Pagi-Pagi Ke Pantai Jungwok, Gunungkidul

, , 14 comments

Selamat pagi, Jungwok!!

bukan berarti nama dari sebuah tempat di Korea Selatan, tapi nama dari sebuah pantai di Gunungkidul, tepatnya di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Dan letaknya berdekatan dengan Pantai Wediombo.

Petunjuk jalan ke Jungwok sebelum parkiran pantai Wediombo
Kali ini kami ingin menikmati pagi di Pantai, dan kebetulan juga salah seorang dari kami ingin mencoba pantai-pantai yang letaknya di sebelah timur Wediombo. Jatuhlah pilihan kami yaitu Pantai Jungwok. Kami berangkat pagi sekitar jam 2 dini hari dari Kota Jogja. Rute ke pantai Jungwok cukup mudah, dari kota Jogja arahkan kendaraan menuju jalan Wonosari – Bukit Bintang – Patuk – Hutan Bunder Wanagama – Kota Wonosari – sampai kota Wonosari ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Baron/Kukup – ikuti jalan tersebut sampai di pertigaan Nginggrong yang ada papan petunjuk jalan ke pantai Siung – Ikuti arah papan petunjuk ke Siung sampai menemukan petunjuk jalan ke Pantai Wediombo -  Sebelum parkiran pantai Wediombo, ada petunjuk jalan kea rah pantai Jungwok yang terbuat dari kayu –ikuti saja petunjuk jalan tersebut nanti anda akan sampai di tepi Pantai Jungwok.

Sekitar jam 4 pagi, kami pun sampai di tepi pantai Jungwok, masih sepi tiada yang kemah hari itu mungkin karena hari ini bukan Weekend . Kami hanya berjumpa beberapa pemancing dari atas tebing dan pencari Lobster yang mulai berangkat melintasi ke balik tebing timur Jungwok. Perlahan dan pasti gelap malam mulai memudar, warna pagi matahari memaksa menembus gumpalan awan mendung pagi itu. Sunrise pagi indah sekali, langit berwarna merah-ungu belum lagi pantulan-panmtulan warna air lautnya. Matahari makin meninggi, keindahan pantai Jungwok secara utuh mulai terlihat jelas.
Selamat Pagi Jungwok :)

Panorama Pagi di Jungwok, foto dari sisi timur
Pantai Jungwok memiliki garis pantai melengkung agak panjang, berpasir putih yang agak kasar, beberapa masih terdapat cangkang karang yang masih utuh. Terdapat sebuah bukit kecil yang letaknya tidak jauh dari garis pantai namun cukup berbahaya untuk di dekati karena ombaknya cukup besar di dekat pulau tersebut. Kami coba melihat ke tebing sebelah timur pantai Jungwok. Kami bertemu dengan bapak pencari Lobster, bapaknya mendapatkan beberapa lobster yang terjebak di perangkapnya.
bapak pencar lobster
Fasilitas yang ada di pantai ini tidak sebagus yang ada di Wediombo maupun pantai-pantai lain seperti Indrayanti, Sundak, Kukup dll. Tidak ada penjual makanan yang tiap hari berjualan, tempat pembuangan sampah juga minim, sehingga pengunjung diharuskan untuk membawa kembali sampah yang mereka hasilkan. Akses jalan masuk ke kawasan pantai belum baik namun bisa di lewati kendaraan mobil atau motor. Update terakhir yang saya dengar katanya di Jungwok ada fasilitas Snorkeling juga.


Setelah puas explore dan menikmati pantai Jungwok, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Watutopi, Greweng dan Sedahan yang berada di sebelah timur dari pantai Jungwok!! :)

14 komentar:

  1. jogja kalau soal pantai memang tiada habisnya berjajar dari pesisir propinsi jogja n jateng pantainya indah semua..baru tahu ada pantai ini mas (jungwok..namanya gimana gitu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama aslinya sepertinya Njungwok (bahasa jawa) seperti yg tertera di petunjuk jalannya tapi bacanya Jungwok (kayak bahasa Korea)

      Hapus
  2. Mantap berangkat jam 2 pagi dari Jogja ke pantai Jungwok. Pas pulangnya numpang merem di masjid nggak tuh? :D

    Kalau menurutku sih Pantai Jungwok dibiarin gitu aja udah bagus kok. Karangnya menarik buat obyek foto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,, alami kayak apa adanya gitu lebih bagus :D

      klo soal tidur jam 10 pagi kami lanjut tidur di pantai Greweng mas.. di atas pasir di bawah pohon

      Hapus
  3. Mas Alan ke Jogja ga kasih kabar, kan bisa mantai bareng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi iya mas.. kayaknya kmrin emg g bisa. cuma dtg sebentar trus pergi lagi :D

      Hapus
  4. wah semoga mampir ke sini sudah bawa xiominya dah mas hehe.... mantap ni pantai kayaknya di exploree... keren mas alan... josh dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. widih dapet rezeki xiomi nih..sesuk jajal ya :D

      Hapus
  5. mas...motornya tingga di wediombo apa di bawa ke junwok?ini masih belum terjamah perhiasan payung2 gt kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di bawa aja sampe Jungwok, bisa kok :D

      Hapus
  6. Akses jalannya susah gak kak kalai dr jogja ke pantai jungwok, kayak misal ada jalan tanjakan2 gt? Mohon infonya kak makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm..biasa, naik turun bukit tikungan. Jaga kecepatan aman aja, bisa sampai Jungwok dan kembali ke jogja lagi :)

      Hapus
    2. Hmm..biasa, naik turun bukit tikungan. Jaga kecepatan aman aja, bisa sampai Jungwok dan kembali ke jogja lagi :)

      Hapus
  7. Mas jlanya serem ga? Sya tkut ktinggian mas.. Tkut brenti g brani naik g brani turunšŸ˜°

    BalasHapus