Kamis, 23 Desember 2021

Taman Piknik Museum Satria Mandala - Tempat Piknik Tengah Kota Jakarta

Piknik di Taman Jakarta

Tinggal di Jakarta, rasanya kalau tiap weekend tuh bawaannya ingin piknik melepas penat dari kerjaan. Mau piknik ke luar kota seperti Bogor sudah malas duluan karena harus macet-macetan dahulu menuju tempat wisata.  Kali ini saya piknik saja di tengah kota Jakarta tepatnya di Taman Museum Satria Mandala dimana kita bisa duduk gelar tikar di hamalan depan Museumnya.

Rute menuju Taman Piknik Museum Satria Mandala

Nama tempatnya adalah Taman Piknik Museum Satria Mandala yang letaknya berada di halaman depan museum Satria Mandala. Lokasinya berada di jalan utama Jakarta tepatnya di Jalan Gatot Subroto sehingga mudah sekali dicapai oleh kendaraan umum seperti Transjakarta maupun Bis kota lainnya. Jika memilih ke Taman Piknik Satria Mandala naik Trans Jakarta kalian bisa naik Transjakarta jalur 9, Jalur 6M, 6B, 13C, M7, M9 dan turun di Gatot Subroto Jamsostek ataupun Lipi lalu jalan kaki sedikit untuk sampai ke Taman Piknik Satria Mandala. Tidak ada biaya tiket masuk untuk main ke taman ini hanya saja jika kalian membawa kendaraan pribadi kalian harus membayar biaya parkir saja.

Suasana Piknik di Taman Museum Satria Mandala

Kami memilih kesana hari kerja karena banyak review menjelaskan kalau weekend kadang waiting list untuk duduk ditikar. Kami berangkat siang menjelang sore, kebetulan cuaca cerah. Pengunjung saat itu sedang sepi sehingga kami bisa memilih duduk di tikar mana. Tikar yang disediakan disewakan seharga Rp. 25.000 sudah beserta aksesorisnya seperti bean bag atau kursi pasir, meja kayu palet juga keranjang rotan. Di Taman Piknik Museum Satria Mandala juga disediakan bangku dan kursi untuk kalian yang tidak ingin mengeluarkan uang tambahan biaya sewa tikar.

Menu di Kafe Taman Piknik Museum Satria Mandala

Menu makanan dan minuman di Taman Piknik Museum Satria Mandala ini seperti umumnya kafe-kafe lainnya. Berbagai jenis kopi seperti Kopi Susu Gula Aren, Latte, Capucinno, Espresso, Americano dan lain-lainnya juga ada minuman non coffee bagi kalian yang tidak suka kopi seperti aneka teh, matcha, coklat. Range harga menu minumannya dari 25.000-53.000 Untuk makanannya cukup banyak pilihan dari snack yang disediakan seperti Roti Bakar, Dinsum, Olahan Tahu, Nachos dengan range harga 15.000-55.000. Untuk makanan utamanya ada Nasi Padang, Sate Taichan, Bakso Bakwan Malang, Spageti, Carbonara Pasta dengan range harga 35.000-55.000.

halaman depan Museum Satria Mandala

Setelah memesan dan membayar kami duduk di tikar dibawah pohon supaya adem dan terhindar dari sengatan matahari yang masih panas siang menjelang sore tersebut. Tempatnya asik, karena lapang banyak orang tua yang ternyata mengajak anaknya kesini untuk chill sekalian mengajak mereka bermain bebas di taman museum satria mandala. Selain bermain anak-anak juga bisa melihat-lihat beberapa replika pesawat dan senjata-senjata perang yang dimiliki Indonesia seperti Meriam anti tank dan anti pesawat udara dibagian belakang taman juga ada pesawat jet tempur helicopter dan senjata peluncur roket yang ada di dalam taman.

Konsep kafe dan tempat piknik seperti ini sepertinya perlu diperbanyak karena mungkin hampir sebagian besar rumah di Jakarta tidak punya halaman atau halamannya sempit bahkan di suatu pemukiman belum tentu ada ruang terbuka untuk tempat berkumpul bermain. Salah satu kafe yang menjediakan lapangan bermain seperti Taman Piknik Museum Satria Mandala ini adalah Kebun Ide yang ada di Bintaro.

menu di Kafe Taman Piknik

Sambil menunggu sore dan makanan yang kami pesan habis, kami berkeliling taman tersebut untuk foto-foto. Karena tidak ramai banyak tikar yang kosong dan bisa dipakai sebagai tempat foto. Saya pribadi menyukai lokasi dekat alang-alang merah yang sedang berbunga. Rasanya jika duduk di tikar sana seperti tidak piknik di Jakarta.

Piknik di taman berdua pun seru

Tak terasa warna langit berganti jadi gelap dan kami memutuskan pulang. Kami rasa Taman Piknik Museum Satria Mandala ini bagus dikunjungi apalagi untuk kalian yang ingin piknik sekitar Jakarta dan untuk kalian yang ingin foto ala-ala piknik.

Semoga tulisan ini menambah ketertarikan kalian mengunjungi Taman Piknik Museum Satria Mandala ya :)

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search