11 Pilihan Pantai di Gunungkidul Untuk Piknikmu Bersama Keluarga dan Sahabat

, , 26 comments


Gunungkidul sudah menjadi pilihan destinasi liburan wisatawan saat berkunjung di Jogja. Yah memang tidak bisa diragukan lagi, Gunungkidul mempunyai segudang wisata alam termasuk pantai-pantainya yg mempunyai keindahan panorama yang tidak bisa terbantahkan. Diapit bukit-bukit Karst, berpasir putih, dan pantai-pantainya memiliki ciri yang khasnya tersendiri. Piknik bersama keluarga di pantai masih menjadi pilihan, mungkin karena piknik di pantai mudah di jangkau tidak perlu melewati medan yang panjang dengan berjalan kaki. Yah pada dasarnya piknik bersama keluarga itu intinya berkumpul. Momen lebaran, momen yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga, apalagi jika sebagian anggota keluarga kita ada yg merantau atau sudah tinggal ditempat berbeda. Saya coba memberi masukan, pantai-pantai di Gunungkidul yang cocok untuk piknik keluarga.


(petanya Pantai Gunungkidul versi www.catatannobi.com )

Menuju ke pantai di Gunungkidul bisa melewati yaitu dari Kota Jogja melewati Jalan Wonosari sampai hampir memasuki kota Wonosari dan Kota Wonosari sudah mulai terlihat papan petunjuk jalan menuju ke arah pantai-pantai di Gunungkidul. Rute lain untuk ke pantai Gunungkidul bisa lewat daerah Selopamioro, Imogiri. Dari kota Jogja tinggal mengarahkan kendaraan ke jalan Imogiri Timur lalu mengarahkan kendaraan mengikuti petunjuk jalan ke Selopamioro, sampai diatas  perbukitan nanti akan ada petunjuk jalan lagi yang mengarahkan kita ke pantai-pantai di Gunungkidul.
Berikut pantai –pantai Gunungkidul untuk Piknikmu bersama keluarga dan 

  1. Pantai Jungwok
Pantai Jungwok
Jungwok, sekilas penamaan pantainya berbahasa Korsel, namun pantai ini berada di Gunungkidul, tepatnya bersebelahan timur dengan pantai Wediombo. Pantai ini memiliki pasir yang cukup luas, cukup menyenangkan membawa keluarga kita piknik bersantai disini. Keberadaan pulau di tengah lautnya membuat pemandangan pantainya sedikit eksotis. Menuju ke Pantai ini cukup mudah, kita hanya tinggal menuju kota wonosari dari Jogja lalu mengambil jalan Baron dan ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke pantai Siung atau Wediombo. Ikuti saja petunjuknya melewati pantai Siung dan akan sampai tempat pemungutan retribusi pantai Wediombo. Mendekati pantai Wediombo akan ada papan petunjuk jalan menuju Pantai Jungwok ini. Foto lain bisa klik link ini ( Pagi-pagi ke Pantai Jungwok)

  1. Pantai Wediombo
pantai Wediombo
Letaknya cukup jauh dari kota Jogja namun pemandangan di pantai ini cukup indah untuk kalian nikmati bersama keluarga, terlebih lagi pemandangan senja di pantai Wediombo terkenal dikalangan fotografer karena Sunsetnya yang indah. Pantai ini mempunyai pasir yang cukup luas, pohon peneduh yang membuat kita bisa menggelar tiker di atas pasir pantai ini. Disini juga terdapat warung-warung yang menjual makan dan minuman jika anda tidak membawa bekal tersebut dari rumah.  Wediombo mempunyai karang-karang hitam yang khas dan terdapat pula kolam renang alami yang terisi dari pecahan ombak laut yang masuk ke celah diantara dua karang hitam besar.

  1. Pantai Siung
Pantai Siung
Pantai suing, pantai yang letaknya di sebelah baratnya Wediombo. Pantai ini terkenal sebagai spot panjat tebing yang menantang. Karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan keamanannya terjamin, Pantai ini sering kali menjadi pilihan untuk kemping ceria, menikmati pemandangan pantai malam hari dengan taburan bintang di langit.

  1. Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal dari atas bukit sebelah barat
Pantai yang cukup ngehits dalam 3 tahun terakhir ini, Pantai ini ramai selain berkat Pohon satu di tepian pantai, pantai ini juga memiliki pasir pantai yang cukup luas, dan leluasa untuk bermain-main, belum lagi dua bukit yang mengapit pantainya bisa kita naiki. Bukit Panjung salah satunya, bukit sebelah baratnya Pok Tunggal, dari sana kita bisa melihat senja yang cantik tentunya saat cuaca sedang baik :)

  1. Pantai Indrayanti

Awal mulanya pantai ini namanya pantai Pulang Syawal, namun kehadiran cafe kecil dipinggir pantainya lambat laun membuat pantai tersebut terkenal dengan nama Pantai Indrayanti. Piknik Keluarga di Pantai ini kita tak perlu membawa makanan dari rumah, cukup dengan datang dan bisa memesan di cafenya tersebut. Namun jika mengunjungi ke Pantai ini saat libur panjang, jangan begitu kaget karena banyak orang memenuhi pantai ini.

  1. Pantai Ngandong-Pantai Sadranan
pantai Sadranan
Kedua pantai ini bersebelahan, yang membatasi hanya sebuah pulau di tengah lautnya. Sebelah timur pulau adalah pantai Ngandong, sebelah timurnya adalah pantai Sadranan. Namun kedua pantai ini punya karakter yang berbeda-beda. Pada pantai Ngandong terdapat area dalam bebas karang yang biasanya digunakan untuk kapal nelayan melaut, anda yang bisa berenang bisa berenang di area ini. Saat ini di Pantai Sadranan sering kali dijadikan tempat untuk Snorkling, jika air sedang pasang, ikan-ikan karang mulai nampak berenang kesana kemari. Di pantai ini sudah ada penyewaan peralatan snorkel, jadi anda tidak perlu khawatir jika tidak punya alat tersebut J. Pada kedua pantai ini sudah terdapat warung penjaja makanan dengan tempat makan  berupa gazebo bergaya khas pantai, tentunya dengan atap dari jemari daun pandan laut.

  1. Pantai Drini
Pantai Drini
Salah satu pantai favorit saya, pantai ini mempunyai pulau ditengah pantainya yang cukup besar. Kita bisa menaiki pulau tersebut jika laut sedang surut, dari atas pulau tersebut kita bisa melihat panorama indah pantai-pantai gunungkidul, bahkan sunsetnya yang memanjakan mata kita disaat cuaca lagi bagus tentunya. Pantai ini juga memiliki karakter ombak yang cukup tenang di sebelah timur pulau, jadi cukup aman jika anak2 bisa bermain di sini (tetep harus ditemani dan diawasi)

  1. Pantai Sepanjang.
pantai Sepanjang
Sesuai namanya, pantai ini mempunyai hamparan pasir yang cukup panjang mungkin terpanjang di Gunungkidul. Pantai ini terletak berada di sebelah barat pantai Drini dan di sebelah timur pantai Kukup. Pantai ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, dari gazebo bernuansa pantai yang cukup banyak sepanjang pantai, masakan seafood yang memanjakan perut anda, juga tersedia penginapan bagi kalian yang ingin bermalam di pantai ini. Terdapat pantai tersembunyi di dekat sini, namanya pantai Lolang. Kita bisa mengajak keluarga berpetualang berjalan kaki mencari keberadaan pantai Lolang yang tersembunyi :)

  1. Pantai Kukup dan Pantai Baron
Pantai Kukup
Dua pantai ini sudah di kenal masyarakat luas, pantai Kukup yang suka disebut Uluwatunya jogja karena mempunyai pulau dengan gazebo di atasnya, serta adanya jembatan untuk menyebrang ke pulau tersebut. Pantai Baron, merupakan pantai nelayan yang berpasir coklat atau hitam. Warna pasirnya demikian karena adanya sungai bawah tanah yang berkeluar dari goa bukit sebelah barat lalu bermuara Pantai Baron. Aliran sungai tersebut kerap kali menjadi sarana bermain air para wisatawan. Satu lagi yang sedang hits yaitu menara mercusuar pantai Baron yang boleh kita naiki, dari atas mercususar tersaji pemandangan karst Gunung Sewu beserta pesisir pantai Gunungkidul
Pantai Baron

  1. Pantai Ngedan
pantai Ngedan
Pantai ini baru saja resmi di buka, kondisi jalan yang masih berbatu atau cor-coran mungkin menjadi penghalang banyaknya wisatawan yang masuk, namun tidak dapat di pungkiri, pantai ini cukup cantik. Terdapat padang rumput yang cukup luas juga terdapat batu karang yang berbentuk Love. Di sudut-sudut pantai Gedan ini terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk berteduh atau sekedar menikmati keindahan alam sekitar pantai Ngedan

  1. Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan
Arca di Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran merupakan pantai yang cukup unik dan punya nilai sejarah. Ceritanya dahulu pantai ini menjadi persinggahan terakhinya sang Prabu Brawijaya dan melaksanakan muksa disini. Di pantai ini kita bisa menemukan pemandangan seperti di pulau Bali yaitu terdapat arca-arca dewa-dewi dari Agama Hindu, lalu terdapat pura yang digunakan umat Hindu untuk beribadah. Sayangnya pantai Ngobaran ini merupakan pantai karang, sehingga untuk bermain air kurang begitu nyaman. Namun tidak perlu khawatir, di sebelah pantai Ngobaran terdapat pantai Nguyahan, pantai yang memiliki pasir yang cukup luas ini bisa kalian gunakan untuk bermain-main pasir dan air, atau sekedar menyantap makanan di gazebo-gazebo yang ada di tepian pantai.
pantai Nguyahan

26 komentar:

  1. cuman ada 2 doang yaa fotonya, padalah pengen liat yang lainnya, siapa tau bisa berkunjung kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi maaf mba,, td masih milah milih foto :D, kepencet publish,, sekarang udah full fotonya :)

      Hapus
  2. gaa ada lagi foto2 nya mas ? padahal pengen liat pemandangannya -_- :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi maaf mba,, td masih milah milih foto :D, kepencet publish,, sekarang udah full fotonya hehe :)

      Hapus
  3. Ada banyak banget ya pantai di gunungkidul XD kapan bisa menjamahi satu per satu~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp silakan mas :D selainnya ini masih ada mas,, tp blusukan :D

      Hapus
  4. +- 70an pantai,yg berada di sepanjang garis pantai gunungkidul!! Keunggulan nya adalah,setiap pantai mempunyai karakteristik tersendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu :) seperti itulah kira2 mas :)

      Hapus
  5. Milih pantai Kukup karena banyak yg jual kepiting goreng tepung, enak buat camilan pas perjalanan balik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahhaa setuju,,klo makan ikan laut lebih seneng di drini,, Sambel mentahnya Josss :D

      Hapus
  6. pok tunggal pantai favorit saya kalo kr gunung kidul..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp,, pok tunggal juga bagus :D

      Hapus
  7. wow...
    belom pernah ke gunung kidul mas :)
    sejauh ini baru pelabuhan ratu sama pangandaran he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi melipir kearah timur dari pelabuhan ratu bisa sampe ke Gunungkidul mas :D

      Hapus
  8. Jadi makin kangen deh ke Jogja :(

    BalasHapus
  9. mase, dari sekian pantai yg cuwantik2 di GK ini yg mudah diakses pake kendaraan besar (bis) yang mana mas? yang cocok buat acara piknik komunitas. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo akses 11 pantai ini udah oke bgt,, cuman klo kalian naik bis pantai nomor 1 dan 10 akses jalannya belum bisa dilewatin bis :)

      Hapus
    2. berarti seLain pantai jungwok dan ngedan semua bisa diakses bis y mas?! trus mas kaLo y berdekatan pantai mana saja mas? yg skaLinya dtang bisa singgah di 2 atau 3 pantai gitu?

      Hapus
  10. Banyak juga pilihan pantainya ya. Aku baru ke parangtritis doang. :D Kayaknya perlu liburan lagi ke Jogja buat cobain semua pantainya.

    BalasHapus
  11. edaaaannnnnn, pantai di gunung kidul ini mantep - mantep bener ya kak, waaah jadi pengen ke sana.

    BalasHapus
  12. Ke pantai ngedan dan jungwok bs pk mobil mas? Setidaknya bs parkir terus jalan sedikit gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi jalan mendekati pantai ga aspal hehe,,jalan tanah ada cor-coran juga :)

      Hapus
  13. Mbak. Pantai yg jalannya ga serem yg mana ya? Yg ngga terjal? Soalnya rncananya sya mau lburan sndri bawa mobil,cuma mslahnya sya takut ketinggian mbak. Tolong infonya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantai2 gunungkidul kudu lewat perbukitan gunung sewu, masuk gunungkidulnya aja udah tanjakan hehe saran sih ajak temen..
      .
      klo pantai yang ga serem jalannya (tanpa tanjakan) bisa nyoba pantai2 di daerah bantul dan Kulonprogo

      Hapus
  14. Mau tanya untuk pantai yg bisa dilewati bis selain indrayanti dimana saja ya? Soalnya mau rekreasi pemuda desa, trimakasih sebelumnya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa semua mas, kecuali nomor 1 karena jalan masih jelek buat masuk bis hehe

      Hapus