Selasa, 23 November 2021

Pengalaman Naik Bus Sleeper Pandawa 87 Jurusan Jakarta-Banyuwangi

Dengan Bus Sleeper, Jarak sejauh apapun tinggal Rebahan Nonton Netflix.

Beberapa bulan yang lalu Pandawa 87 mengeluarkan Bus Sleeper Jurusan Jakarta Banyuwangi. Alhamdulillah karena ada keperluan ke Jakarta jadi punya kesempatan untuk mencoba Bus Sleeper yang menjadi perbincangan ini.

Bus Sleeper Pandawa 87 dari Banyuwangi berangkat jam 07.00 pagi dari Terminal Brawijaya kota Banyuwangi (Terminal Karangente). Harga tiket Bus Sleeper Pandawa 87 seharga Rp. 500.000. Harga ini termasuk murah hanya beda sekitar 100an dari Bus Eksekutif Jurusan Jakarta-Banyuwangi.

Jam 7 kurang saya sudah datang untuk berangkat ke Jakarta dari Banyuwangi menggunakan Bus Sleeper Pandawa ini. Kebetulan saat booking tiket kursi hanya tersisa di bagian atas saja. Bagian atas kurang jadi favorit karena mungkin perlu tenaga untuk naik dan turun kursi. Belum lagi saat bus berjalan melewati jalur pegunungan atau jalan yang bergelombang, goncangannya agak terasa dibanding kursi di bawah.

Bus Sleeper Desain lama

Bus Sleeper Desain Baru

Bus Sleeper Pandawa Jakarta Banyuwangi ada dua jenis Bus. Sama-sama Bus Sleeper namun beda pendesain Interiornya. Bus Sleeper tahun sebelumnya punya warna kursi dominan Biru berbeda dengan Bus Sleeper yang didesain tahun ini. Sepintas interior Bus Sleeper Pandawa yang baru ini mengingatkan saya pada hotel capsule di Surabaya. Dalam satu kursi ternyata banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh PO Pandawa demi kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Fasilitas Bus Sleeper Pandawa

Karena baru pertama kali, saya terkejut sama fasilitas yang ada di Bus Sleeper Pandawa ini. Dalam satu kursi terdapat satu buah TV Android yang sudah dilengkapi oleh music, video, game bahkan ada aplikasi Netflix yang bisa kita gunakan tentunya menggunakan akun dan kuota kita untuk menonton. Siapa tau kedepannya Pandawa 87 mau memfasilitasi ini hehe.

satu box kursi di bus Sleeper Pandawa 87

Selain itu tersedia 4 slot colokan charger usb, 2 slot dekat jendela dan 2 slot pada bagian lampu di atas dan bisa dibilang termasuk fast charging. Di kursinya pun terdapat lampu baca dibagian samping dan atas yang bisa digunakan untuk membaca buku saat kondisi cahaya kurang baik. 

Untuk membuat kita nyaman disamping kursi juga ada air purify untuk menjaga udara tetap segar. Ada hal bikin saya kaget adalah kursinya merupakan kursi getar yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk mengurangi rasa pegal selama rebahan atau duduk.

Untuk ukuran ruang satu box kursi di Bus Sleeper Pandawa ini terbilang cukup lega. Saya yang punya tinggi 170cm rasanya pas duduk disana, kursi masih bisa dimundur kan sehingga jika memiliki kaki yang agak panjang masih bisa lurus dan tidak menekuk.

Dalam sekali perjalanan penumpang mendapatkan Air Mineral, Snack yang berisi biscuit enak seperti Better, Tango dan biskut lainnya serta 1 cup Pop Mie mini lumayan jika mendadak lapar saat dijalan. Di dalam Bis Sleeper Pandawa juga terdapat free kopi, teh dan air panas karena terdapat dispenser. Selain itu akan dapat makan sekali ditempat pemberhentian.

Fasilitas Free Kopi, Teh dan Air Panas Sepanjang Perjalanan

Kamar mandi juga tersedia pada bagian belakang bis untuk kalian yang ingin buang air kecil saat bis berjalan. Namun seperti yang kita ketahui, ukuran kamar mandi cukup kecil mungkin bagi perempuan akan kurang nyaman saat menggunakannya.

Cerita Singkat Perjalanan Banyuwangi-Jakarta dengan Bus Pandawa

Penampakan Bus Sleeper Pandawa Jakarta-Banyuwangi

Perjalanan Banyuwangi-Probolinggo memakan waktu cukup panjang terutama di Jember ada perbaikan-perbaikan jalan sehingga lalu lintas berjalan perlahan. Bus Sleeper Pandawa mulai masuk tol dari Probolinggo dan keluar Pasuruan sebentar ke kantor PO Pandawa untuk pendataan dan istirahat sejenak merengangkan badan. Selanjutnya Bus Sleeper akan masuk tol kembali hingga pengistirahatan kedua untuk makan sore atau malam di daerah Caruban tepatnya di Rumah Makan Titin. Untuk penumpang Bus Sleeper Pandawa sudah disediakan prasmanan dengan sayur dan lauk seperti ayam goreng, ayam bakar, mangut lele dan lainnnya. Masakan di RM Titin Caruban ini enak, nyesel juga mengambilnya terlalu sedikit hahaha.

Jika dari Banyuwangi-Jakarta makan sore/malam di RM Titin

Perjalanan berlanjut dengan masuk tol trans jawa kembali. Perjalanan di dalam tol cukup lancar. Guncangan di kursi tak terasa sama sekali tidak seperti saat melewati jalan pegunungan dan jalan rusak di daerah Jember. Tak terasa sudah memasuki Tol Kota Semarang lalu saat melintas di Daerah Batang merupakan tempat Istirahat ketiga. Di tempat istirahat ketiga ini, bus Sleeper dicek kondisinya oleh perwakilan Pandawa yang sudah standby disana. Setelah istirahat yang ketiga kalinya, bis kembali masuk Tol Trans Jawa dan langsung berjalan hingga ke Bekasi dan Jakarta menurunkan penumpang ke beberapa titik yang telah dipilih oleh Penumpang.

Sepanjang perjalanan naik Bus Sleeper Pandawa ini sangat nyaman apalagi penumpang dimanjakan sama fasilitas yang cukup banyak agar perjalanannya enak dan nyaman. Pendingin Ruangan Bus Pandawa cukup dingin walau ditutup, sudah ada selimut dan menggunakan jaket masih terasa dingin. Mungkin bagi yang tidak terbiasa dingin harus menyiapkan jaket dan pakaian tebalnya.

Bus Slepeer Pandawa di Terminal Banyuwangi

Untuk kalian yang ingin ke Banyuwangi naik Bus Sleeper ini kalian bisa mencoba Bus Sleeper Pandawa yang berangkat mulai jam 11.00 WIB dari Pasar Kemis dan mampir ke beberapa terminal seperti Kalideres, Pondok Pinang, Lebak Bulus, Kampung Rambutan, dan Pulo Gebang. Jika perjalanan lancar akan makan sore/malam di RM daerah Batang lalu lanjut beristirahat di RM Titin lalu bergerak menuju Banyuwangi dan akan sampai sekitar jam 07.00 pagi.

Tertarik naik Bus Sleeper ini saat ke Jakarta atau Ke Banyuwangi?

6 komentar:

  1. wah agak kurang nyaman di toiletnya aja ya, trus berhentinya cuma sekali pas makan itu ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhentinya tigakali, dua kali cek kendaraan di kantor/rest area yang ada kantor perwakilan pandawa, sama 1 kali untuk makan sore/malam.

      Hapus
  2. Mantab ini wkwk jadi penasaran, semoga segera ada jadwal Jogja - Dps

    BalasHapus
  3. Emang warung Bu Titin ini andalan buat travel dan bus antar kota, masakannya enak dan sedep juga...dan cabangnya pun ada dimana mana

    BalasHapus
  4. selalu suka baca pengalaman orang yang naik sleeper bus, sebab saya juga punya rencana naik sleeper bus jogja-bali januari nanti, semoga rencana tak berantakan gegara ppkm :)

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search