Rabu, 13 April 2022

Kunang-Kunang Tent Resort, Banyuwangi - Glamping Di Tengah Hutan Kecil Banyuwangi

Interior Kunang Kunang Tent Resort

Terlihat gemerlap kecil dari arah rimbunan dahan pohon yang berasal dari aliran sungai. Cahaya tersebut serasa seperti cahaya kunang-kunang yang sekarang sudah jarang ditemui. Cahaya tersebut berasal dari bangunan-bangunan sebuah penginapan unik di Banyuwangi. Sesuai yang terlihat penginapan tersebut Bernama Kunang Kunang Tent Resort.

Kunang-kunang Tent Resort ini merupakan salah satu hotel di Banyuwangi yang terbilang baru bersama Teras Hotel, Sawah Ijen dan Omah Bapak yang lokasinya berada sekitar kawah Ijen. Kunang-Kunang Tent Resort ini menarik karena punya konsep Glamping dimana kita menginap tenda yang punya fasilitas seperti hotel dan biasanya memiliki view menarik dan khas. Di Kunang-kunang Tent Resort menawarkan nuansa menginap di pinggir sungai dan di dalam hutan.

Rute Ke Kunang-Kunang Resort

Kunang-Kunang Tent Resort ini terletak di daerah Licin tepatnya di Dusun Glondok, Desa Licin, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Walau letaknya agak Blusuk masuk ke dalam namun tidak terlalu dari jalan utama ke Taman Wisata Alam Kawah Ijen. Untuk menuju kesana cukup mudah, dari Banyuwangi kota, arahkan kendaraan ke arah kawah ijen, melewati pintu rel kereta Sasak Perot, Pertigaan Patung Barong, Desa Olehsari, Kecamatan dan Pasar Glagah, lalu akan melewati jalan kelak kelok tebing dan jurang daerah licin. Setelah melewati Kantor Polsek Licin akan ada pertigaan ambil kanan ikuti jalan ke arah masjid yang terlihat di pinggir sawah. Ikuti jalan perkampungan tersebut melewati sawah, turunan dan tanjakan nanti Kunang-Kunang Tent Resort akan terlihat di sebelah kiri jalan.

Lokasinya benar-benar privat sekali, berada di lembah sungai yang punya banyak pepohonan baik pohon kayu maupun pohon buah terutama pohon durian. Waktu kesini menjelang siang pun masuh terdengar suara kicau burung, juga suara gemuruh arus sungai yang terus mengalir di dasar lembah. Rasanya menginap disini bisa menjadi terapi menghilangkan penat dari rutinitas harian.

Tipe Kamar

Satu Tent Room sudah dapat privat Balkon

Kali ini saya diajak berkeliling melihat Kunang-Kunang Tent Resort. Disini punya tiga tipe kamar, dua tipe kamar tenda glamping berbentuk setengah bola, dan satu tipe kamar bangunan. Tipe Kamar Tenda Glamping yaitu Binar Tent yang punya diameter luas 70m2 beserta beranda privatnya. Fasilitas di dalam tenda yaitu King Bed Size dengan meja dan kursi rotan malas yang berada di depan jendela untuk bermalas-malasan memandangi pemandangan luar jendela. Kamar Mandi berada di bagian belakang berbentuk kotak dengan dinding full kaca pada satu sisinya. Rasanya berada di sekitar kamar saja sudah menyenangkan.

Tipe Kamar: Binar Tent

Kamar tipe Tenda satu lagi adalah Pendar Tent yang punya fasilitas mirip dengan Binar Tent. Bedanya Pedar Tent punya ukuran luas 60m2 dan tidak ada fasilitas meja kursi rotan yang ada di depan jendela. Namun tidak terlalu masalah karena bisa duduk di atas Kasur. Tipe kamar ketiga adalah tipe kamar berbentuk bangunan, namun tidak sempat melihat karena kondisi sedang terisi penuh.

Kamar Mandi di Pendar Tent Room

Kamar Tipe Tent Room jumlahnya cukup banyak dengan beberapa view jendela yang ditawarkan. Beberapa tent room punya view berada di tengah hutan dengan view pepohonan dan sungai, beberapa tent room juga ada view di area agak terbuka dengan view sawah menghadap kea rah timur sehingga saat sunrise bisa melihat jelas warna-warna memerah langit Banyuwangi yang punya julukan Sunrise Of Java.

salah satu Tent Room di area agak terbuka

Di Kunang-Kunang Tent Resort ini terdapat Resto yang Bernama Alas yang berarti Hutan karena lokasinya masih berada di sekitar lembah hutan tepatnya di bagian bawah dekat dengan sungai. Alas Resto ini menerima tamu yang tidak menginap, jadi kalian bisa makan disini sambil merasakan vibes suasana Kunang-kunang Tent Resort.

Alas Resto

Jalan setapak di Kunang-Kunang tetap mempertahankan pohon

Saya takjub sekali dengan desain arsitektur dan konsep Kunang-Kunang Tent Resort ini. Mengangkat serangga kecil yang keberadaannya mulai langka padahal kunang-kunang merupakan salah satu satwa indikator bahwa ekosistem disekitar keberadaan kunang-kunang masih baik. Kunang-Kunang Tent Resort juga meminimalisir penebangan pohon-pohon yang berada di lembah, bahkan tanaman tamannya saja masih menggunakan dan memanfaatkan tanaman sekitar. Saya lihat ada beberapa tanaman-tanaman merambat di tebing tetap lestari seperti tanaman begonia hijau yang sering digunakan warga setempat sebagai salah satu bumbu masak.


Kunang-Kunang Tent Resort ini memang layak dicoba jika kalian ingin bersantai menikmati waktu bersama orang-orang tersayang. Ketenangan lokasinya bisa dijadikan self healing dari kepenatan atau rutinitas sehari-harinya. Rate harga kamar di Kunang-Kunang Tent Resort sekitar 1.800.000 ke atas (Traveloka). Harga tersebut menurut saya sebanding dengan suasana dan fasilitas yang ditawarkan oleh Kunang-Kunang Tent Resort.

Gimana tertarik Staycation di Kunang-Kunang Tent Resort.



Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search