Senin, 19 September 2022

Dieng Park, Wonosobo, - Tempat Menikmati Sunrise dan Pemandangan Telaga Warna Pengilon dari Ketinggian

Menikmati Pagi Telaga Warna Pengilon di Dieng Park

Tempat menikmati matahari terbit dan menikmati pagi di Dieng, Jawa Tengah yang terkenal adalah Puncak Sekunir dan Gardu Pandang Tieng. Puncak Sikunir yang terkenal Golden Sunrise dengan hiasan kabut-kabut dan pemandangan puncak gunung di Jawa tengah. Sedangkan Gardu Pandang Tieng kita bisa melihat pemandangan Kabupaten Wonosobo dari ketinggian beserta kemegahan Gunung Sindoro.


Kali ini saya ingin menikmati sunrise dieng dari spot lain, yaitu Dieng Park yang letaknya berada di sebelah Telaga Warna Pengilon. Wilayahnya juga termasuk bukit sehingga kita bisa melihat pemandangan Telaga Warna Pengilon dari ketinggian. Saya membayangkan suasananya pasti indah, apalagi bisa melihat refleksi warna jingga dari matahari yang perlahan-lahan keluar dari ufuk timur.


Rute Menuju Dieng Park

Rute Menuju Dieng Park ini cukup mudah karena letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna Pengilon dan satu jalur wisata Dieng. Namun pengelola wisata Dieng Park ini berbeda dengan Telaga Warna Pengilon yang dikelola oleh BKSDA Jawa Tengah, sedangkan Dieng Park ini di Kelola oleh Pemda setempat. Harga tiket masuk Dieng Park ini seharga Rp. 10.000 saja, namun karena datang pas Sunrise tidak ada yang jaga loket sehingga kami masuk gratis hehe


Jika Telaga Warna Pengilon menawarkan pemandangan dari dekat, wisata spiritual berupa goa-goa di tengah telaga. Dieng Park menawarkan wisata pemandangan Telaga Warna Dieng dari ketinggian, taman untuk anak-anak juga bumi perkemahan.


Dari loket masuk kita sudah bisa melihat taman bermain dengan beberapa wahana permainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit juga beberapa bangunan tema camp Indian sebagai tempat selfie. Jika mengikuti jalan setapak yang mengarah ke atas bukit kita akan disambut dinding buatan ala jepang-jepangan yang diperuntukan untuk spot foto.

 

Spot Sunrise Telaga Warna Dieng

Kami abaikan spot ini dan terus naik ke atas bukit tingkat pertama kita sampai di spot pemandangan indah untuk memandang Telaga Warna Pengilon dari ketinggian. Disana ada beberapa kursi meja panjang untuk duduk menikmati danau, menyantap makanan yang dibawa dari luar atau membeli di kantin yang ada di Dieng Park ini.


Ada tangga naik lagi menuju puncak dari kaldera yang mengelilingi Telaga Pengilon. Perjalanan ke atas terdapat gazebo atau shelter untuk beristirahat di kiri jalan sedangkan kanan jalan ada pemandangan telaga warna yang tertutup dahan-dahan pohon.

 

bumi perkemahan di Dieng Park

Sampai di Puncak ternyata adalah Camping Ground yang cukup luas bisa menampung sekitar 20 tenda. Camping ground ini mewah sekali pemandangannya berupa pemandangan Telaga Warna Pengilon yang bebas dari tutupan dahan pohon. Dari kejauhan kitab isa juga melihat spot bukit Ratapan Angin yang berada di kaldera sebrang.


pemandangan dari puncak dieng park

Kami memutuskan kembali ke bawah saja, ditempat ada tempat duduk menikmati langsung memandangan matahari pagi yang terbit di depan kami. Padahal berangkat ke Dieng kami sudah membawa Kompor Gas Portable untuk membuat kopi saat menunggu pagi dinginnya Dieng entah kenapa sampai kelupaan tertinggal di Hostel Tani Jiwo.


Sunrise Telaga Warna Pengilon, Dieng

Matahari makin lama makin tinggi, pemandangan Telaga Warna Pengilon makin terlihat jelas baik warnanya maupun detil-detil lainnya. Daerah sekitar kami agak bau belerang, pas kami lihat kea rah bawah jurang ternyata disana ada Endapan atau tumpukan Belerang. Mungkin itu adalah Zona inti dari Telaga Warna Pengilon Dieng.


Cuaca sudah mulai terang di dieng park

Suasana sudah makin pagi, saya rasa loket masuk ke Telaga Warna Pengilon Dieng sudah buka, kami bergegas membereskan barang bawaan lalu turun ke parkiran lalu menuju Pintu Masuk Telaga Warna Pengilon Dieng. 

1 komentar:

  1. sekarang di Dieng makin banyak pilihan tempat untuk menikmati sunrise.
    Dulu waktu aku kesono, rencana mau sunrise-an, tapii karena ademm pollll mending milih mlungker kak hahahha

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search