Sabtu, 26 November 2022

Sebelum Ke Dieng, Mampir Dulu Ke Kebun Teh Panama, Wonosobo

Landmark Tulisan Kebun Teh Panama

Biasanya jika wisata ke Dieng, orang-orang akan mampir ke Kebun Teh Tambi yang letaknya di pinggir jalan utama dari Wonosobo ke Dieng. Namun saya melewati jalur berbeda menuju Dieng dari Wonosobo. Saya mengambil jalur desa dari kota Wonosobo untuk mampir ke Telaga Menjer dan kebun Teh Panama.


Rute Menuju Kebun Teh Panama

Untuk menuju kesana sebenarnya cukup mudah, jika kalian dari Kota Wonosobo tinggal ambil jalan menuju ke dieng, dan saat sampai di pertigaan PLTA Garung ambil kiri, ikuti jalan tersebut hingga sampai di telaga Menjer. Ikuti jalan menyulusuri Telaga Menjer, melewati loket masuk ke arah dan kalian akan sampai di Perkebunan Teh Panama.


loket dan jalan masuk ke kebun teh panama

Tiket masuknya ternyata murah, perorang dikenakan Rp. 10.000 saja sudah bisa menikmati seluruh area kebun teh Panama dan fasilitasnya seperti tea garden trail atau jembatan kayu yang melintasi kebun teh Panama, Gardu Pandang Goyang untuk uji nyali, hammock dan fasilitas lainnya.


Setelah membayar tiket masuk saya berjalan naik menuju Tea Garden Trail atau jembatan kayunya. Sambil jalan saya melihat anak-anak sepulang sekolah yang bermain hammock sambil bercanda-canda. Hammock tersebut dipasang di pohon-pohon besar yang ada di pinggir jalan sela kebun teh Panama. Sepertinya tulisan tersebut diikat di dahan-dahan pohon.



Ternyata ada Jeep yang melintasi jalan makadam berbatu kebun Teh ini. Jeep tersebut menjadikan Kebun Teh Panama ini salah satu destinasi Tripnya mulai dari Wonosobo, Telaga Menjer, Khayangan Hill, Kebun Teh Panama dan biasanya trip dilanjutkan ke Objek-objek wisata Dieng sesuai permintaan dari tamu. Mirip seperti Lava Tour di Kawasan Merapi Yogyakarta.

gardu pandang bergoyang

Saat diatas jembatan jelas sekali tulisan Kebun Teh Panama yang dipasang di atas tanaman Tehnya. Tulisan tersebut memang bertujuan agar kita berfoto di atas Jembatan. Di arah sebaliknya dari tulisan ada jalan naik ke atas, dengan ujungnya adalah sebuah Gardu Pandang. Saya coba naik, sampai tengah tersa berbahaya karena bergoyang-goyang. Sampai melapor ke petugas jaga kalau gardu pandangnya goyang haha.


Asiknya Hammock di Alam

Beliau menjelaskan kalau gardu pandangnya memang dibuat seperti itu untuk memacu adrenalin. Keburu panik dan takut duluan haha. Karena terlanjur ngobrol dengan penjaga perkebunan teh Panama ini saya juga bertanya sejarahnya kebun Teh Panama.


Sejarah Kebun Teh Tambi


Kebun Teh Panama merupakan salah satu blok kebun teh yang di Kelola oleh PT. Tambi bersama dengan Pemkab Wonosobo. Dulunya perkebunan teh di daerah wonosobo dikelola oleh Pemerintah Belanda sejak tahun 1885 dan bernama Bagelen Thee & kina Maatschappij dan dikelola oleh NV John Peet.


Setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945 sempat berpindah tangan ke Indonesia lalu pindah tangan lagi ke pemilik semulanya setelah konferensi Meja Bundar. Pada tahun 1954, perkebunan Teh tersebut dijual kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan bersama pihak Swasta mengelola perkebunan teh yang diberi nama NV. TAMBI lalu sekarang berubag menjadi PT. TAMBI.


Menikmati Teh  Lokal Asli Wonosobo


Obrolan semakin kemana-mana, bapaknya menawarkan mencoba produk Teh Hitam Panama ini. Teh varian Panama ini awalnya ditanam di kebun teh di Bandung dan cocok tumbuh lalu dicoba lagi ditanam di daerah lain namun cocok di daerah Wonosobo ini. Bapaknya mengajak ke warung yang berada di depan loket masuk, warung tersebut sabtu minggu menjajakan makanan snack, kopi dan tentunya teh tambi.


Minum Teh Lokal di Kebun Teh Wonosobo

Teh yang disuguhkan ternyata adalah teh racikan antara teh hijau dengan Teh Hitam. Rasanya teh yang saya minum setiap harinya di Banyuwangi tidak ada apa-apanya. Akhirnya saya bungkus beberapa kotak teh hijau dan teh hitam dari Tambi agar bisa menikmati teh enak di rumah haha.


Menurut saya, mengunjungi Dieng ada baiknya mampir sebentar ke perkebunan Teh ini baik saat perjalanan berangkat ke Dieng atau pulang dari Dieng. Kalian bisa sekalian mampir menikmati Puncak Khayangan hill dengan pemandangan telaga menjer dari ketinggian atau bisa memilih menikmati Telaga Menjer dari bawah.


Tertarik ke Kebun Teh Panama, Wonosobo ini?

1 komentar:

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search