Melihat Senja di Pantai Karanggongso, Trenggalek

, , 19 comments

Trenggalek, salah satu Kabupaten daerah Selatan pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Letaknya di Selatan pulau Jawa dan berbatasan dengan laut, sehingga sudah pasti Trenggalek ini mempunyai deretan Pantai-pantai yang indah untuk kita kunjungi, salah satunya yaitu Pantai Karanggongso.

Pantai Karanggongso terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, sekitar  52 km dari kota Trenggalek . Pantai ini merupakan pantai favorit yang dikunjungi warga Trenggalek atau warga sekitar Trenggalek karena selain pantainya yang indah, pantai ini mempunyai fasilitas yang lengkap, akses yang mudah dijangkau dan letaknya berdekatan dengan pantai-pantai lain seperti pantai Prigi, pantai Pasir Putih,Pantai Mbangko’an, Pantai Watu Lunyu, Pantai Cengkrong dan pantai lainnya.

Pemandangan saat memasuki kecamatan Watulimo
petunjuk jalan di perempatan Bandung
Untuk menuju pantai ini dari Kota Trenggalek cukup mudah karena sepanjang jalan sudah banyak papan petunjuk jalannya. Dari Kota Trenggalek, anda tinggal menuju ke arah jalan lintas Trenggalek-Tulunagung sampai di Prempatan kecamatan Bandung  dan dari situ akan ada papanpetunjuk jalan menuju pantai Karanggongso atau Pantai Prigi. Kami berangkat dari Kota Tulunggung, rute menuju kesana dari kota Tulungagung kami melewati jalan lintas Tulungagung-Trenggalek, setelah melewatitugu selamat atang di Trenggalek tibalah kami di Perempatan Bandung. Dari sini kami tinggal mengikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Prigi yang bersebelahan dengan pantai Karanggongso. Rute yang kita lewati Perempatan Bandung-Pasar Bandung-Kecamatan Watulimo-Kawasan Wisata Goa Lowo-Hutan Rakyat dan pemukiman di daerah Watulimo-Desa Tasikmadu-Pantai Prigi-Pantai Pasir Putih- Pantai Karanggongso. Untuk rute perjalanan yang lebih jelas bisa mampir ke artikel sebelumnya “MenyelusuriJalur Wisata Pantai Prigi - Cengkrongan, Trenggalek”.

pegunungan yang terlihat dari pantai Karanggongso
Pantai Karanggongso mempunyai garis pantai yang cukup panjang, sebelah Barat berbatasan langsung dengan pantai Pasir Putih dan sebelah timur berbatasan dengan pantai Mbangko’an. Pantai Karanggongso berpasir putih, dengan pasir yang cukup lembut dan ombak yang lumayan tenang. Pemandangannya ke arah lautnya memanjakan mata. Terdapat deretan pegunungan yang membentang seakan ingin menutupi pemandangan laut selatan jawa. Terdapat pula satu dermaga sederhana yang menjadi Landmark atau Icon pantai Karanggongso.  Dermaga tersebut sering dijadikan ajang tempat foto-foto atau sekedar menikmati pemandangan pantainya. Di ujung dermaga ini terdapat sebuah kamar dan beranda untuk menikmati suasana laut di pantai ini. Yah sepertinya kamar dan beranda tersebut cocok untuk yang mau “Honey Moon”.  Sepertinya jika ingin memasuki kamar dan beranda tersebut kita harus menyewa atau ijin terlebih dahulu kepada Penginapan dan rumah makan yang ada disebelah Dermaga ini.

Ada Karang cukup unik bentuknya, mungkin karena karang ini nama pantainya jadi karanggongso
Kami memang sengaja mengunjungi pantai Karanggongso sore hari, dengan harapan mendapatkan pemandangan senja yang menakjubkan. Ternyata harapan kami terkabul, cuaca sore itu cerah, matahari perlahan-lahan turun di balik pegunungan yang membentang di depan kami. Warna langit seakan berubah dari warna biru, Kekuning dan mulai agak kemerahan. Matahari makin terbenam dan langit makin membara. Awan tipis yang berada diatas kami berubah berwarna merah seakan langit benar-benar terbakar.



Warna senja semakin meredup, tanda kami bergegas untuk kembali pulang ke Tulungagung. Untuk anda yang ingin menginap disini jangan khawatir, di daerah ini terdapat penginapan ataupun homestay. Dan terdapat banyak tempat makan dari makanan seafood bahkan sampai nasi rames sekalipun.

Yuk Kunjungi Trenggalek :)

19 komentar:

  1. semoga jembatan kayunya tetep awet nggak rusak keseringan kena ombak. Ikonik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bakal awet, soalnya udah ada penginapan diujung dermaganya :D

      Hapus
  2. Wah dari gambarnya keliatan indah banget
    apa lagi itu yang senja...asik tuh kalau foto siluet di sana....pasti keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh,,kemarin lupa foto siluet e,,terlalu keasyikan hehe

      Hapus
  3. Senjanya kerenn,, gk tahan liat ginian,, buat ngiler aja nihhh

    BalasHapus
  4. Senjanya indah banget.. :D Kira-kira dari dermaganya bisa ngga ya liat bintang pas malem hari? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi bisa aja kok, asal cuaca cerah ga hujan :p

      Hapus
  5. wah trenggalek punya pantai indah juga ....

    BalasHapus
  6. Penginapan yg langsung hadap pantai ada ndak mas di pantai ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mba ani, pas bgt di depan dermaganya hotel yg lumayan bagus fasilitasnya

      Hapus
  7. Hotel dan cottage apa saja yang tersedia disana? Cari info di google tidak tersedia semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hotel dengan fasilitas lumayan cuma ada beberapa,,homestay juga ada disana, tp maaf ak g punya nomor telponnya nih..

      Hapus
  8. Hotel dengan fasilitas lumayan cuma ada beberapa,,homestay juga ada disana, tp maaf ak g punya nomor telponnya nih..

    BalasHapus
  9. Berapa hrg tiket masuk pantai karanggongso..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau klo yg sekarang.. dulu 5.000 mba hehe

      Hapus
  10. maaf, di karanggongso di sebelah mana ya ini, saya kok nggak menemukan bangunan ini, yg saya temukan cuman dermaga kayu kecil, tdk ada penginapannya di ujung. Mohon dikasih petunjuk arahnya...terima kasih salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal ke timur lagi mas.. yg mas kunjungi pantai pasir putih,, sebelah bukit timurnya baru karanggongso

      Hapus