Minggu, 11 September 2022

Melihat Mercusuar Lama Di Pantai Kelip, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi

salah satu pemandangan di sekitar pantai kelip

Lama tidak blusukan ke pantai-pantai tersembunyi yang aksesnya susah. Kali ini saya mencoba ke Pantai Kelip, salah satu pantai yang berada di Kawasan Konservasi Taman Nasional (TN) Alas Purwo Banyuwangi. Perjalanan harus motoran menembus jalan hutan yang cukup rusak, pasir pantai dan menaiki tebing-tebing tepi pantai sisi timur TN Alas Purwo.

Pantai Kelip, begitu sebutan orang-orang sekitar Muncar terutama para pemancing tebing dan para nelayan. Dinamakan Pantai Kelip karena di atas tebing terdapat sebuah Mercusuar Kecil atau rambu suar yang menyala kelap-kelip ketika malam. Karena lampu kelap kelip dari mercusuar tersebut maka orang-orang menyebutnya Pantai Kelip.

Rute Perjalanan ke Pantai Kelip TN Alas Purwo

Perjalanan ke Pantai Kelip ini penuh perjuangan sekali. Dari Banyuwangi kota ambil arah menuju ke Jatipapak TN Alas Purwo yaitu melewati Rogojampi, Srono, Tembok, Pasar Sumberayu, Desa Kedungasri, lalu sampai di batas desa dengan hutan-hutan Jati. Pertigaan tersebut ada jalan tanah di samping Lapangan Sepak Bola (Lapangan PA). Ikuti jalan tersebut melewati Makam Panjang Mbah Dowo lalu akan sampai di Pos Loket Masuk Jatipapak. Di Pos Jatipapak kita harus membayar tiket masuk TN Alas Purwo sebesar Rp 5.000/orang saat weekday dan Rp. 7.500/orang saat Weekend. Kendaraan bermotor Rp 5.000.

petunjuk jalan ke pantai pasir putih

Perjalanan masih jauh karena dari Jatipapak harus berjalan kembali ke arah Sembulungan dan sebelum sampai Sembulungan aka nada papan petunjuk Jalan ke Pantai Pasir Putih Payaman. Ambil jalan ke Pantai Payaman. Dari pantai pasir putih Payaman kita bisa memarkirkan kendaraan di tempat aman dan berjalan ke tebing sebelah kiri jika kita menghadap laut atau membawa kendaraan kearah tebing sebelah kiri lalu memarkirkan kendaraan disana

Pantai Pasir Putih


Berjalan di pantai Pasir Putih ini pasirnya lembut sekali seperti bubuk. Namun semakin ke arah darat, pasir agak keras. Motor masih bisa dibawa menyelusuri pantai pasir putih kearah tebing sebelah kiri selama hati-hati. Sampai tebing cari tempat nyaman dan aman hindari parkir di tepi pantai karena kita tidak tahu air pasang tertinggi pada hari ini sejauh apa.

tebing sisi utara Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih ini juga disebut pantai pasir putih panjang karena pasir ini panjang sekali dari ujung utara ke ujung selatannya, Jika menyelusurinya dengan jalan kaki sudah jelas capek sekali. di Sebelah selatan pantai pasir putih ini adalah Pantai Pasir Putih Payaman atau Pantai Payaman yang punya tebing karang yang bagus.

jalan kaki menyelusuri hutan bambu pinggir pantainya alas purwo

Untuk sampai pantai Kelip dari Pantai Pasir Putih Payaman tinggal jalan kaki menyelusuri jalan setapak yang ada disana. Jalan tersebut sering dilintasi oleh para nelayan dan pemancing yang mencari ikan dengan memancing dari atas tebing.

Dalam perjalanan susur tebing, kami disuguhi oleh banyak pemandangan indah laut Samudera dari atas tebing. Sesekali dari arah laut terdengar suara musik yang asalnya ternyata dari Kapal Slerek yang hendak berangkat mencari ikan. Mereka membawa sound system saat berlayar sebagai hiburan saat melaut mencari ikan.

Air lautnya punya dua warna

Perjalanan jadi lambat, bukan karena capek tapi karena pemandangannya indah. Jalan sedikit berhenti foto, jalan sedikit foto haha. Sepanjang tebing ke arah pantai Kelip jika diperhatikan ada dua warna laut yang berbeda yaitu biru gelap dan biru muda. 

Perbedaan ini ternyata karena pada warna biru muda perairannya terlalu dangkal sehingga cahaya matahari yang masuk kedalam laut cepat terpantul dan membuat warna biru lebih terang. Sedangkan warna biru gelap menandakan laut cukup dalam. Adanya perbedaan warna laut ini kemungkinan ada jurang laut di perbatasan warna laut biru muda dan biru gelap. Apalagi Kawasan Alas Purwo terutama pantai Kelip adalah tanah daratan bawah laut yang naik karena proses geologi bumi jutaan tahun lalu dan menjadin dataran pertama, hutan pertama, hutan tertua (Alas Purwo).

Sampai Di Pantai Kelip

Mercusuar Pantai Kelip

Setelah setengah jam perjalanan melintasi tebing, akhirnya kami bisa melihat mercusuar pantai kelip yang berada di atas tebing. Mercusuar ini ternyata dibangun oleh Distrik Navigasi pada tahun 80an untuk rambu transportasi laut. Mercusuar pantai kelip dibangun agar kapal-kapal yang melintas perairan dekat Alas Purwo ini tahu kalau dekat rambu suar ini ada tebing dan perairan dangkal sehingga kapal mereka tidak menabrak tebing atau karam.

Pantai Kelip ini berada di Kawasan konservasi TN Alas Purwo. Jika berkunjung kesini lewat pos jaga Jatipapak, membayar tiket masuk dan memberitahu petugas bahwa ingin pergi ke Pantai Pasir Putih dan Pantai Kelip. Karena tidak ada warung yang berjualan disana, bawa bekal dari luar ya dan sampahnya dibawa pulang kembali karena tidak ada tempat sampah dan petugas kebersihan disana.

 

 


3 komentar:

  1. Penak buat mancing kayake mas, sambil ngecamp hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sinyal juga.. kalau dikabari istri suruh pulang bisa langsung pulang haha

      Hapus
  2. dan aku belum pernah blusukan sampe kesana, nama pantai Kelip baru tau juga
    pantai pasir putihnya keren bangett, kayak pantai-pantai di Lombok

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search