Sabtu, 03 Desember 2022

Mencoba Kereta Api Blambangan Ekspres Jurusan Banyuwangi-Semarang

kereta Blambangan Ekspres melewati Stasiun Banyuwangi Kota

Akhirnya kereta Blambangan Ekspress beroperasi setelah rencana beroperasi tahun 2020-2021 pupus karena adanya Pandemi Covid. Kereta Blambangan Ekspress ini adalah kereta jurusan Banyuwangi-Semarang. Adanya kereta ini membuat wisatawan yang berada di kota Semarang dan jawa bangian utara bisa ke Banyuwangi ataupun sebaliknya. Namun karena saya sedang domisili banyuwangi, adanya kereta Blambangan Ekspress menjadi kesempatan saya berwisata ke Semarang.

jadwal keberangkatan KA Blambangan Ekspres

Kereta Blambangan Ekspress akan beroperasi selama Bulan Desember tanggal 2,3,4,9,10,11,16,17,18,22 sampai 31 Desember 2022. Kereta Blambangan berangkat dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pukul 19:30 WIB dan sampai di Stasiun Semarang Tawang pukul 05:44 WIB. Sebaliknya jika mau ke Banyuwangi dari Semarang, kereta Blambangan ini berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pukul 18:05 dan sampai di Stasiun Ketapang Banyuwangi jam 04:40 WIB dan sampai di Banyuwangi kalian bisa langsung menikmati sunrise of java Banyuwangi di pinggir pantai Banyuwangi.

Gerbong Kereta Eksekutif dan Ekonomi Kereta Api Blambangan Ekspres.

Foto Kursi Gerbong Eksekutif Kereta Blambangan Ekspres

Gerbong kereta yang dipakai Kereta Blambangan Ekspres Semarang-Banyuwangi ini adalah gerbong kereta ekonomi  dan gerbong eksekutif. Seperti yang kita ketahui, gerbong kereta ekonomi kursinya adalah kursi tegak berhadapan namun pada kereta Blambangan Ekspres space antar kursi cukup luas sehingga dengkul tidak saling beradu seperti pada Kursi Ekonomi kereta Sri Tanjung, Tawang Alun atau Probowangi yang ruang antar kursi sempit sekali.

Foto Kursi Gerbong Ekonomi KA Blambangan Ekspres

Gerbong kereta eksekutifnya yaitu gerbong kelas eksekutif terbaru dengan kursi berwarna biru. Gerbong kereta ini memang nyaman sekali, bagian sandarannya bisa naik turunkan sehingga penumpang kereta api nyaman.

Harga tiket kereta Blambangan Ekspres Banyuwangi Semarang

Harga tiket  Kereta Blambangan Ekspres kelas ekonomi Rp.360.000  dan kelas Eksekutif Rp. 460.000. Pada bulan Desember 2022, harga tiket Kereta Blambangan Ekspres ada promo. Untuk kelas ekonomi harga tiket promonya Rp. 150.000 dan untuk gerbong eksekutif Rp. 250.000. Cukup murah kan kalau pas promo seperti ini hehe.


sampai semarang subuh, bisa lihat sunrise di Lawang Sewu

Saya berangkat dari Stasiun Banyuwangi Kota (Stasiun Karangasem) jam 19:53 WIB sampai Stasiun Surabaya Pasar Turi jam 1:40 dan lanjut perjalanan melewati rute kereta api utara Jawa dan sampai di Stasiun Semarang Tawang jam 05:44 pagi. Dari stasiun Semarang Tawang kita bisa jalan kaki menyelusuri jalan raya menuju komplek Kota Lama Semarang. Karena pengen foto sunrise di Tugu Muda dekat Lawang Sewu dari Stasiun saya langsung naik Ojek Stasiun menuju Lawang Sewu. Syukurlah moment Sunrise masih sempat dinikmati. Matahari terlihat dari balik bangunan Lawang sewu. Warnanya terpancar jingga

suasana semarang kota lama pagi hari

Setelah Sunrise saya kembali lagi ke Kawasan Kota Lama Semarang untuk titip tas ke penginapan lalu menikmati pagi dan mencari sarapan di sekitar Semarang Kota Lama yang punya bangunan kota tua yang menakjubkan.

Cerita tentang Semarang bisa kalian simak di artikel selanjutnya ya. Semoga Kereta Api Blambangan Ekspres ini bisa terus bertahan dan jadi rute yang permanen.

 

Video Singkat 1 Menit Perjalanan Kereta Blambangan Ekspres dari Banyuwangi Ke Semarang



5 komentar:

  1. berangkat malam dan tau-tau pagi udah di semarang, bisa sunrise-an pula, jamnya oke juga ini.
    kalau pas ga promo, mayan juga ya harganya :D

    BalasHapus
  2. kangen naik kereta, dan saya itu pengin bgt ke kota lama Semarang

    BalasHapus
  3. Ga masuk banget ekonomi e capek ga ergonomi sama sekali

    BalasHapus
  4. Kursi ekonominya 11 -12 dg sritanjung tapi beda harga jauhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, bedanya jarak antar kaki lebih lebar dan kursinya agak empuk dari Sri Tanjung

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search