Kamis, 06 Oktober 2022

Kuliner Di Gerbong Kereta Makan Arum Dalu, Madiun, Jawa Timur

Interior Gerbong Kereta Makan Arum Dalu

Berpergian dengan Kereta memang menyenangkan. Makan dan Kuliner di Atas Kereta juga menyenangkan. Sambil makan di Gerbong Kereta Restorasi, menantap pemandangan persawahan, rumah, sungai yang silih berganti apalagi menu makanan di kereta api tahun 2022 ini makin beragam.

Perjalanan kali ini saya pergi ke Madiun bertemu teman lama sekaligus mencoba kuliner di SGerbong Kereta Makan Bernama Arum Dalu. Gerbong Kereta makan tersebut berada di dekat Stasiun Madiun tepatnya di halaman depan PT.INKA, sebuah perusahaan yang membuat gerbong dan lokomotif kereta api milik Indonesia.


Cara Kuliner Di Gerbong Kereta Makan Arum Dalu


halaman depan PT. INKA, Kafe Arum Dalu berada di belakang kereta biru

Untuk Kuliner Gerbong Kereta Makan Arum Dalu cukup mudah. Jika sudah ada di Stasiun Madiun, kalian tidak perlu naik kereta api. Kalian hanya perlu berjalan keluar Stasiun Madiun ke arah barat menyebrang pintu rel Stasiun Madiun. Setelah menyebrang jalan kalian bisa melihat ada Gerbong Kereta di Pinggir jalan di halaman depan PT. INKA. Itu adalah Resto Gerbong Kereta Makan Arum Dalu atau yang lebih dikenal Cafe Arum Dalu. Kalian bisa masuk ke bangunan terlebih dahulu untuk memesan menu makanan kereta.

Bagian dalam kafe Arum Dalu, Madiun


meja outdoor di bagian bangunan kafe arum dalu, madiun

Di Bangunan Kafe Arum Dalu ternyata bukan hanya bangunan kafe dan resto yang ada bangku kursi makan saja namun juga mini museum kereta api. Di dalamnya terdapat Infografik dunia Kereta Api Indonesia dari awal 1900an hingga saat ini. Selain itu juga ada miniature-miniatur lokomotif dan gerbong kereta api dari jaman dahulu hingga sekarang.

Miniatur Lokomotif dan Gerbong Kereta yang dibuat INKA

Setelah melihat-lihat maket PT. INKA dan Miniatur Lokomotif dan Gerbong Kereta Api. Saya langsung ke meja kasir melihat menu dan memesan makanan. Menu makanan di Cafe Arum Dalu ini cukup lengkap baik dari makanan berat seperti Rawon, Nasi Kulup, Aneka Nasi Goreng, Rice Bowl, dan Steak. Arum Dalu Kafe ini juga menawarkan makanan snack seperti Crofle, Burger, Kentang Goreng, Mendoan, Tahu Cabe Kering, dan yang menjadi andalan adalah KDR (Kroket, Rough, Daging Ayam), LRT (Lumpia Rebung Taoco) dan MRT (Mayo Risol Taoco). Makanan tersebut bukan hanya mengambil nama istilah Kereta Api tapi juga karena peletakan makanan yang berjejer berbaris seperti kereta api.

Menu Cafe Arum Dalu (klik untuk perbesar)

Minumannya pun beragam mulai dari aneka jenis Teh, Kopi kekinian dan kopi klasik juga aneka Jus Buah. Range harga makanannya mulai dari 15.000-35.000 sedangkan minumannya 7.500 – 25.000. Ya ampun cukup murah dan terjangkau kan.

Sejarah Gerbong Kereta Makan di Kafe Arum Dalu


Gerbong Kereta Makan Arum Dalu bernama Si Belo Kuda Troya

Mba saya pesan makanan andalan tadi, Es Teh dan Nasi Goreng Remukan Ati. Seremuk hati saya karna dia.  Mbanya Cuma bengong sambil input menu makanan yang saya pesan.

Setelah memesan, saya memilih makan makanan di Gerbong Kereta Makan Arum Dalu yang ada di luar bangunan kafe Arum Dalu. Gerbong kereta makan Arum Dalu kafe ini ternyata adalah prototipe Gerbong Pertama buatan PT. INKA bernama Si Belo Kuda Troya dengan Nomor Seri Kereta CW9X01. Prototipe Gerbong Kereta Pertama kereta Inka ini dibuat tahun 1982 setelah PT.INKA berdiri.


Prototipe Kursi Gerbong Kereta Si Belo Kuda Troya

Puas melihat Gerbong Kereta Makan Arum Dalu, saya mendorong pintu kereta dan masuk ke dalam. Wow, ternyata di dalamnya terdapat kursi kereta saling berhadapan menggunakan kursi rotan. Kursi Rotan berhadapan 2-2 ini juga salah satu Interior dari Gerbong Kereta Si Bejo Kuda Troya ini. Kalian bisa menemukan seat kursi rotan ini di Balai Yasa Surabaya Gubeng.

Di sebelah dari kursi rotan tersebut terdapat beberapa meja makan untuk 4 orang dan meja panjang menempel di sepanjang jendela gerbong kereta makan. Seperti di gerbong restorasi kereta pada umumnya di bawah meja terdapat colokan yang bisa digunakan para pengunjung kafe. Walau Gerbong Kereta Makan Arum Dalu kafe ini berada di pinggir jalan, suara bising lalu lalang kendaraan agak redam walau hanya saja sebenernya peletakan halte gerbong kereta di sebelah Kafe Arum Dalu ini kurang pas karena menghalangi pemandangan bagi yang duduk di meja panjang sejajar jendela.


Nasi Goreng Remukan Ati yang agak pedas

Makanan akhirnya sudah datang. Nasi Goreng Remukan Ati karena “dia” langsung saya santap karena memang sudah lapar karena perjalanan jauh dari Banyuwangi ke Madiun. Rasanya enak, pedasnya juga enak. Andai saya citarasa makanan di Kereta Api beneran kualitas rasanya bisa seenak ini pasti kuliner di kereta api makin menyenangkan.

Makanan MRT (Mayo Risol Taoco) yang disusun berjejer seperti gerbong MRT

Suasana nyaman di Kafe Arum Dalu baik di bangunan kafe maupun di gerbong kereta makan Arum Dalu bikin betah lama-lama. Apalagi jika ada teman ngobrol, bisa-bisa kami memesan makanan lagi. Ada juga mini museum seperti miniatur lokomotif dan gerbong kereta api serta infografik sejarah Kereta Api Di Indonesia membuat pengunjung bertambah pengetahuannya.

Kafe Arum Dalu terletak dekat sekali dengan Stasiun Madiun sekitar 10 menit jalan kaki, sehingga kafe ini rekomendasi untuk makan bagi kaliangyang ketika sampai stasiun Madiun atau menunggu jadwal keberangkatan kereta api di Stasiun Madiun.

1 komentar:

  1. Vintage banget tempatnya mas, kumasukin wishlist kalo mampir ke Madiun

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search