Rabu, 20 Juli 2022

Berkunjung Ke Perpustakaan Jakarta Cikini Di Taman Ismail Marzuki

 

Walau tidak semuanya, Perpustakaan yang dikelola kabupaten mungkin desain interior yang kurang menarik sehingga minat orang untuk ke perpustakaan untuk sekedar membaca atau berdiskusi tidak besar. Namun Taman Ismail Marzuki Cikini kini berbenah mengubah desain bangunannya ramah anak muda. Salah satunya adalah Perpustakaan Jakarta yang punya desain interior dan konsep yang menarik sehingga membuat masyarakat Jakarta baik anak muda maupun bapak-ibu ingin datang melihat perpustakaan Jakarta yang baru di Cikini.


Rute ke Perpustakaan Jakarta Cikini

Perpustakaan Jakarta di Cikini ini terletak di dalam komplek Taman Ismail Marzuki (TIM) dimana Planetarium dulu juga ada di dalamnya. Untuk sampai ke Perpustakaan Jakarta di Cikini ini mudah kok kalian bisa naik Kereta KRL atau Commuter line dan turun di Stasiun Cikini. Dari Stasiun bisa langsung naik ojek saja. Atau jika kalian ingin naik angkutan umum Metro Trans kalian bisa naik Metro Trans 5M (Tanah Abang-Kampung Melayu) dari Kampung Melayu dan turun di Halte Taman Ismail Marzuki atau jika dari Lebak Bulus naik Metro Trans 6H (Pasar Senen-Lebak Bulus) dan turun di Halte Taman Ismail Marzuki.


Cara Berkunjung Ke Perpustakaan Cikini

Perpustakaan Cikini Jakarta ini punya kuota kunjungan dalam satu ruangan sebanyak 400 orang. Pengunjung perpustakaan yang ingin datang sebelumnya bisa terlebih dahulu reservasi dari beberapa hari sebelumnya agar mendapatkan kuota kunjungan.

Scan Barcode reservasi kunjungan kr perpustakaan cikini secara online


Caranya reservasi kunjungan ke Perpustakaan Jakarta Cikini mudah. Begini langkah-langkahnya:

1. Buka website perpustakaan.jakarta.go.id

2. Pilih menu Jelajahi lalu pilih  Reservasi Kunjungan

3. Isi Form tanggal kunjungan, perpus yang ingin dikunjungi dan NIK.

4. Nanti akan muncul Barcode. Screen Shot atau Rekam Layar Barcode tersebut dan simpan.

5. Tunjukan barcode tersebut saat akan masuk ke Perpustakaan Jakarta Cikini.


Saat berkunjung ke Perpustakaan Jakarta Cikini kita tidak boleh membawa tas, makanan dan minuman masuk sehingga tas harus dititipkan di loker. Barang berharga seperti dompet, laptop dan lainnya bisa dibawa ke dalam perpus. Nanti kita akan diberikan tas Plastik transparan untuk mempermudah membawa barang yang kita bawa ke dalam perpus.


Sampai di Ruang Utama Perpustakaan Jakarta Cikini ini bikin takjub. Banyak jendela-jendela yang membuat cahaya masuk cukup banyak. Belum lagi disediakan beberapa jenis meja kursi seperti meja kursi panjang, meja besar dengan kursi keliling, ada beberapa meja di dalam box yang bisa meredam suara bising keluar. Selain itu ada kursi-kursi yang nyaman untuk membaca. Jika sedang malas duduk ada ruang lesehan lengkap dengan rumput sintesis dan bean bag yang membuat membaca lebih nyaman. 


Rasanya fasilitas yang ada di perpus ini diperuntukan untuk orang-orang yang ingin mengerjakan tugas, kerja kelompok, berdiskusi atau sekedar membaca.



Selain itu tersedia ruang bermain atau aktivitas anak-anak umr 5 tahun ke bawah. Di dalam ruang tersebut terdapat mainan-mainan edukasi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Di sekitar ruang tersebut terdapat rak buku cukup banyak bertema tentang anak-anak.






Perpustakaan Jakarta Cikini ini membuat tema yang menarik, membuat perpustakaan punya banyak aktivitas seperti membaca, mengerjakan tugas, berdiskusi, mendidik anak-anak. Membuat ruang-ruang yang nyaman di perpustakaan  ini juga bagus. apalagi untuk lingkungan perkotaan seringkali orang-orang mencari coworking space atau tempat nyaman untuk bekerja. Mungkin dengan adanya tempat senyaman Perpustakaan Jakarta Cikini ini bisa menjadi pilihan untuk orang-orang tersebut mengerjakan pekerjaan atau tugasnya dengan nyaman.


Kunjungan kali ini saya di Perpustakaan Jakarta juga ingin mencari tempat nyaman untuk menulis blog juga sekaligus membaca buku-buku koleksi Perpustakaan Jakarta Cikini ini. Koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Jakarta Cikini ini cukup banyak dari keilmuan, agama, hingga novel-novel fiksi. Karena butuh bacaan ringan saya mengambil novel fiksi untuk saya baca. Walau situasi saat saya berkunjung cukup ramai, tetap saja saya bisa nyaman membaca buku tersebut.

Jika kalian ingin ke Perpustakaan Jakarta Cikini yang berada di dalam Komplek Taman Ismail Marzuki. Jangan lupa untuk reservasi kunjungan terlebih dahulu agar mendapatkan Kuota di hari yang diinginkan. Jangan lupa makan-minum terlebih dahulu karena tidak boleh membawa makanan-minuman ke dalam perpustakaan.

2 komentar:

  1. Ayo kapan-kapan dolan neng perpustakaan Gratama samping JEC. Hahahaha
    kayake di sana dibatasi urusan motret

    BalasHapus
  2. Bberapa temenku udah kesini, aku blm sempet2 nih. Pengen bangettttt, dan kalo bisa ajakin anak2. Sukaa sih liat designnya. Kliatan banget modern dan ga kaku kayak perpustakaan lama. Salut mereka bisa merenov perpustakaannya jadi bagus begini

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search