Senin, 27 Juni 2022

Pantai Kapal Pecah, Banyuwangi - Titik Paling Timur Pulau Jawa


Banyuwangi merupakan daerah paling timur di Pulau Jawa. Titik paling timur Pulau Jawa berada di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, tepatnya pada koordinat 8°43'02.7"S 114°36'19.0"E. Pada titik koordinat Ujung Paling Timur Pulau Jawa tersebut berada di daerah bernama Blok Kapal Pecah atau Pantai Kapal Pecah yang punya sebuah mercusuar di pinggir pantainya.


Kenapa Titik Paling Timur Pulau Jawa Disebut Kapal Pecah?


Di Jawa, penamaan suatu daerah selalu ada cerita dibalik namanya, seperti halnya Pantai Kapal Pecah ini. Sejak dahulu disebut Kapal Pecah karena di laut sekitar sering terjadi kapal karam karena tertabrak karang yang mengakibatkan lambung kapal pecah. Kecelakaan laut ini telah yang berlangsung lama sejak dahulu. Buktinya di tengah laut terdapat Bangkai Kapal Perang Jepang yang bertugas membawa amunisi karam. Kalau kita mendekat ke arah pantai Kapal Pecah terlihat dua tiang kapal dan samar-samar di dasar laut terlihat badan kapalnya.

Tiang kapal perang Jepang yang karam di sekitar Kapal Pecah


Banyaknya kapal karam terjadi karena pada titik Paling Timur Pulau Jawa ini punya karakter geologi laut yang unik berupa barrier karang yang memanjang sehingga kapal tidak bisa merapat ke daratan karena akan membentur barrier karang tersebut dan membuat lambung kapal pecah dan tenggelam. Namun jika kalian menggunakan kapal kecil dan mempunyai juru mudi dan navigator handal, ada cara untuk mendarat ke pantai kapal pecah tersebut dengan mengendarai gelombang ombak yang datang dari laut menuju ke darat lewat celah karang barrier. Nelayan disana menyebut Celah barier karang tersebut adalah Plawangan.

kapal berhenti mencari celah karang untuk masuk ke pesisir pantai

Saya beruntung bisa kesini karena ada kerjaan untuk memantau keadaan mercusuar atau lampu suar yang ada di titik ujung paling timur Pulau Jawa. Setelah lega perjalanan 2-3 jam dengan kapal cepat. Jika tidak menggunakan kapal cepat, katanya bisa 6-7 jam perjalanan. Setelah menempuh lebih dari 2 jam perjalanan, kami berhasil mendarat di daratan paling timur di Jawa, Pantai Kapal Pecah.


Pasir putihnya lembut sekali, jika dipegang rasanya seperti bubuk. Berbeda dengan pasir yang ada di Pantai Plengkung Gland atau Pantai Parangireng yang satu garis pantai ini mempunyai Pasir Gotri (Pasir Lada). Vegetasi tanamannya pun tidak terlihat pohon besar, hanya semak belukar yang menutupi jalan kita masuk ke dalam hutan.

Kondisi Pantai Kapal Pecah


Mercusuar atau Menara kelip yang ada di Ujung Timur Pulau Jawa ini dibangun oleh Distrik Navigasi Surabaya untuk memperlancar transportasi laut yang ada di perairan sekitar Alas Purwo bagian timur ini. Mengingat area ini sering dilewati oleh kapal nelayan, kapal pembawa batu bara kearah paiton. Dengan adanya Mercusuar ini sebagai tanda menyatakan lokasi, juga bahwa di sekitar sini kapal tidak boleh mendekat ke daratan karena bisa karam karena ada barrier karang yang memanjang disekitar pesisir pantai.


Mercusuar di Kapal Pecah

Sebelumnya, pada jaman penjajahan Belanda, Belanda telah membangun mercusuar besar di bagian selatan Alas Purwo bernama Mercusuar Bantenan yang ada di Tanjung Bantenan. Sekarang bangunan tersebut rusak karena termakan usia.


Kembali ke Titik paling timur Pulau Jawa. Saya bertemu nelayan dan mereka  bercerita tentang daerah kapal pecah ini. Menurut mereka kadang ada kapal yang karam karena melihat banyak cahaya lampu di sekitar kapal pecah. Mereka mengira itu adalah kota dan saat menepi mereka tersadar kapalnya terbentur karang dan karam. Mungkin karena ada potensi kecelakaan laut, Distrik Navigasi Surabaya membangun mercusuar di Pantai Kapal Pecah, Titik Paling Timur Pulau Jawa tersebut.


Begitulah cerita singkat dari kunjungan singkat ke sisi paling timur dari pulau Jawa. Semoga menjawab sebagian rasa penasaran kalian tentang titik paling timur Pulau Jawa.

1 komentar:

  1. Keren sekali mas. Apalagi sepenggal cerita nelayan di paragraf akhir, bikin bakin penasaran 😬

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search