Senin, 01 November 2021

Melawan Panas Surabaya Dengan Minuman Legendaris Es Coklat Tambah Umur 1950 - Simokerto, Kota Surabaya


Surabaya memang panas, sampai Surabaya dinobatkan menjadi 5 besar kota terpanas di Indonesia. Kalau Surabaya sedang panas-panasnya enaknya memang mencari minuman-minuman dingin. Salah satunya warung es Legendarisnya Surabaya yaitu Es Coklat Panjang Umur.

Es Coklat Panjang Umur adalah Es coklat yang disantap bersama roti tawar. Jika pembaca orang yang lahir sebelum tahun 1990an saya rasa kalian pernah merasakannya. Saya juga sepat merasakannya saat sekolah dasar dan saat berkunjung di Solo mencoba Es Kapal Tempo Dulu.

Sesuai namanya Es Coklat Panjang Umur 1950 ini sudah berjualan sejak tahun 1950 dan dirintis pertama kali oleh kakek-nenek dari ibu Wiwin yang menjadi penerus Generasi kedua dari Es Coklat Panjang Umur hingga saat ini.

Rute Menuju Warung Es Coklat Panjang Umur

Es Coklat Panjang Umur ini letaknya berada di Jl. Simokerto No.49, Simokerto, Kec. Simokerto, Kota Surabaya, Jawa Timur. Awal saya kesana menggunakan Jasa Ojek Online dan berikutnya bersama teman yang membantu megarahkan kendaraan menuju kesana. Biasanya dari Stasiun Gubeng saya ambil jalan melewati THR Mall lalu lurus terus ke utara melewati Pasar Gembong Tebasan hingga sampai ke Perempatan Pasar Kapasan lalu ambil lurus ke utara setelah itu Warung Es Coklat Panjang Umur berada di kiri jalan.


Warungnya sederhana, beratap terpal dan berspanduk polos tulisan Es Coklat Panjang umur. Namun siang itu kondisi warung sedang ramai-ramainya. Memang ini efek panasnya surabaya sehingga minum minuman dingin terasa enak haha. Ambil kursi tiga buah, tentunya dua kursi untuk duduk dan satu lagi untuk difungsikan sebagai meja. Belum lama memesan minuman esnya, Es Coklat Panjang Umurnya sudah dihidangkan.


Berbeda dengan Es Kapal TempoDulu di Solo, Es Coklat Panjang Umur ini coklatnya kental dan menggunakan bongkahan es batu yang dihancurkan. Menyegarkan, rasanya minuman seperti ada perpaduan rasa manis dan pahit. Roti yang disajikan dimakan dengan menyelupkannya ke dalam gelas minuman. Rotinya enak dan padat sehingga jika kita santap bersama es coklat rasanya mengenyangkan dan tak perlu makan siang setelah ini.


Tidak rugi panas-panasan keluar dari Penginapan di Surabaya untuk melepaskan dahaga dengan meminum Es Coklat Panjang Umur ini. Warung tersebut buka mulai jam 08.30 hingga jam 16.00 namun biasanya sebelum jam 4 sore es coklatnya sudah habis. Warung ini tidak buka cabang dan hanya buka di Jalan Simokerto ini saja. Ibu Wiwin bersama saudaranya berjualan bergantian setiap minggunya. Tanda Es Coklat yang di Jual Bu Wiwin Spanduknya polos warna kuning sedangkan Es Coklat yang dijual saudara Bu Wiwin memasang Spanduk bergambar Tom and Jerry.

Ibu Wiwin salah satu pemilik warung Es Coklat Panjang Umur

Harapan saya seperti hal namanya, Es Coklat Panjang Umur ini bisa terus berjualan seiring bertambahnya umur sehingga saat ke Surabaya lagi bisa mencicipi minuman es ini kembali. 

4 komentar:

  1. Mantab nih, siap dicoba kalo ke surabaya

    BalasHapus
  2. Sering ke Surabaya tapi nggak Nemu minuman ini. Wkkwkw.. pernah jadi warga Surabaya 6 tahun pun belum nyobain es cokelat kece ini mas.

    BalasHapus
  3. Aku selalu tertarik dengan kuliner seperti ini, tak lekang waktu dan tetap banyak yang suka

    BalasHapus
  4. AKU BELUM PERNAH COBAIN, hahaha, uda 10 tahun di Surabaya tapi belum pernah sama sekali cobain es coklat ini. Next lah, aku mampir ke es coklat nya, kelihatannya enak

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search