Selasa, 15 November 2022

Manfaat Dari Kebiasaan Membaca Itu Terasa! Dengan Paket Internet Cepat Membantu Mendapatkan Buku Bacaan


Ada istilah Bahasa adalah pemersatu dunia. Maksudnya adalah dengan berbahasa, orang dapat menyampaikan ide, pikiran, melakukan komunikasi kepada orang lain. Buku pun juga tidak kalah penting. Menurut saya, buku juga jendela dunia karena di dalam buku terdapat informasi-informasi yang ada di seluruh dunia. Dengan membacanya rasanya seperti berjalan keliling dunia, mendapatkan banyak wawasan tanpa melakukan perjalanan.

Keberadaan buku di rumah tidak sebanyak dulu karena keterbatasan ruang untuk menyimpan buku-buku sehingga saya harus memilih buku mana yang harus dimiliki dan disimpan di rumah. Biasanya saya meminta referensi buku dari teman untuk memilih buku mana yang bagus untuk dibaca dan di koleksi. Keterbatasan ruang bukan jadi berkurangnya minat baca apalagi sekarang zaman teknologi semakin maju, banyak aplikasi untuk membaca buku, komik dan novel online. Bahkan beberapa perpustakaan membuat perpus digital yang membuat kita bisa membaca online.

Makin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini juga diimbangi dengan internet yang makin cepat. IndiHome yang merupakan salah satu anak perusahaan BUMN Telkom Group juga memberikan program paket internet cepat yang bisa digunakan oleh para pelanggannya termasuk para pembaca buku mendapatkan referensi judul-judul yang menarik untuk dibaca. Dengan adanya internet cepat semakin dekat dengan buku-buku yang tersedia, baik online maupun fisiknya.

Kenapa Membaca Buku Itu Penting.

Sejak kecil saya sudah terbiasa membaca buku, apalagi orang tua beberapa kali membeli beberapa buku untuk anak-anak dan menaruhnya di dalam rak belajar kami, agar saya dan adik saya tertarik membacanya. Buku-buku yang saya baca berulang-ulang adalah buku cerita 25 Nabi dan Rasul. Kata Ibu, beliau dapat referensi buku tersebut dari temannya.  Selain buku cerita 25 Nabi dan Rasul, dahulu suka membaca buku dongeng dan cerita rakyat Indonesia juga komik Doraemon dan Dragon Ball.

1. Meningkatkan Kreatifitas

Karena membaca banyak buku cerita dongeng, sejarah dan komik mempengaruhi beberapa sifat seperti punya imajinasi tinggi dan visioner yang menurut saya dapat dari komik Doraemon dimana di dalam cerita Doraemon sendiri memiliki alat-alat canggih yang seharusnya tidak ada pada zaman saat cerita komik doremon tersebut terbit. Pikiran dari author dan pencipta Doraemon, Fujiko Fujio tertular pada saya haha. Saat kecil saya juga suka membuat permainan sendiri atau hanya memodifikasi aturan main saja agar menyesuaikan dengan kemampuan teman-teman yang mengajak bermain.

2. Membaca Buku Adalah Hiburan dan Mengurangi Stress

Sampai saat ini saya merasa dengan membaca ternyata banyak sekali manfaatnya. Manfaat paling terasa sih membaca itu bisa mengurangi atau mencegah stress. Dalam setahun saya beberapa kali harus masuk hutan untuk mengambil data satwa dan tumbuhan. Di dalam hutan tidak ada hiburan lain. Biasanya untuk menghibur diri dan mengurangi stress di dalam hutan saya membawa buku untuk dibaca di sela-sela istirahat. 

Saya mendapatkan referensi buku seru dari seorang teman. “Lan cari buku Nias: Penyelamat Berkalung
Matahari, kalau nanti ke hutan lagi bawa dan dibaca ya”, ucapnya dalam chat privat message. Ahhh ternyata buku tersebut seru sekali, buku cerita tentang keluarga dan petualangan Kaho yang melarikan diri dari suaminya yang selingkuh. Teman saya juga memberi referensi buku dari Dee Lestari, Aroma Karsa. Namun buku ini tidak saya baca di dalam hutan tapi dibaca saat perjalanan mudik lebaran tahun lalu. Alur ceritanya bikin sepanjang perjalanan tidak bisa melepaskan buku tersebut.

Pulang dari hutan, setelah dapat tugas rutin yang padat, capek lelah dihilangkan dengan istirahat dan capek pikiran bisa kurangi dengan membaca bacaan yang kita sukai. Apalagi saya bisa membacanya di rumah sambil istirahat dan tak khawatir karena memasang Paket Internet Cepat dari IndiHome. Tinggal ambil Smartphone, ke web novel online atau buka webtoon lalu cari novel dan komik yang seru untuk dibaca. Jika kalian menyukai buku fisik, kalian bisa mencari review-review buku incaran kalian.

3. Menambah Wawasan dan Kosakata

Karena membaca buku, informasi, wawasan serta kosakata yang diketahui semakin bertambah sehingga kita bisa menjadi lawan bicara yang menarik. Sebagai orang yang kerjaannya sebagai admin sosial media dan website kantor, dengan bertambahnya kosakata makin memudahkan saya ketika sedang membuat caption ataupun artikel untuk website. Dengan Paket Internet Cepat yang dipakai kantor, membantu saya bisa mencari referensi, narasumber dan daftar Pustaka dari jurnal ilmiah dan buku online untuk membuat sebuah artikel ilmiah.

Kalau ditanya referensi buku untuk menambah kosakata saya tidak tahu. Tapi mungkin saya bisa memberikan tips untuk memulai membaca buku yang ringan dulu atau membaca buku bacaan anak-anak seperti buku dongeng bergambar, majalah bobo atau komik. Hal tersebut untuk merangsang kebiasaan membaca. Tahap selanjutnya adalah menemukan tema buku yang menarik minat kalian untuk membacanya. Kalau bisa usahakan untuk baca sampai akhir.

Referensi buku lain yang untuk kalian yang mulai membaca adalah Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Buku ini cukup ringan dan menyenangkan untuk dibaca. Selain itu dengan membaca ini kita bisa mendapatkan sudut pandang lain tentang hidup. Ada satu buku lagi yang ceritanya asik mengalir seperti Aroma Karsa karya Dee Lestari yaitu Gadis Minimarket karya Sayaka Murata. Buku ini menceritakan tentang Keiko perempuan berumur 36 tahun yang bekerja di Minimarket. Keiko dianggap aneh dan tidak normal sejak kecil hingga berumur 36 tahun keiko belum mengencani seorang pria sekalipun. Keiko digempur pertanyaan tentang perkembangan hidupnya yang membuat risih. Cerita Gadis Minimarket ini relate dengan yang terjadi di sekitar kita mungkin membuat saya jadi tertarik membacanya.

Sepertinya penulis memang bertujuan mengkritik tuntutan sosial yang terjadi di masyarakat terutama untuk kaum perempuan seperti Keiko yang dianggap tidak normal karena punya cara hidup berbeda dari orang lain pada umumnya. Menurut saya begitulah kenapa pentingnya membaca buku. Mulailah dari buku yang ringan sehingga kamu mulai terbiasa membaca lalu cari tema buku yang kamu sukai, usahakan membacanya sampai selesai. Yuk kita mulai dari sekarang :)

1 komentar:

  1. Aku baca Aroma Karsa pas liburan di rumah. Buku setebal itu selesai hanya dalam 3 hari. Seruuu banget sampe nggak kerasa udah halaman terakhir. Selalu dibuat kagum dengan imajinasinya Dee Lestari.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search