Rabu, 23 Februari 2022

Rumah Serangga, Kalibaru, Banyuwangi - Melihat Dan Mengenal Serangga-Serangga Asli Indonesia


Wisata Pendidikan di Banyuwangi masih sedikit sekali. Padahal potensi untuk dijadikan wisata pendidikan cukup banyak. Kali ini saya mengunjungi salah satu yang menurut saya masuk dalam wisata pendidikan di Banyuwangi yaitu Rumah Serangga yang ada di Kalibaru.

Saat mngunjungi Rumah Serangga Banyuwangi di Kalibaru, saya jadi teringat perjalanan 11 tahun silam ketika ke Sulawesi saya mampir ke Kerajaan Kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Rasanya menyenangkan sekali melihat beragam kupu-kupu berterbangan ke segala arah, melihat koleksi awetan beragam kupu-kupu hingga cinderamatanya. Di rumah serangga ini kita menjumpai serangga awetan yang bisa jadi media pengenalan dan pembelajaran. 

Rute Ke Rumah Serangga, Banyuwangi
Rute ke Rumah Serangga Banyuwangi cukup mudah karena letaknya berada di jalan utama Banyuwangi Jember. Jika kalian dari kota Banyuwangi arahkan kendaraan melewati Rogojampi, melewati Tugu Kebo Keboan Alas Malang , melewati Genteng, Melewati Glenmore lalu sampau di daerah Kalibaru. Setelah melewati Pasar Kalibaru dan Stasiun Kalibaru akan ada patung Kumbang Badak di kiri jalan disitulah lokasi Rumah Serangga Banyuwangi.

Bangunan Rumah Serangga dari depan

Rumah Serangga menggunakan bangunan gaya kolonial yang sering kita lihat di daerah Kalibaru. Bangunan depan digunakan untuk koleksi serangga awetan dan bagian belakang dijadikan kafe. Untuk masuk ke Rumah Serangga ini kita ditarik biaya tiket masuk Rp. 10.000/orang dan tiket bisa dibeli di kafe rumah serangga.

Awetan Serangga Kupu-Kupu

Ketika masuk ke dalam Rumah Serangga, perasaan takjub langsung datang apalagi melihat bingkai-bingkai awetan serangga cantik yang didominasi oleh Serangga dari ordo Lepidoptera yaitu dari jenis Kupu-kupu dan ngengat yang punya banyak macam corak warna pada sayapnya.

Awetan Belalang Sembah

Saya ingat beberapa jenis kupu-kupu yang pernah saya foto yaitu kupu-kupu raja rumah hijau ternyata setelah datang ke Rumah Serangga ini kupu-kupu Ulam Raja ini ada beberapa jenis. Era 90an dulu sempat melihat banyak Kupu-kupu Gajah yang punya badan agak gemuk, bentuk antenna untuk dan sayap warna coklat dengan corak yang unik. Ternyata bukan termasuk kupu-kupu melainkan jenis Ngengat.

Melihat dengan seksama satu persatu bingkai koleksi awetan serangga ini menyenangkan sekali, karena banyak sekali jenis serangga yang pernah dilihat. Serangga yang badannya cukup panjang menyerupai sebuah dahan, jenis-jenis kumbang yang punya warna metalik. Jenis kumbang warna metalik saya hanya tau jenis Sambeiler yang dulu pernah saya tangkap dan sempat ada yang ingin membeli karena sayap sambeiler diyakini bisa digunakan salah satu bahan susuk kecantikan haha. Memang Skin Care Kearifan Lokal Indonesia bikin geleng-geleng kepala.

Rumah Serangga ini bagi saya malah seperti museum karena koleksi serangganya pun cukup banyak. Pengumpulan jenis-jenis serangga ini telah dilakukan bertahun-tahun oleh owner George Oktavianus. Sayangnya beberapa kali kunjungan ke Rumah Serangga tidak bisa bertemu beliau hhaha.

Jenis Kumbang

Jenis Serangga Belalang bentuk seperti Ranting

Dari beberapa artikel yang saya baca, beliau tidak hanya mencari dan menangkap serangga untuk dijual dan dikoleksi, namun sekarang juga mencoba membiakan serangga tersebut. Bisa kita lihat di ruang belakang terdapat aquarium tempat memelihara jenis kumbang badak yang dipelihara, ada beberapa jenis kumbang badak yang masih hidup dan beberapa terlihat sudah mati. Di bagian belakang sebelah luar juga ada beberapa kendang tempat memelihara belalang besar yang badannya mirip ranting pohon.

Bagian Belakang dari Bangunan Rumah Serangga adalah sebuah kafe rumah serangga. Disana kita bisa memesan makanan dan minuman untuk melepas dahaga dan mengenyangkan perut setelah berkeliling melihat Rumah Serangga. Karena letaknya berada di jalan utama Banyuwangi-Jember, Kafe Rumah Serangga ini juga dijadikan orang-orang yang dalam perjalanan sebagai tempat rest area di sekitar Kalibaru.

kafe rumah serangga kalibaru

Rumah Serangga Kalibaru ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata apalagi bagi kalian yang ingin mendapatkan pengetahuan soal serangga. Hanya saja seandainya ada orang yang bisa membantu menjelaskan tentang serangga-serangga disana itu akan lebih baik lagi. Karena beberapa kali datang hanya lihat-lihat berkeliling saja.

Tertarik main ke Rumah Serangga di Kalibaru, Banyuwangi kan?

1 komentar:

  1. Ke sini harunya bawa kamera makro, mas. Sekalian motret hewan-hewan serangga hahahahha

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search