Minggu, 25 September 2022

Warung Makan Omah Kenangan, Surabaya - Kuliner Sambil Melihat Kenangan Soekarno-Haryati

Sudut Kenangan dari Warung Makan Omah Kenangan

Main ke Kota Surabaya, kali ini saya berniat untuk mengunjungi beberapa museum di Surabaya seperti Museum Olahraga, Pendidikan dan WR. Supratman. Di sela kunjungan museum tersebut saya bersama teman saya singgah ke sebuah Rumah penuh kenangan dari keluarga Istri keenam Pak Soekarno yang bernama Bu Haryati.

Halaman Depan Omah Kenangan 

Rumah tersebut milik kakak Haryati yang keberadaannya masih terawat dengan baik. Rumah tersebut arsitekturnya indah sekali tipikal bangunan lama tahun 50an. Bagi penyuka bangunan lama kini keadaannya masih terawat. Kini pada lantai kedua rumah tersebut dibuka sebuah rumah makan sederhana konsep vintage yang dijalankan oleh Bu Eni, salah satu keponakan dari Bu Haryati. Kedai Makan Sederhana tersebut diberi nama Warung Makan Omah Kenangan.

Sudut ruang depan Warung Makan Omah Kenangan

Setelah berada disana saya mengerti kenapa, Bu Eni memberi nama Warung Makan Omah Kenangan pada kedai makannya. Dalam dinding rumah tersebut terpasang banyak foto-foto kenangan keluarga dari Bu Haryati juga Bu Eni sendiri.

Bu Enny pemilik Omah Kenangan sedang melayani Pelanggan

Bu Enny mempunyai ide membuka warung makan sederhana ini karena merasa kesepian setelah ditinggal suaminya. Dengan membuka warung makan ini, Bu Enny bertemu dengan macam-macam orang baik untuk sekedar makan siang, melihat foto-foto kenangan dan menikmati suasana vintage dari Omah Kenangan ini.

Warung Makan Omah Kenangan dikelola sendiri oleh Bu Enny. Malam berbelanja, dan mulai dari pagi menyiapkan makanan yang akan disajikan untuk nanti siang. Menunya berubah-ubah tergantung saat itu dapat bahan masakan. Namun biasanya menu masakan yang tersedia berupa Nasi Rawon, Pecel, Kotokan Iwak Pe, Sarden, Krecek, sambel orek kentang dan macam-macam sayuran.


Makan Bebas pada kursi yang tersedia

Saat berada disana saya berniat memesan rawon, namun karena Bu Enny bangun kesiangan, beliau tidak sempat sehingga saya memesan Nasi Campur Sambel Orek Kentang dengan Ikan Tongkol. Setelah memesan kita bisa duduk dimana saja, di sofa depan, di teras atas, atau di kursi-kursi dekat jendela. Serasa makan di rumah sendiri, bebas makan dimana saja ahaha.

 

Kursi Panjang Favorit saya

Favorit saya adalah kursi panjang di dekat foto besar Bung Karno. Kursi panjang tanpa sandaran dengan sedikit bantalan busa agar yang duduk disana nyaman dan tidak terasa keras kayunya. Suasana disudut sana mirip sekali dengan rumah nenek.

Setelah makan saya melihat-lihat kenangan-kenangan yang terekam pada dinding Warung Omah Kenangan. Dari foto pernikahan, foto Bung Karno tertawa tanpa peci hitam khasnya, dan foto-foto lain dari keluarga bu Haryati dan Bu Enny.


Scan Surat Cinta yang ditulis Pak Soekarno untuk Haryati

Di dinding tersebut ternyata ada salah satu surat cinta yang ditulis Pak Soekarno untuk Bu Haryati. Kata-katanya terangkai indah dengan kosakata khas pada jaman tersebut. Surat Cinta ini tidak sengaja ditemukan oleh Bu Enny saat membereskan dokumen milik ibunya. Lalu Surat Cinta tersebut dibingkai dan dipajang di dinding Warung Omah Kenangan.

Sudut Favorit Omah Kenangan

Warung Omah Kenangan ini beralamat di Jalan Cipunegara No.44, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Warung Omah Kenangan ini buka mulai jam 11 Siang dan tutup saat makanannya sudah habis. Tutupnya tidak pasti, namun pada saat ramai-ramainya jam 1-2 siang makanan sudah habis. Saya datang kesana jam 2 siang dan beruntung menu masakan belum habis. Jika makanan sudah habis Bu Enny menutup warung makan Omah Kenangan dan beliau bisa beristirahat sejenak sebelum mempersiapkan hidangan makanan untuk esok hari.

Warung Omah Kenangan ini sangat menarik sekali untuk dikunjungi untuk makan siang sekaligus menikmati suasana vintage, foto-foto kenangan-kenangan Keluarga Soekarno-Haryati atau bernostalgia dengan furniture, prabotan lawas yang bikin rindu rumah nenek atau orang tua kita dulu. 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search