Kampung Ikan Kluncing, Kampung Wisata Edukasi di Banyuwangi

15.50



Di kaki Gunung Ranti dan Kawah Ijen, terdapat sebuah dusun yang diberi nama Kampung Ikan. Disebut Kampung Ikan karena disana merupakan kampung peternak ikan air tawar sejak dahulu. Bagaimana tidak, kondisi alam kampung ikan mendukung sekali karena ada air jernih yang mengalir setiap waktu sehingga ikan yang diternakan bisa tumbuh dengan baik.

Kampung Ikan ini berhasil membuat orang-orang penasaran karena warga kampung ikan memelihara ikan di saluran irigasi persawahan yang melewati kampungnya. Belum lagi inovasi menggabungkan pertanian sawah dengan peternakan ikan air tawar. Satu lahan bisa dapat dua keuntungan.


Rute Menuju Kampung Ikan Dari Banyuwangi Kota
Kampung Ikan ini berada di Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Berada persis di pinggir jalan alternatif dari Rogojampi menuju Kawah Ijen lewat Pakel. Untuk menuju Kampung Ikan Banyuwangi ini cukup mudah kok. Dari Kota Banyuwangi kalian tinggal ambil arah menuju Kawah Ijen melewati Desa Olehsari-Desa Glagah lalu sampai di pertigaan pasar Licin ambil ke kiri menuju Desa Segobang. Di Desa Segobang Jalan berkelok dan naik turun, kita perlu hati-hati disini. Setelah melewati desa Segobang akan masuk desa Kluncing dan Kampung Ikan berada di kanan jalan dekat dengan Balai Desa Kluncing.  

Pemandangan Di Desa Kluncing, terlihat Gunung Pendil
Sampai di Kampung Ikan saya langsung menuju saluran irigasi dengan menyelusuri tangga turun di kampung ikan. Air irigasinya bening sekali, cukup sejuk dan di tepian saluran ada kotak bambu yang di dalamnya ada ikan-ikan peliharaan milik warga kampung ikan. Ikan tersebut ada yang masih bibit beberapa ada yang ukurannya cukup besar. Ikan di dalam kotak tersebut nantinya bisa dibeli oleh pengunjung yang tertarik untuk membawa ikannya. Di saluran air irigasi, ditaruh indukan dari Ikan Koi dan Tombro sebagai daya tarik dan ciri khas dari Kampung Ikan Kluncing, Banyuwangi. Selain Ikan Koi dan Tombro, masyarakat kampung ikan juga memelihara Ikan Mas, Nila, Bawal dan Lele.

membersihkan ikan dari jamur
Kata warga kampung ikan, dulu saluran irigasi ini kotor sekali. Limbah rumah tangga dan kotoran menumpuk disana dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Mulai dari keprihatinan dari hal tersebut, warga setempat mulai membersihkan saluran irigasi tersebut menjadi bersih kembali, setelah bersih lalu menaruh bibit dan indukan ikan di saluran irigasi tersebut. Dilakukan hal tersebut agar membuat perubahan perilaku untuk tidak membuang sampah dan kotoran sembarangan kembali dan sama-sama menjaga kebersihan saluran irigasi tersebut.

Minapadi di Desa Kluncing, Banyuwangi
Selain itu, mereka juga melakukan budidaya ikan yang dikombinasikan dengan peternakan ikan (Pertanian Minapadi). Bibit ikan yang dipindahkan dan dipelihara di area persawahan hanya yang sudah berumur 1 bulan. Pertanian Minapadi ini menguntungkan karena petani bisa mendapatkan hasil lebih dari penjualan ikan dan mendapatkan pupuk gratis dari kotoran ikan yang ada di sawah mereka. Penggunaan sistem minapadi otomatis membuat sistem pertanian mereka juga organik dengan tidak menggunakan bahan kimia sehingga harga padi mereka bisa meningkat.

pengunjung memberi makan indukan ikan
Tidak hanya padi dan ikan. Di Kampung Ikan juga terdapat budidaya tanaman Genjer yang biasa mereka jual di Pasar Rogojampi. Genjer ini biasanya dimasak oseng-oseng oleh warga setempat. Berdekatan dengan hutan sehingga disini juga ada petani pohon aren yang hasil air niranya diolah menjadi gula aren dan Sajeng (bahasa osing) atau lebih dikenal Legen. Di dekat kampung ikan juga ada beberapa air terjun. Saya sempat mengunjungi salah satu air terjun yaitu Air Terjun yang letaknya hanya 20 menit jalan kaki dari Kampung Ikan. Namanya Air Terjun Idris atau masyarakat lokal menyebutnya Grujugan Idris. Tulisan tentang Air Terjun Idris bisa dibaca disini (klik) > Air Terjun Idris 

Air Terjun di Desa Kluncing
Kampung Ikan di Desa Kluncing, Banyuwangi ini sangat menarik dan banyak potensi-potensi wisata edukasi tentang alam yang perlu banyak digali. Beberapa bulan kedepan desa ini sudah mulai berbenah dan siap menjadi wisata Edukasi baru di Banyuwangi.

Kalau sedang berada di Banyuwangi coba sempatkan mampir ke Kampung Ikan Kluncing ya.

You Might Also Like

2 kesan dari teman

  1. Kalau Minapadi sudah biasa ada di seputaran Pakem, tapi kalau di selokan jarang lihat. Pernah tahu di arah tanjakan ke Candi Ratu Boko ada. Tapi entah sekarang. Ntar kalau pas musim ujan kudu ekstra mikir, bagaimana biar airnya nggak membludak dan ikan tetap aman heheheheh

    BalasHapus
  2. kupikir tadi di jepang. keren!!!

    BalasHapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook