9 Tempat Ngabuburit Seru Di Banyuwangi

15.33

Tempat Ngerandu Buko di Banyuwangi
Ngerandu Buko (bahasa Osing), jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya Menunggu waktu berbuka yang lebih dikenal dalam kata Ngabuburit. Ngabuburit di Banyuwangi menurut saya punya banyak tempat pilihan. Mulai dari Tempat wisata seperti Pantai, Taman, bisa juga Pasar Ramadan. Berikut saya rangkum 9 Tempat Ngabuburit Asik di Banyuwangi.

1. Pantai Pulau Merah
Walau Jauh, Ngabuburit di Pulau Merah ini menarik. Selain mengasikan menikmati semilir angin sore di pinggiran pantai, kalian juga bisa melihat pemandangan senja di pinggir pantai pulau merah yang terkenal keindanhannya. Jika kalian ingin berangkat Ngabuburit dan melihat senja di Pulau Merah dari Banyuwangi kota, saya sarankan untuk berangkat jam 13.00 atau paling lambat jam 14.00 karena perjalanan ke Pulau Merah dari Kota Banyuwangi sekitar 2 Jam perjalanan.

2. Djawatan Benculuk

Hutan yang mempunyai pohon-pohon Trembesi Unik yang ditumbuhi jenis tumbuhan paku pada batangnya. Selain itu, pohon-pohon Trembesi tersebut ditaksir ditanam pada masa VOC dan penjajahan Belanda, jadi sudah berumur sekitar 300 tahun lebih. Ke Djawatan Benculuk sore-sore itu enak, suasana lebih sejuk dan rasanya untuk foto-foto juga enak. Jika beruntung dapat menemukan ada cahaya-cahaya matahari yang melewati celah-celah dahan pohon-pohon  trembesi. Cahaya tersebut menambah takjubnya suasana sore di Djawatan Benculuk.

3. Pantai Pancur
Pantai Pancur mempunyai keindahan panorama pantai dan senja tidak kalah dengan Pulau Merah. Karena letak pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, tidak aneh jika ditepian pantai Pancur berjumpa dengan monyet atau rusa yang sedang bermain di pinggiran pantai. jika kalian ingin ngabuburit dan melihat senja di Pantai Pancur dari Kota Banyuwangi kalian bisa berangkat maksimal jam 14.00 agar sampai sana bisa menikmati suasana pantai agak lama. Berangkat lebih siang pun tidak apa-apa, sehingga kalian bisa mampir ke tempat wisata lain TN Alas Purwo seperti Savana Sadengan.

4. Agro Wisata Tamansuruh
Agro Wisata Tamansuruh ini menjadi tempat wisata baru di Banyuwangi. Sebelumnya tempat ini merupakan bekas Pameran Agro Expo Banyuwangi tahun 2019 yang akhirnya dijadikan tempat wisata. Selama Bulan Puasa, Tempat ini buka hari Jum’at, Sabtu dan Minggu mulai jam 09.00 pagi. Tempat yang asik selain bisa foto-foto bersama bunga-bunga juga bisa menjadi tempat wisata edukasi yang asik untuk mengenalkan tanaman pertanian dan peternakan kepada anak-anak. Agro Wisata Tamansuruh katanya juga akan buka setelah Lebaran H+2 dan seterusnya loh.
Dari Kota Banyuwangi ke Agro Wisata Tamansuruh cukup mudah karena letaknya dekat dengan air terjun Jagir. Kalian tinggal menuju arah Kawah Ijen, Melewati Rel Kereta Api, Pertigaan Patung Barong ambil arah ke barat, setelah melewati desa Kemiren, Warung Kemaran dan pemandian Tamansuruh, nanti akan ada gapura dan baliho bertuliskan Agro Wisata Tamansuruh atau Agro Expo.

5. Pantai Cacalan
Pantai ini cukup terkenal, letaknya juga tidak jauh dari kota juga karena adanya kafetaria di pinggir pantai membuat pantai ini cocok menjadi pilihan tempat Ngabuburit Di Banyuwangi. Sambil menunggu waktu berbuka, bisa menikmati angin pantai sepoi-sepoi atau bisa juga berjalan ke sisi selatan pantai Cacalan ada penyewaan perahu kano untuk bermain air di wahana hutan mangrovenya. Selengkapnya tentang pantai cacalan bisa klik disini

6. Pasar Ramadan Taman Blambangan
Berada di pusat Kota Banyuwangi tepatnya di Taman Blambangan sebelah Barat. Menurut pengheliatan saya, pasar Ramadan di Taman Blambangan ini menjadi Favorit warga Banyuwangi dalam mencari makanan takjil dan minuman untuk berbuka. Cukup banyak pilihannya, yang saya suka adalah makanan seafood dan es jeruk peras murninya. Sesudah dapat makanan pilihan, tinggal melipir ke Taman Blambangannya mencari tempat duduk nyaman untuk ngobrol dan menunggu waktu berbuka.

7. Pantai Marina Boom
Sama seperti pantai Cacalan, Pantai Marina Boom ini terkenal akan pemandangan Sunrisenya. Pantai Marina Banyuwangi ini punya fasilitas yang lengkap dari Kantin untuk membeli makanan berbuka, musholla, dan kamar mandi. Sambil menunggu waktu berbuka kalian bisa bermain di pinggiran pantainya atau duduk-duduk di dermaga batu sebelah utara pantai. Jika cuaca mendukung, kalian juga bisa melihat panorama 4 (empat) gunung di Banyuwangi yang terlihat dengan latar pemandangan Senja.

8. Puncak Asmoro
Mempunyai Panorama yang menarik. Di Puncak Asmoro kita bisa melihat Gunung Meranti dan Merapi Ungup-Ungup (Kawah Ijen) dari dekat juga bisa melihat pemandangan perairan selat bali dari ketinggian. Jika cuaca cerah, bisa melihat senja dengan latar formasi gunung yang ada di perbatasan Banyuwangi-Bondowoso. Sayangnya untuk ke Puncak Asmoro belum bisa ditempuh kendaraan roda empat, hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua karena akses jalan belum lebar. Selengkapnya tentang Puncak Asmoro bisa diklik disini


9. Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Licin atau lebih tepatnya berada di dalam komplek Java Jiwa Ijen Resort. Untuk memasuki Taman Gandrung Terakota kita bisa membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang. Selain bisa foto-foto, disana kita bisa melihat taman yang dipenuhi oleh patung gandrung dari terakota dan suasana kaki gunung dan pedesaan yang sejuk. Ada resto dan kafe yang makanan dan minumannya bisa dibeli untuk berbuka puasa. Pilihan lain, kita juga bisa membeli makanan berbuka puasa mengingat daerah sepanjang jalan licin ke arah banyuwangi banyak tempat makan ala pedesaan. Selengkapnya tentang Taman Gandrung Terakota bisa klik di sini

Mungkin masih banyak tempat seru buat Ngerandu Buko atau Ngabuburit Seru Di Banyuwangi. Jika teman-teman punya rekomendasi tempat buat ngabuburit di Banyuwangi bisa ditulis di kolom komentar ya :)

Selamat Berpuasa di Bulan Suci Ramadan :)

You Might Also Like

4 kesan dari teman

  1. Aku suka sama wisata agro tuh bang, asik buat ngeliat sunrise pagi2, pulau Bali nya jelas pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dan lokasinya pagi atau sore anginnya sejuk bener

      Hapus
  2. pulau merah tuh apa sebagus di foto si mas? kok tiap kali mau kesana, selalu dibilang "biasa aja pantainya"

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap kadang selera orang menilai kan beda2 hehe..
      ini dpt senja kayak di foto sering di musim kemarau.. musim penghujan sering zonk haha..

      Hapus

Recent Posts

Instagram

Like my Fanspage Facebook