Sabtu, 08 Juli 2023

Bukit Terongan - Negeri Atas Awan di Kalibaru, Banyuwangi

Negeri Atas Awan Kalibaru

Kalibaru, Lokasinya berada di daerah ketinggian karena berada di kaki gunung Raung dan bersebelahan dengan Gunung Gumitir yang membatasi wilayah Jember dengan Banyuwangi. Kalibaru juga mempunyai beberapa perkebunan salah satunya adalah Perkebunan Malangsari yang belakangan ini disebut Negeri Atas Awannya Banyuwangi.


Perkebunan Malangsari merupakan salah satu perkebunan milik PTPN XII yang letaknya di Kalibaru sekitar 72km atau sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Banyuwangi. Perkebunan Malangsari terkenal sekali dengan kopinya. Jika kita ke pusat oleh-oleh pasti ada produksi Kopi Lanang Malangsari dari Perkebunan Malangsari.


Pemandangan ketika masuk PTPN XII daerah Gunung Terong

Spot negeri atas awan di Perkebunan Malangsari berada di bukit bernama Bukit Terongan yang lokasinya tidak jauh dari Gapura Pos Jaga Perkebunan Malangsari. Dinamakan bukit terongan karena lokasinya berada disekitar bukit tinggi yang disebut Gunung Terong. Jika kalian cari di Google kalian bisa cari Pondok Wisata Desa Kebonrejo.


Rute Menuju Bukit Terongan dari Banyuwangi Kota


Karena perjalanan ke Perkebunan Malangsari Kalibaru cukup jauh, saya jalan jam 4 pagi setelah subuh. Kondisi jalan enak, tidak terlalu ramai dan dingin udara pagi. Ternyata dalam 1,5 jam perjalanan sudah sampai di Kalibaru lalu tinggal mengarahkan kendaraan ke Kebun Malangsari. Saat masuk perkebunan, matahari ternyata udah terbit jadi langsung saja menuju Perkebunan Malangsari. Petunjuk jalan minim sekali tapi kalian bisa bertanya ke warga setempat.


Masuk Kawasan Perkebunan ternyata tidak ada pungutan tiket masuk. Mungkin karena saya datang terlalu pagi atau emang gratis. Pasar Jajanan Perkebunanan Malangsari yang dulu ternyata sudah tutup, mungkin karena pandemi Covid-19 jadi pasarnya harus tutup. Dari gerbang masuk ke spot negeri atas awan tidak terlalu jauh. Disana ternyata sudah ramai warga sekitar yang sedang menikmati pagi dan sarapan makanan yang dibawa dari rumah.


Sampai Bukit Terongan, Matahari sudah terbit dan tidak ada hamparan kabur seperti awan

Ternyata saya tidak beruntung, kabut yang menjelma menjadi seperti hamparan awan seperti di Kebun Buah Mangunan Jogja tidak ada. Katanya karena cuaca kalibaru agak panas sehingga lautan kabutnya tidak terlihat, harus saat cuaca kalibaru dingin, lautan awan kabut kalibaru akan terlihat.


Pemandangan Gunung dari Bukit Terongan

Jadi saat cuaca sering hujan nanti saya akan coba lagi ke Negeri Atas Awannya Banyuwangi di Kalibaru dan mencoba beberapa lokasi lagi seperti Peternakan Sapi Margo Utomo, Air Terjun Kembar Tirtokemanten dan mungkin Kuliner di daerah Glenmore yaitu Lontong Campur.


Semoga bisa kesana lagi dan mendapatkan foto lautan kabut awan di Kalibaru.


1 komentar:

  1. wowww berangkat jam 4 pagi, luar biasa kaka
    view dari atas gini cakepp

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search