke utara, melewati kolam renang taman wisata osing dan sampai di perempatan besar, ambil arah utara atau lurus melewati desa Jambesari. Dari sini kalian tinggal ikuti jalan aspal saja hingga ketemu gapura masuk ke Wisata Goa Sodong. Jika kalian membawa kendaraan mobil kalian bisa memarkirkan kendaraan di dekat gapura karena mobil tidak bisa masuk sampai dalam. Untuk memasuk ke tempat wisata Goa Sodong kita harus membayar tiket masuk seharga Rp 4.000 per orang. 

Goa Sodong
Dari parkiran dan loket masuk, kita harus menyebrangi sungai kecil dengan menggunakan jembatan Bambu. Sampai di Sebrang terlihat rimbunnya objek wisata Goa Sodong. Banyak pohon-pohon buah yang sudah tinggi seperti Durian, Kepundung dan Manggis. Dibawah jembatan kayu terdapat mata air yang keluar melalui pipa, mata air tersebut berasal dari dalam Goa Sodong. Walau kondisi mulut goanya cukup kecil, namun di dalam goanya cukup besar seperti sebuah aula. Sekarang kondisi goa sudah ditutup sementara karena takut terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Menurut Pak Ali, pemilik kebun di Wisata Goa Sodong, Sodong diambil dari suku kata Sidang dimana lokasi ini sejak dulu digunakan sebagai tempat bersidang atau bermusyawarah oleh para Wali dan Ulama. Bisa dijelaskan karena ditemukannya makam Syekh Ali Muhammad Al- Magrobi yang letaknya berada tidak jauh dari Wisata Goa Sodong. Namun karena masih dalam tahap perbaikan, jadi saya belum bisa mengunjungi makam beliau.

Shelter dan Kursi untuk menikmati alamnya Goa Sodong
Setelah melihat kondisi Goa Sodong, saya lanjut berjalan mengikuti jalan setapak ke arah kolam pemandian. Terlihat dibawah pepohonan ada beberapa shelter yang dibuat sederhana dari bambu dan kayu. Di sekitar shelter terdapat warung-warung milik warga setempat, kalian bisa memesan makanan dan minuman yang dijajakan mereka saat berkunjung kesini. Dari shelter kita juga bisa mengawasi anak-anak bermain di kolam pemandian alami di Wisata Goa Sodong.
Kolam untuk anak-anak
Kolam pemandian di Wisata Goa Sodong ada dua, untuk anak-anak yang berada agak atas. letaknya agak kecil sehingga anak-anak mungkin tidak leluasa untuk berenang. Di lokasi area untuk anak-anak, juga kadang digunakan oleh orang dewasa karena di kolam tersebut tempat pertemuan 7 mata air yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit. Pertemuan 7 mata air sangat jarang. Baru ada dua tempat di Banyuwangi yaitu di Sendang Seruni dan Goa Sodong.
Kolam untuk orang Dewasa
Agak kebawah terdapat kolam semi alami yang dibuat untuk kolam renang dewasa yang kedalamannya mencapai 120-150 cm. Anak-anak yang tidak bisa berenang tidak dianjurkan berenang dan bermain air disini. Sayangnya sejauh yang saya lihat tidak ada penyewaan ban juga. Mau tidak mau harus membawa sendiri dari rumah. Seperti ibu yang membawakan anaknya ban bentuk bebek. Rasanya seru sekali bisa melihat anaknya dengan riang bermain air dengan ban tersebut.
Asik kan main air disini
Walau terbilang cukup lama, Wisata Goa Sodong belum terlalu ramai dikunjungi. Mungkin karena dulu saat dibuka jalan menuju ke Goa Sodong masih belum bagus dan kini sudah diaspal baik kalian yang ingin melewati rute penataban atau lewat rute desa Kemiren. Jika kalian mencari suasana wisata alam baru di Banyuwangi, coba deh mampir ke Wisata Goa Sodong di daerah Giri ini.

Tonton Videonya jangan lupa bantu Subscribe biar saya semangat bikin konten lagi haha. Terima Kasih




You Might Also Like

2 kesan dari teman

  1. Kalau lihat beginian bawaannya pengen ke Banyuwangi ahahhahaha.
    Pokoknya tahun ini kudu dolan ke sana. Entah main ke manapun jadi akakakkakaa

    BalasHapus
  2. sayang bgt gak ada yang nyewain ban.. yakin bakal rame yg nyewa kalau ada, apalagi anak2 kecil..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook