Air Terjun Idris - Air Terjun Di Dekat Kampung Ikan, Desa Kluncing, Banyuwangi

06.38

Air Terjun Idris, Desa Kluncing Banyuwangi

Di kaki Gunung Ranti dan Kawah Ijen, terdapat sebuah dusun yang diberi nama Kampung Ikan. Disebut Kampung Ikan karena disana merupakan kampung peternak ikan air tawar sejak dahulu. Letaknya yang berada dekat kawasan pegunungan membuat kampung Ikan di Banyuwangi ini punya pemandangan alam yang indah, sumber air yang mengalir jernih juga terdapat beberapa air terjun salah satunya adalah Air Terjun Idris atau lebih dikenal dengan Grujugan Idris.

Grujugan Idris terletak di Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Saya tau keberadaan air terjun tersebut karena diajak oleh Mas Hartono, Pemuda Kampung Ikan di Desa Kluncing tersebut. Penamaan Grujugan Idris diambil dari nama sumber air atau mata air yang ada di dekat air terjun Idris.

Rute ke Air Terjun/Grujugan Idris
Air Terjun Idris Jalan Kaki menyelusuri Sawah
Untuk menuju Air Terjun Idris dari kota Banyuwangi cukup mudah kok. Dari Banyuwangi harus ke menuju Kampung Ikan, Desa Kluncing. Kalian tinggal mengarahkan kendaraan searah menuju Kawah Ijen melewati Desa Olehsari- Desa Glagah hingga sampai di pertigaan Pasar Licin ambil ke kiri ke arah Pakel. Dari sini jalan akan berkeok-kelok, kita harus ekstra hati-hati mengendarai kendaraan. Lalu akan melewati Desa Segobang dan sampai ke Desa Kluncing. Grujugan Idris berada di pinggir area persawahan dekat SMP 2 Licin. Setelah melewati persawahan, kalian akan menuruni jurang mengikuti jalan setapak yang ada karena air terjunnya ada di bawah jurang tersebut. Jika ragu, kalian bisa ke Kampung Ikan siapa tau ada warga yang bisa diajak untuk mengantar ke Air Terjun Idris tersebut.

pemandangan air terjun Idris dari ketinggian
Air terjun Idris terletak di sebuah jurang yang ditumbuhi oleh banyak tumbuhan dan pepohonan seperti bambu dan pohon aren. Air Terjun Idris mempunyai ketinggian sekitar 10 meter, dibawahnya terdapat kedung atau cekungan alami membentuk sebuah kolam yang kedalamannya sekitar 2-3 meter, jadi yang tidak bisa berenang jangan nekat menceburkan ke ckungan kolam tersebut ya. Dengan ketinggian sekitar 10 meter dan kedalaman 2-3 meter. Mas Hartono dan temannya pun mencoba loncat dari air terjun tersebut. Seketika saya iri dengan mereka yang bisa berenang haha.

Sumber air di bawah air terjun Idris
Mendengar nama Idris, saya langsung inget nama Nabi Idris AS. Beliau diceritakan dalam kisah 25 Nabi. Penamaan Idris karena di air terjun tersebut terdapat mata air yang keluar dari celah bebatuan. Air Terjun Idris ini juga punya cerita unik bahwa dulunya disekitar air terjun, ada pohon Aren cukup besar, pohon tersebut menjelma jadi ular besar di sekitar air terjun. Mungkin kisah ini bisa saja merupakan karangan jaman dahulu agar anak-anak desa setempat tidak sembarangan main ke air terjun Idris ini mengingat kolam alaminya mempunyai kedalaman sedalam 3 meter.

Berkunjung ke Kampung Ikan jangan Lupa main juga ke air terjun Idris
Saya kesini Bulan Oktober 2019, fasilitas yang disediakan belum ada. Namun Pemuda setempat sudah punya rencana untuk membuka air terjun dan menyediakan beberapa fasilitas. Terlihat dengan adanya kegiatan kerjabakti membersihkan lahan sekitar air terjun dan memperbaiki kondisi jalan setapak. Daripada potensi alam seperti air terjun Idris ini didiamkan begitu saja, lebh baik dikelola pemuda desa apalagi ini merupakan kegiatan yang positif dan bisa memajukan ekonomi desa.

Tertarik berkunjung ke Air Terjun Idris ini, jangan lupa mampir dulu ke Kampung Ikan, Kluncing ya.

You Might Also Like

1 kesan dari teman

  1. Sebetulnya saya tertarik sih ke air terjun Idris ini. Dengan daerah Licin yang sudah lumayan familiar bagi saya, kayaknya mudah dicapainya. Tapi kalo kedalamannya 3 meter, saya lumayan takut juga, apalagi kalo di sekitarnya belom dibangun sistem keamanan macam menara pengawas dan lain sebagainya.

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook