Rabu, 30 November 2022

Serunya Wisata Ke Pantai Bilik Sijile, Destinasi Wisata Taman Nasional Baluran Di Situbondo Jawa Timur

Panorama Pantai di Labuhan Merak TN Baluran, terumbu karangnya masuk kawasan lindung

Kalau wisata Ke Baluran, pasti main Ke Savana Bekol, Pantai dan Mangrove Bama. Tempat wisata Baluran tersebut terletak di bagian selatan Baluran. Di Baluran sisi utara juga ada tempat wisata yang tak kalah bagus terutama landskap dan formasi biota laut yang menjadi Kawasan lindung laut Taman Nasional Baluran. Nama lokasinya adalah Pantai Bilik Sijile.

Pantai Bilik Sijile sebenarnya adalah dua pantai yang berbeda yaitu Pantai Bilik dan Pantai Sijile. Perbedaan bentang alamnya membuat penamaan pantai yang berada di garis yang sama dibedakan. Jika dilihat dari atas, bentang pantai Bilik Sijile berbentuk seperti teluk yang menghadap arah timur. Pantai Bilik yang berada di sebelah barat di bagian dalam teluknya. Sedangkan Pantai Sijile berada menjorok di ujung timur teluk.

Sejarah dan Arti Nama Pantai Bilik Sijile

Sijile bagi saya adalah kata yang asing. Sijile ternyata dari bahasa Madura yang artinya Lidah. Penamaan Sijile ternyata karena bentang alamnya pantai Sijile yang menjorok ke laut seperti Lidah. Sedangkan penamaan pantai Bilik ini masih misteri. Saya sempat bertanya kepada petugas Resort Batu Tumpuk Taman Nasional Baluran juga tidak mengetahuinya. Mungkin dahulunya di pantai ini ada satu bilik yang digunakan nelayan setempat untuk beristirahat jika cuaca laut sedang buruk. Apalagi Pantai Bilik ini berada di teluk sehingga kapal aman dari badai.

Rute Menuju Pantai Bilik Sijile

Pantai Bilik Sijile ini terletak di wilayah Kawasan Konservasi Taman Nasional Baluran, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Jika kalian dari arah Probolinggo, ambil arah ke Situbondo hingga sampai Kecamatan Besuki nanti setelah melewati Pusat Pelatihan Militer (Puslatpurmar 5 Baluran Karangtekok) ambil kanan jalan menuju jalan bawah jembatan. Dari bawah jembatan akan ada pertigaan ambil ke arah desa sampai mentok. Dari sini tidak ada jalan mulus lagi hanya ada jalan tanah berdebu jika panas dan tanah berlumpur saat hujan atau kemarin hujan.

kondisi jalan dari Karangtekok ke Pantai Bilik Sijile

Perjalanan kira-kira memakan waktu 45 menit menyelusuri jalan tanah saat tidak hujan dan sampai ke Pos Resort Batutumpuk untuk parkir kendaraan. Di belakang pos jaga tersebut merupakan pantai Bilik dan pantai Sijile yang ada di sebrang sana.

Pesona Pantai Bilik

Di pinggir pantai Bilik terdapat banyak kursi meja yang berada di bawah vegetasi pantai yang teduh. Ombaknya tenang sekali hampir tidak ada riak ombak. Rasanya jadi ingin berenang, namun saya urungkan niat karena ternyata banyak Bulu Babi. Untung saja tidak langsung menyeburkan diri dan berenang-renang disana, karena jika terkena tusuk bulu babi, pertolongan pertamanya cukup rumit salah satunya adalah “dikencingi”.

Pantai Bilik, Pasir Hitam Berbatu.

Diujung pantai sebelah selatan yang terlihat dari Pantai Bilik adalah pantai Sijile. Di dekat pantai tersebut terdapat savana yang agak luas. Adanya savana disana tidaklah aneh mengingat Bentang Alam TN Baluran salah satunya adalah Savana.

tempat santai yang dibuat petugas pos untuk menikmati suasana pantai

Dari pantai Bilik ke Pantai Sijile kita bisa berjalan kaki menyusuri pantai dan tembus ke Savana. Namun pengelola ternyata sudah membuatkan jalan setapak melintasi Hutan Mangrove dan Hutan Pantai. Ternyata ad acara ketiga yaitu menggunakan jasa transportasi kapal.

Memang di pinggir Pantai Bilik terdapat kapal-kapal yang parkir di tepian pantainya. Kapal tersebut ternyata bisa disewakan untuk melihat keindahan pantai Bilik Sijile dari laut. Kata mereka, jika memandangi pantai dari tengah laut akan terlihat pemandangan berbeda.

Pesona Pantai Sijile

Akhirnya saya mencoba ke Pantai Sijile menggunakan perahu jukung nelayan. Sampai di tengah laut memang benar ternyata pantai Bilik Sijile ini terlihat beda. Namun ada yang aneh karena jalan perahunya agak memutar.

Saya bertanya kepada nelayan, “Pak, kenapa kita jalannya memutar?”

“Coba lihat bawah airnya mas”, Ucap Pak Nelayan.

terumbu karang Pantai Sijile

Saya terpesona sekali, ternyata formasi terumbu karang tersusun indah. Warna merah, Biru, Kuning, Coklat muda rasanya menyatu menjadi satu membentuk formasi karang yang indah di bawah laut Pantai Bilik Sijile. Panorama ini rasanya menakjubkan sekali, apalagi dari laut kita bisa melihat pemandangan pantai Bilik Sijile berlatarkan Gunung Baluran dan Terumbu Karangnya yang indah.

Setelah puas di lautan, kami menginjakan kaki di “lidahnya” Pantai Sijile. Lidahnya pantai Sijile ini merupakan pantai yang menjorok ke arah laut. Hal ini membuat pantai tersebut dinamakan Sijile. Agak disayangkan sampai di Pantai Sijile kondisi langit sudah mendung, Gunung Baluran sudah mulai tertutup oleh kabut. Kata petugas Pos Batu Tumpuk, biasanya jika Gunung Baluran tertutup kabut, sebentar lagi disini akan hujan.

ke Sijile musim hujan, lebih enak sejak pagi karena gunung baluran bisa terlihat jelas

Ingat akan hal itu, kami bergegas kembali ke Pantai Bilik dan memutuskan untuk foto-foto di Pantai Sijile besok hari saja . Sampai di Pantai Bilik ternyata sudah ada wisatawan lain yang mendirikan sebuah tenda untuk bermalam. Ternyata benar, setelah 30 menit hujan turun menguyur TN Baluran. Jika hujan lama, besok jalanan menuju Karangtekok pasti berlumpur.

Hal yang bisa dikembangkan di Pantai Bilik Sijile.

Akses menuju pantai ini sebenarnya gampang karena jalan masuknya berada di pinggir jalur Pantura. Kita yang ingin berkunjung tanpa membawa kendaraan pribadi bisa naik Bis Jurusan Bali/Banyuwangi jika dari arah Barat atau Bis Jurusan ke Surabaya jika kita dari arah Banyuwangi. Namun untuk transportasi kedalam tidak ada. Hal ini bisa diatasi dengan memberi masyarakat sekitar hutan TN Baluran membuat kelompok dan melakukan usaha Ojek ke Pantai Bilik Sijile.

berkemah di pantai Bilik

Selain itu, jika ada wisatawan yang hendak menginap. Di dalam sana belum ada penginapan namun diijinkan untuk mendirikan tenda di spot tertentu. Warga sekitar Hutan Baluran diberikan kesempatan untuk menyewakan alat-alat kemah sepertinya akan menjanjikan.

Hal Yang Perlu Perhatikan

Pantai-pantai di daerah Labuhan Merak, TN Baluran ini memang indah tapi ingat jika kawasan ini adalah kawasan konservasi yang bukan hanya melindungi apa yang ada di daratnya juga kawasan bawah laut termasuk terumbu karang yang masuk zona perlindungan bahari.

Agar terjaga terumbu karang wisatawan perlu bijak tidak sembarangan berenang juga merusak terumbu karang seperti mengangkatnya juga menginjaknya. apalagi pertumbuhan terumbu karang juga sangat lama. Untuk bagus seperti sekarang ini butuh waktu puluhan tahun bahkan lebih lama dari usia kita sekarang ini.

Jika nanti Labuhan Merak dibuka menjadi kawasan wisata, ada baiknya perlu dipikirkan konsep dengan sangat matang sehingga kondisi alam Taman Nasional Baluran baik di darat maupun dalam laut bisa terjaga dengan baik.

Pengalaman mengunjungi Pantai Bilik Sijile yang ada di Taman Nasional Baluran berkesan sekali. Apalagi melihat antusias Pemerintah Daerah Situbondo dan Baluran membangun akses jalan menuju Pantai tersebut juga sebagai akses  jalan masyarakat Kampung Merak.

Begitulah cerita Explore Wisata Labuhan Merak Taman Nasional Situbondo 2022. Jika ada kesempatan saya ingin berkunjung kembali ke Labuhan Merak mengunjungi Pantai Bilik Sijile dan pantai lain disekitarnya.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search