Selasa, 23 Agustus 2022

Sebelum Ke Dieng, Cobain Dulu Kuliner Mie Ongklok Longkrang di Kota Wonosobo, Jawa Tengah

Warung Kuliner Mie Ongklok Longkrang di Wonosobo

Sebelum ke Dieng dari Jogja, Saya melewati kota Wonosobo dan memutuskan mampir sejenak untuk makan siang sekaligus kuliner di Kota Wonosobo. Kuliner Wonosobo yang wajib dicoba sudah pasti Mie Ongklok, mie dengan kuah kental yang khas ini hanya bisa ditemukan di daerah Wonosobo.


Dari sekian banyak warung Mie Ongklok di Wonosobo. Siang ini saya memilih Warung Mie Ongklok Longkrang yang lokasinya searah jalan menuju Dieng dan Warung Mie Ongklok Longkrang buka mulai jam 09.00 hingga 17.00 WIB. Untungnya saat datang kesini siang hari, warung Mie Ongklok longkrang belum ramai pengunjung untuk makan siang jadi bisa langsung dapat kursi untuk memesan makanan.


penampakan depan Warung Ongklok Longkrang

Alamat dan Rute Warung Mie Ongklok Longkrang.

Mie Ongklok Longkrang beralamat di Jl. Pasukan Ronggolawe No.14, Longkrang, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Letaknya ruas jalan ini strategis di dekat jalan utama menuju Dieng dari kota Wonosobo atau di pinggir jalan searah dari Dieng menuju Pusat Kota Wonosobo sehingga warungnya mudah sekali didatangi dan ditemukan.


Mie Ongklok Longkrang ini merupakan kuliner legendaris Wonosobo sudah berjualan mulai tahun 1975. Nama longkrang diambil dari Kampung tempat dimana warung Mie Ongklok ini berjualan. Menurut orang-orang Wonosobo, Warung Mie Ongklok Longkrang ini citarasanya tidak berubah walau pemiliknya sudah berpindah tangan ke ahli waris yang juga merupakan anaknya, Pak Waluyo.


Ada kursi di luar dan dalam ruangan

Warung Mie Ongklok Longkrang ini sejak dulu sudah sederhana, ada bangku di dalam ruangan dan ada di luar ruangan. Saya memilih berada di luar ruangan dekat dengan dapur supaya bisa melihat proses pembuatan Mie Ongklok sekaligus menikmati udara kota Wonosobo yang punya semilir angin yang sejuk.


Meracik Mie Ongklok

Setelah memilih tempat duduk, saya memesan 1 porsi mie ongklok dan 1 porsi sate daging sapi yang menjadi andalan untuk pendamping mie ongklok selain gorengan tempe kemul dan geblek. Melihat pembuatan Mie Ongklok ini juga menarik. Mie direbus lalu diracik dalam satu mangkuk ditambah dengan potongan kol, daun kucai lalu diberi kuah kental berkanji juga kecap racikan sendiri.


Mie Ongklok dengan Sate Sapi dan Gorengan Tempe Kemul dan Geblek

Rasanya pas sekali, Mie Ongklok dengan kuah kental yang khas disajikan dalam keadaan panas bersama sate daging sapi juga tempe kemul dan geblek untuk disantap dalam cuaca kota Wonosobo yang punya semilir angin yang sejuk. Sebelum disantap, baiknya mie ongkok diaduk terlebih dahulu agar bumbu dan kuah kental khasnya tercampur bersama mie secara merata.


Penampakan Mie Ongklok Longkrang

Sebenarnya menikmati Mie Ongklok aslinya bukan bersama Sate atau Gorengan Tempe Kemul dan Geblek namun dengan Saren, olahan darah ayam yang dibuat menjadi padat namun sekitar tahun 1985 mulai berubah dan mengutamakan makanan halal sehingga pendamping Mie Ongklok diganti sate Daging Sapi. Sate Daging Sapi di Warung Mie Ongklok Longkrang ini sangat pas sekali keempukannya sehingga cocok sekali menjadi makanan pendamping Mie Ongklok ini.

Harga Mie Ongklok Longkrang

Harga Mie Ongklok Longkrang ini di Wonosobo murah dan terjangkau. Satu mangkuk Mie Ongklok Longkrang seharga Rp. 11.000, sate daging sapi 10 tusuk seharga Rp. 28.000 dan gorengan tempe kemul dan geblek seharga Rp. 1.000 saja.


Saya menyesal karena baru sekali ini mencoba kelezatan mie ongklok ini, saat dulu kuliah ke Jogja kenapa tidak kepikiran untuk jalan ke Wonosobo mencoba kuliner Mie Ongklok ini haha. Mau nambah lagi namun kepikiran perjalanan ke Dieng masih akan mampir-mampir ke beberapa lokasi seperti Telaga Menjer dan Kebun Teh Panama dan mencoba kuliner apa aja yang ada di sekitar sana.


Mie Ongklok Longkrang ini termasuk salah satu Mie Ongklok Tertua di Wonosobo. Mie Ongklok ini harus kalian coba saat berkunjung ke Kota Wonosobo atau hendak ke Dieng karena Mie Ongklok ini tidak bisa kita temukan di daerah lain.


Tertarik mencoba Mie Ongklok Longkrang di Wonosobo kan.

1 komentar:

  1. Waktu 2019 sebelum ikut DCF, aku diajak Charis dan mbak Wening ke sini. Rasanya seingatku ada cenderung manisnya, jadi buat sebagain lidah mungkin kudu beradaptasi heheehhe. Tapi pas di makan malam-malam memang enak

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search