Sabtu, 29 Januari 2022

Makan Siang Di Warung Dalam Negeri, Banyuwangi - Makan Jadi Serasa Di Rumah


Makan di tempat yang nyaman seperti di rumah  ini saya rasakan saat makan di Warung Dalam Negeri, salah satu warung kafé atau kedai kafe baru di Banyuwangi yang dibuka bulan Desember 2021 lalu. Lokasinya di dalam pemukiman membuat tempat ini mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu. Namun begitu rasa masakan yang selama ini saya coba disana tidak ada yang mengecewakan dan sesuai dengan selera saya.

Rute ke Warung Dalam Negeri

Warung Dalam Negeri di daerah Pengantigan tepatnya di jalan masuk komplek Perumahan Griya Permata Husada. Untuk menuju kesana cukup mudah, arahkan kendaraan kea rah perempatan lateng lalu ambil arah ke barat masuk ke jalan Mohammad Husni Thamrin, ikuti jalan tersebut hingga melewati pemakaman umum Pengantigan. Setelah pemakaman tersebut di kanan jalan ada Raja Gypsum atau Musholla Al-Ikhlas yang disebrangnya ada Jalan masuk kecil menyebrangi sungai. Masuki jalan tersebut setelah jembatan adalah Warung Dalam Negeri.

ruang dapur bersih Warung Dalam Negeri

Dilihat dari depan, bangunannya terlihat megah dengan dominan tembok bermotif kayu dan hijau dedaunan pohon-pohon yang ada. Pintu masuk Warung Dalam Negerinya membawa kita langsung masuk ke bagian dapur bersihnya. Lagi-lagi saya kagum dengan arsitektur dan tata ruang dapur yang terlihat sederhana dan minimalis. Berjejer jendela-jendela yang cukup banyak membuar ruangan dapur ini tetap adem dan sejuk tanpa menyalakan kipas angin.

ruang utama warung dalam negeri

Selain bisa makan di ruangan dapur, kita juga bisa makan di ruangan yang ada di bangunan utama dengan suasananya yang menyenangkan. Ruang utamanya dominan dinding kayu dan dinding bata terlihat cukup alami. Bangunan utama ini punya dua lantai. Lantai kedua ini bagi teman-teman yang ingin makan lesehan dan diruang lantai dua bisa menampung banyak dan ruangannya pun dipasang AC. Kalau dilihat-lihat sepertinya cocok untuk kita yang butuh tempat makan yang bisa menjadi tempat meeting atau kumpul komunitas. Di lantai 1 terdapat 2 (dua) set sofa model Scandinavian yang suasananya cocok sekali untuk ngobrol-ngobrol seperti di ruang tamu.

Menu Makanan dan Minuman Warung Dalam Negeri

menu di warung dalam negeri

Menu makanan di Warung Dalam Negeri menawarkan masakan rumahan khas banyuwangi seperti Nasi Sayur Daun Kelor, Sayur Sop, Sayur Klentang (buah pohon kelor), Nasi Gila, Nasi Ayam Laos, Nasi Babat dan masih banyak lagi. Jika kalian hanya ingin makan yang tidak terlalu kenyang bisa memesan snack seperti singkong goreng, pempek, kucur (cucur), tahu petis, Pisang Coklat Keju dan lain-lainnya. Harga makanannya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 4.000 sampai Rp 27.000 saja. Minumannya pun pilihannya cukup banyak mulai dari Teh, Jeruk, Wedang Uwuh, Temulawak, Jus buah, Kopi, serta minuman special Warung Dalam Negeri yaitu Strawberry Korean Milk, Mango Yakult With Ice Cream dan beberapa lainnya. Harga minumannya mulai dari Rp 4.000 sampai Rp 12.000. Murah kan :)

nasi ayam laos favorit saya

Makanannya enak-enak, hampir setiap kali memesan menu baru yang ingin dicoba di Warung Dalam Negeri selalu puas. Kalau disuruh memilih makanan favorit adalah Nasi Ayam Laos rasanya mantap banget, parutan laosnya pun diberi cukup banyak dan sambal yang disajikan merupakan sambal tempong khas Banyuwangi yang punya rasa unik dan pedas. Biasanya saya menambah bakwan jagung sebagai lauk tambahan.

halaman depan warung dalam negeri

Setelah menyantap makanan kita bisa berfoto-foto atau sekedar menikmati halamannya. Beberapa dari teman terlihat menikmati suasana rumah dari Warung Dalam Negeri mungkin dalam pikirannya terbesit punya rumah se-estetik ini.

Dengan harga yang terbilang cukup ramah di kantong, Warung Dalam Negeri ini menawarkan masakan rumahan yang enak dengan suasana tempat makan yang membawa kita makan serasa di rumah. Warung Dalam Negeri buka setiap hari mulai jam 10.00 hingga jam 21.00.  Tertarik mencoba makan di Warung Dalam Negeri, Banyuwangi ?

warung dalam negeri tampak dari depan


2 komentar:

  1. thank's........ sdh mampir di warung kami

    BalasHapus
  2. tempatnya asik plus adem, kalau baca ancer-ancernya kayaknya susah ya.
    tapi banyuwangi ga susah susah banget buat nemuin tempat makan, yakan

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search