Serunya Bermain Air Di Sendang Seruni - Banyuwangi

16.37

Sendang Seruni dari Atas

Cuaca Banyuwangi sedang panas-panasnya, hujan sebenarnya udah turun namun merata. Bawaannya enak kalau membuat minuman dingin atau berendam di kolam renang, apalagi kolam renang alami yang airnya berasal dari sumber air pegunungan yang airnya cukup dingin. Nah dekat Kawah Ijen ada Sumber Air yang dimanfaatkan sebagai wisata alam pemandian, Namanya Sendang Seruni.

Sendang Seruni merupakan salah satu tempat pemandian alami di Banyuwangi. Letaknya berada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Sendang Seruni ini mencuat karena di duga merupakan sendang yang disebutkan di cerita Desa KKN Penari, memang secara lokasi berada di dekat hutan namun tebakan tersebut salah.


Rute ke Sendang Seruni
Rute menuju ke Sendang Seruni dari Kota Banyuwangi cukup mudah kok. Kalian tinggal mengambil arah menuju Kawah Ijen melewati Desa Olehsari – Desa Glagah- Jelun – Pasar Licin ambil ke kanan – ikuti jalan sampai ketemu gapura jalan Grand Harvest – ikuti jalan Paving tersebut hingga menemukan petunjuk jalan ke Sendang Seruni, dengan mengikuti petunjuk jalan tersebut, kalian akan sampai ke Parkiran Kendaraan Roda Dua dan Loket Masuk. Untuk kalian yang membawa kendaraan roda 4 parkir kendaraan bisa di halaman rumah warga di depan Gapura masuk Sendang Seruni. Untuk memasuki area wisata Sendang Seruni, harga tiket masuk Rp. 5.000/orang dan parkir motor Rp. 2.000 dan Mobil Rp. 5.000 saja, cukup murah kan.
Ada petunjuk jalan ke Seruni menuju ke kawah Ijen
Sejarah Sendang Seruni
Sendang Seruni punya kisah, dulunya ada dua sumber air kembar di tengah hutan namun seiring berjalannya waktu salah satu sumbernya tersumbat akar pohon yang rubuh, namun seiring berjalannya waktu muncul beberapa sumber disekitarnya dan hingga kini ada 7 buah sumber air yang mengelilingi sendang tersebut, tiga diantaranya berada di dasar sendang seruni. Penamaan Seruni sudah ada sejak dahulu, Dulunya di Sumber Seruni ini tumbuh tumbuhan Seruni yang bunganya mudah dikenali karena warnanya cukup cerah, hingga kini Tumbuhan Seruni dapat ditemui di Sendang Seruni.
Kembang dari Tumbuhan Seruni
Air Jernih dari Sendang Seruni
Sendang Seruni ini tempat asik buat mandi. Karena airnya berasal dari mata air dalam tanah, airnya sejuk sekali, rasanya bisa menghilangkan rasa lelah dan menyegarkan seluruh tubuh jika berendam disini. Apalagi Sendang Seruni letaknya dekat dan searah dengan Kawah Ijen jadi setelah kalian lelah keringetan mendaki kawah ijen, kalian bisa mampir mandi dan berenang di Sendang Seruni ini. Kedalaman air sendang seruni ini sekitar 130-160 cm. Kedalamannya pas sekali untuk berenang, atau sekedar berendam dan bermain air dengan menggunakan ban yang bisa di sewa. Untuk anak-anak, pihak pengelola sedang menyiapkan kolam semi alami untuk anak-anak sehingga nantinya anak-anak bisa bermain air dengan aman.

Teh Panas yang bisa dipesan di Kantin Sendang Seruni

Di Sendang Seruni Bisa buat acara Perkemahan Juga
Fasilitas yang ada di Sendang Seruni ini menurut saya sudah cukup lengkap. Sudah ada kamar mandi, kamar ganti dan musholla. Ada Gazebo atau Balai Santai yang dibangun mengelilingi Sendang, Balai Santai ini bisa digunakan secara gratis oleh para pengunjung yang datang kesini. Ada juga warung-warung masyarakat sekitar yang menyediakan makanan ringan, indomie, gorengan dan minuman hangat. Memang pas sekali, berendam di air yang dingin dan minum teh panas setelahnya.

Sendang Seruni ini masuk dari daftar salah satu dari tempat mandi atau kolam renang dengan suasana alam di Banyuwangi versi catatannobi. Pemandian Sendang Seruni ini asik untuk dikunjungi, selain airnya menyegarkan, suasananya yang masih asri bisa membuat diri kembali segar bugar kembali. Letaknya yang dekat dengan kawah ijen membuat tempat ini cocok untuk kalian kunjungi setelah mendaki kawah ijen.

Tertarik mandi di Sendang Seruni, Banyuwangi kan :)

You Might Also Like

3 kesan dari teman

  1. Itu tadi namanya tumbuhan Seruni, toh? Hahahhaha
    Kalau bahasa id kampungku Rembete'.

    BalasHapus
  2. Airnya bening banget,, bikin pengen nyebur.

    Aku baru tahu tuh kembang seruni penampakannya kaya gitu. Warnanya cakep.

    BalasHapus
  3. Keren pengen ksana tapi tempatnya dmna tu

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook