Minggu, 31 Oktober 2021

Panduan Mendaki Kawah Ijen - Banyuwangi

Kawah Ijen, siapa yang tidak kenal destinasi wisata di Banyuwangi ini. Kawah Ijen memiliki Fenomena Alam Api Biru (Blue Fire) satu-satunya di Dunia membuat wisatawan mancanegara dan nusantara berdatangan ingin menyaksikan fenomena alam Api Biru tersebut.

Kawasan Kawah Ijen ini letaknya berada di dua kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso namun secara pengelolaan kawah Ijen dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim). Untuk menuju ke Kawah Ijen biasanya wisatawan berangkat dari Kota Banyuwangi malam atau dini hari dengan lama tempuh perjalanan sekitar 45-60 menit saja. Kadang ada open trip ke Kawah Ijen dari Surabaya lewat kota Bondowoso untuk memotong jalan lebih cepat.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaki kawah Ijen

Walau Kawah Ijen hanya memiliki ketinggian mdpl yang bisa kita daki dari pos pendakian sejauh 3km saja, namun ada beberapa hal yang perlu kita siapkan sebelum mendaki  Kawah Ijen.

1. Booking Tiket Online

BBKSDA Jatim telah menerapkan Booking Tiket  Online pada seluruh Taman Wisata Alam yang dikelolanya termasuk TWA Kawah Ijen. Booking Online untuk mendata dan membatasi jumlah pengunjung sebanyak 150 orang perhari sehingga di dalam kawasan konservasi tidak menjadi wisata masal.  Untuk Booking Tiket Online Kawah Ijen bisa ke website BBKSDA Jatim atau (Klik Disini)

2. Peralatan Mendaki

Harus Pakaian tahan dingin Jaket Gunung dengan bahan polar di bagian dalam agar bisa menghangatkan badan dan bagian luar yang bisa menahan dingin dan air jika mendadak hujan, sarung tangan, syal, kupluk dan kaos kaki dan sepatu. Pilih celana jangan jeans karena akan menyerap dingin dan menyebabkan celana lembab. Tidak lupa juga senter terutama head lamp untuk memudahkan kita saat berjalan.

3. Olahraga.

Minimal seminggu sebelum pendakian gunung atau pendakian kawah ijen kita biasakan diri berjalan kaki atau lari pagi agar otot tidak kaget.

4. Isi Perut sebelum pendakian

Perut wajib diisi agar kitar terhindar dari masuk angin karena sepanjang jalur pendakian akan berkeringat dan anginanya juga sepoi-sepoi , memudahkan kita terkena masuk angin.

Cara Booking Online Kawah Ijen

Untuk mendaki Kawah Ijen saat ini kalian harus mendaftar Booking Online karena jumlah pengunjung di batasi 150 orang perhari.  Cara online Bookingnya cukup mudah kok, kalian bisa ikuti langkah Booking Online Kawah Ijen berikut ini:

1. Buka Website Tiket BKSDA Jatim pilih kawasan Kawah Ijen

2. Pilih tanggal Kunjungan untuk cek jumlah kuota tersisa

3. Isi Jumlah Pengunjung beserta data yang diminta secara benar

4. Setelah selesai kalian bisa memilih membayar di lokasi (dengan uang pas) atau bisa dengan transfer. Saya memilih bayar di lokasi karena malas cari ATM malam hari untuk trannsfer haha

5. Jangan lupa screen shot bukit Booking dan catat kode bookingnya

6. Pada hari pendakian kalian tinggal tunjukan Screen Shot / Foto Layar/Kode Booking kepada petugas loket dan membayar sejumlah uang yang sudah tertera di kode booking tersebut.

cara pengisian booking tiket kawah ijen

TWA Kawah Ijen saat ini mulai dibuka pendakiannya mukai jam 3 pagi dan juga masih boleh diperbolehkan turun ke kawah dimana disana kita bisa melihat Api Biru dari dekat. Namun jangan khawatir dari atas bibir kawah juga masih bisa terlihat Blue Fire Kawah Ijen yang terkenal itu walau tidak seindah jika kita melihat dari dekat.

lautan awan tang terlihat di puncak kawah ijen

Sebagai pengganti Blue Fire Kawah Ijen kalian malah dapat berkesempatan melihat Sunrise dan Golden Hour di Puncak Kawah Ijen. Perlahan-lahan kawah disinari warna emas yang terpancar dari matahari yang baru terbit. Jika beruntung juga bisa melihat beberapa gunung seperti Gunung Ranti, Raung dan Suket serta lautan awan yang kadang terlihat jika kita melihat ke arah gunung ranti.

Waktu Terbaik ke Kawah Ijen

Waktu terbaik saat ke Kawah Ijen adalah saat peralihan musim penghujan ke musim kemarau yaitu sekitar bulan Maret-April namun bukan berarti musim kemarau tidak bagus, hanya saja suhu  saat musim kemarau lebih tinggi dan pada puncak kemarau kita bisa melihat rerumputan di pos pendakian Paltuding membeku saat pagi.

Untuk mengamati Sunrise paling baik pada bulan September dimana matahari berada pada posisi yang tepat tidak terhalang Gunung Merapi Ungup-Ungup sehingga kita bisa menyaksikan Golden Hournya Kawah Ijen.

Kendaraan ke Kawah Ijen

Ada beberapa cara untuk ke Kawah Ijen salah satunya adalah menyewa kendaraan motor ( ada persewaan Motor di depan stasiun Karangasem/Banyuwangi Kota) juga Mobil. Untuk sewa mobil di Banyuwangi saat ini rata-rata menyewakan kendaraan dengan supirnya belum bisa lepas kunci.

Tersedia cukup banyak jasa Open Trip ke Kawah Ijen dari jasa Tour Travel Lokal Banyuwangi yang bisa kalian ikuti. Keuntungannya kalian bisa mendapatkan kenalan atau teman baru lagi. Kalau kalian ingin lebih privat bisa mengajukan Privat Trip juga.

Dari Pos Pendakian Pal Tuding ke Puncak Kawah Ijen.

Dari Pos Paltuding kalian akan berjalan kira-kira 3 km (kata papan petunjuk jalan) dengan jalur pendakian yang sudah padat dan enak. Karena jalannya nanjak terus sampai ketemu pos belerang, jadi tak perlu buru-buru dan memaksakan kehendak agar tidak kehabisan tenaga saat berada di puncak kawah ijen.  Jika merasa tidak kuat, kalian bisa memakai Jasa Taxi Kawah Ijen dengan kendaraan gerobak dorong modifikasi dengan tarif PP naik turun sekitar 800.000. Jika naik dipertengahan jalan tarifnya akan berkurang. Untuk tarif dari puncak kawah ijen ke paltuding biasanya ditawarkan harga 150.000-200.000

Tertarik main ke TWA Kawah Ijen?

 


2 komentar:

  1. Kapan-kapan kudu gas ke sini hahahahahah

    BalasHapus
  2. Sudah lama pingin banget naik ke kawah ijen, tapi apalah dayaku yang anak pantai. Akhirnya aku cuman sampai di pelataran bawah ijen aja, itupun keperluan kerja hahaha.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search