Kamis, 29 Desember 2022

Masjid Sheikh Zayed - Masjid Megah Di Tengah Kota Solo

Masjid Sheikh Zayed di Kota Solo dari Pintu Utara

Selain Kraton Surakarta Solo, Pasar Gede dan Pura Mangkunegaran, Kota Solo punya ikon atau Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan. landmark baru yaitu Masjid ini punya arsitektur yang megah berwarna dominan putih tulang dengan ornamen-ornamen seperti halnya Sheikh Zayed Mosque yang berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.


Masjid Sheikh Zayed. ini mulai didirikan pada bulan Desember 2020 di tanah bekas depo Pertamina yang tidak terpakai di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Stasiun Solo Balapan. Jika kita naik kereta Joglosemar dari Semarang menuju Kota Solo akan melewati pinggir Masjid Sheikh Zayed ini.


Rute Menuju Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan


Rute menuju Masjid ini cukup mudah, dari Stasiun Solo Balapan arahkan kendaraan ke timur atau ke kiri dari pintu keluar. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan lampu lalu lintas ambil kiri atau ke utara sampai di lampu merah pertigaan hotel Swiss Belinn Saripetojo ambil ke kanan atau timur. Ikuti jalan tersebut nanti Masjid Sheikh Zayed ada di sebelah kanan jalan.


Masjid Sheikh Zayed Indah dan Megah


Masjid Sheikh Zayed dari sisi Timur

Masjid Sheikh Zayed mempunyai satu kubah utama yang cukup besar diikuti puluhan kubah kecil dan empat buah menara. Di belakang Masjid atau di sebelah timur terdapat gapura masuk juga yang megah ini merupakan hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed dan Masjidnya dibuat mengikuti arsitektur Sheikh Zayed Grand Mosque yang ada di Abu Dhabi, UEA dengan dominan warna putih cerah dengan ornamen berwarna emas.


Pada tanggal 14 November 2022 sebelum KTT G20 di Bali Presiden UEA bersama Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo melakukan Sholat Sunah Tahiyatul Masjid dan setelahnya menandatangani prasasti peresmian masjid. Secara tidak langsung Masjid ini menjadi simbol hubungan baik antara negara UEA dengan Indonesia


Pada kedatangan saya bulan Desember 2022, masjid ini belum dibuka untuk umum karena masih ada beberapa Finishing yang belum selesai. Terlihat beberapa tangga tersusun di beberapa titik. Namun melihat dari luar saja untuk saat ini sudah cukup memuaskan karena Masjid Sheikh Zayed ini megah sekali dengan menara, kubah-kubah serta ornamen yang indah.


Warung di sekitar Masjid Sheikh Zayed

Pada pintu masuk halamannya diberi pagar pembatas sementara bertuliskan bahwa Masjid ini belum dibuka untuk umum. Walau demikian, antusias orang-orang Solo dan luar solo terus berdatangan dan mengabadikan foto latar belakang masjid tersebut cukup banyak. Rumah-rumah yang ada di sekitar masjid pun kini membuka warung makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang ingin berkunjung di Masjid Sheikh Zayed Solo ini.


suasana Malam Masjid Sheikh Zayed Solo

Mengunjungi Masjid ini enaknya setelah waktu subuh karena udara kota solo cukup sejuk di pagi hari. Bisa juga pada sore hari mulai Ashar hingga malam. Masjid ini pasti bagus sekali jika kena latar warna senja yang memerah atau jingga. Pada malam hari, hiasan lampu dari pencahayaan masjid membuat Masjid Sheikh Zayed ini terlihat indah dan megah


Lorong Masjid Sheikh Zayed Malam Hari

Katanya penduduk setempat Masjid Sheikh Zayed ini buka untuk umum pada tanggal 25 Januari 2023. Semoga setelah bulan Januari saya bisa mengunjungi Masjid ini lagi, melihat senja, solat magrib dan menikmati arsitektur di dalam masjid.


Gimana tertarik berkunjung ke Masjid Sheikh Zayed ini.

2 komentar:

  1. asli megah banget masjid ini, yang pasti aku juga penasaran pengen dateng langsung kesana
    pas viral di media sosial, hampir tiap hari timeline aku isinya tentang masjid ini, cakepp parah

    BalasHapus
  2. Subhanallah, indah sekali masjdinya. Semoga nanti bisa ngerasain sholat di sana.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search