Senin, 27 November 2023

Pergi Main Ke Pantai Wonosari, Sobo Banyuwangi

Pemandangan Sunrise di Pantai Wonosari, Banyuwangi

Sobo salah satu Desa di Banyuwangi yang wilayahnya berbatasan langsung dengan pesisir Pantai. Pantai di Desa Sobo ini berpasir hitam dan banyak sekali tambak sekitar pantainya. Pantai Wonosari salah satu Pantai di Desa Sobo yang mulai dikelola oleh Masyarakat sekitar dan Masyarakat setempat bersama membuat Pantai tersebut terlihat menarik.


Dinamakan Pantai Wonosari karena Pantai Wonosari terletak di Lingkungan/Dusun Wonosari, Desa Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini cukup dekat dengan kota Banyuwangi dengan lama perjalanan Cuma 15 menit saja.


Rute Ke Pantai Wonosari Sobo dari Kota Banyuwangi


Rute ke Pantai Wonosari, Sobo dari kota Banyuwangi cukup mudah. Kalian tinggal arahkan kendaraan ke Hotel Santika, sebelum hotel Santika ada jalan masuk ke timur, ikuti jalan tersebut hingga mentok pertigaan kedua, ambil kiri lalu ikuti jalan tersebut setelah jembatan Sungai ambil kanan. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ketemu Gapura biru bertuliskan Pantai Wonosari, ambil kanan masuk ke Gapura tersebut melewati jalan paving dan jalan tambak lalu akan sampai di Pantai Wonosari.


Suasana dan fasilitas di Pantai Wonosari Sobo

Bulan November belum ada biaya tiket masuk dan parkir kendaraan, hanya saja ada kotak sumbangan sukarela untuk pengembangan Pantai Wonosari. Dengan uang sumbangan tersebut nantinya mereka bisa membangun fasilitas umum yang bisa digunakan oleh pengujung Pantai Wonosari.


bekas rumah dermaga yang rusak termakan usia dan korban ombak abrasi selat bali

Pantai Wonosari berpasir hitam sama seperti Pantai di Banyuwangi sisi timur. Terdapat beberapa pohon waru yang tumbuh di pesisir pantainya. Terdapat juga beberapa reruntuhan bangunan bekas tambak yang rusak karena abrasi air laut maupun termakan usia. Jika lihat ke arah utara ada reruntuhan seperti dermaga dari cor-coran semen. Saya inget beberapa tahun pernah menulis tentang Pantai Sobo, Banyuwangi dengan daya tarik bangunan dermaga tersebut sebelum rusak.


warung di Pinggir Pantai Wonosari Banyuwangi

Disini ada bangunan sederhana dari bambu, ibu-ibu dari Pokdarwis setempat berjualan disana, menjual makanan dan minuman. di depannya terdapat meja bangku yang sederhana pula. Kita bisa menyantap makanan dan minuman yang dipesan di sana atau bisa dibawa ke gubuk santai yang tersedia.

Ada beberapa sisa pohon yang hanyut dilautan terdampar di Pantai Wonosari. Pengelola merapikan dan menjadikan sisa pohon yang terdampar tersebut bangku-bangku dan dekorasi penghias Pantai. Favorit saya duduk Sisa pohon berwarna pucat putih kering yang menandakan pohon ini memang sudah terombang ambing lama di lautan hingga kondisinya kering seperti itu.


Warga sekitar dan Pengunjung Pantai sedang bermain di laut

Di Pantai ini memang tidak ada larangan berenang, terlihat warga-warga lokal asik bermain air. Namun alangkah baiknya jaga-jaga untuk tidak berenang atau main air terlalu ketengah dan tetap dalam pengawasan orang tua.


Menyenangkan bermain ke Pantai Wonosari, Sobo ini. Karena ada kelompok Masyarakat yang mengelola Pantai ini. Pantai Wonosari Sobo menjadi lebih bersih dan terawatt. Dulunya banyak sampah laut yang berserakan dan bau tidak sedap dari penjemuran ikan asin dan limbah tambak.


Semoga kedepannya fasilitas umum seperti ada fasilitas kamar bilas dan kamar mandi, sehingga bagi pengunjung yang main air mudah membilas badannya atau pengunjung yang mau buang air besar juga bisa.


Tertarik mampir ke Pantai Wonosari, Sobo ?


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search